Cara Menjaga Kesehatan Lambung yang Perlu Diketahui

Cara Menjaga Kesehatan Lambung

Sangat penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan lambung agar tidak terkena penyakit berbahaya. Terlebih lambung merupakan organ tubuh yang sangat penting untuk dijaga, terutama pada sistem pencernaan. Adapun fungsi lambung yaitu untuk menyimpan dan mengolah makanan yang masuk ke tubuh.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang tidak memperdulikan kesehatan lambung, sehingga melakukan beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan penyakit lambung. Adapun beberapa cara untuk menjaga kesehatan lambung yang penting dilakukan diantaranya sebagai berikut:

1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Cara menjaga kesehatan lambung yang pertama yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Sehingga sangat penting untuk mengatur asupan makanan, serta perlu dihindari makanan yang dapat merusak lambung. Adapun makanan yang harus dihindari yaitu makanan sangat asam, sangat pedas, serta mempunyai kandungan lemak jahat yang banyak.

Sebaiknya konsumsi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh, seperti serat tidak larut dan serat larut. Karena kedua serat tersebut sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Dengan begitu, lambung akan terjaga kesehatannya.

2. Jangan Merokok dan Meminum Alkohol

Merokok dan mengkonsumsi alkohol tentu memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh salah satunya bisa merusak lambung. Karena minum alkohol terlalu banyak bisa menyebabkan terkena penyakit iritasi lambung serta membuat lambung tidak berfungsi semestinya. Sehingga, menghindari rokok dan tidak meminum alkohol menjadi salah satu cara menjaga kesehatan lambung dan mulailah untuk hidup sehat.

3. Jangan Konsumsi Kafein Terlalu Banyak

Selain menghindari minum alkohol, cara menjaga kesehatan lambung juga bisa dilakukan dengan tidak mengkonsumsi kafein terlalu banyak. Sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi, karena kopi memiliki kandungan kafein yang tidak baik untuk penderita maag maupun asam lambung.

4. Rajin Berolahraga

Olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh dan dapat terhindar dari beberapa penyakit. Namun, bagi penderita penyakit lambung disarankan untuk memilih jenis olahraga yang tidak berbahaya bagi kesehatannya.

Sebagian besar penderita sakit lambung sulit berolahraga lantaran takut meningkatkan asam lambung. Namun, masih ada beberapa olahraga yang tetap bisa dilakukan seperti yoga, berenang, dan bersepeda. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kapasitas tubuh agar tidak terlalu letih.

5. Makan Tepat Waktu

Makan tepat waktu juga bisa menjaga kesehatan lambung karena hal tersebut bisa membantu sistem pencernaan agar bekerja dengan baik. Jangan pernah meninggalkan sarapan, makan siang serta makan malam. Pilihlah waktu yang tepat untuk ngemil supaya asupan terjaga. Hindari kebiasaan makan atau ngemil di jam yang terlalu malam.

6. Mengkonsumsi Air Putih

Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup agar tubuh tidak dehidrasi. Minum air putih juga dapat menjaga kesehatan lambung serta sistem pencernaan. Pada dasarnya setiap orang memiliki perbedaan asupan air putih, hal tersebut tergantung dalam kegiatan yang dilakukan dalam sehari.

Minimal konsumsi air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari, atau lebih. Apabila seseorang kekurangan asupan air putih, maka bisa menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih atau sembelit.

7. Mengkonsumsi Probiotik

Probiotik merupakan makanan atau minuman yang didapatkan dari proses fermentasi. Mengkonsumsi makanan atau minuman probiotik bisa meningkatkan bakteri baik pada pencernaan. Sistem pencernaan bisa melakukan fungsinya dengan baik.  Konsumsi probiotik bukan hanya bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan lambung saja. Melainkan dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga tubuh dapat melawan penyakit.

Demikian penjelasan mengenai cara menjaga kesehatan lambung. Tetap lakukan pola hidup sehat agar tubuh menjadi sehat dan kuat. Sekian dan semoga bermanfaat.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Peluang Usaha 2022 Klik Disini COD Free Ongkir Klik Disini