Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Perlu dilakukan Sejak Dini

Mata merupakan salah satu organ penting pada manusia yang perlu dijaga. Oleh karenanya, sangat perlu diketahui cara menjaga kesehatan mata yang bisa dilakukan sejak dini agar tidak terjadi penyakit. Sebab dengan menjaga mata, maka akan terhindar dari resiko terkena penyakit mata bahkan yang menyebabkan kebutaan.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, di bawah  ini merupakan beberapa cara yang  bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata yang bisa dilakukan. Berikut informasinya:

1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Inilah 5 Makanan Kaya Vitamin C untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Cara untuk menjaga kesehatan mata yang pertama yaitu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Tubuh memerlukan asupan yang baik dan harus dipenuhi. Adapun ciri makanan sehat yaitu makanan yang mengandung nutrisi tinggi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, selenium, zinc Lutein, serta asam lemak.

Kandungan-kandungan inilah yang dapat mengurangi risiko terkena masalah mata karena pertumbuhan usia seperti degenerasi makula dan katarak. Adapun makanan yang bisa dikonsumsi yaitu tuna, salmon, kacang-kacangan, telur, sayuran berdaun hijau, serta jeruk.

2. Jangan Merokok

Jangan Merokok

Merokok bisa menimbulkan berbagai macam penyakit salah satunya adalah meningkatkan resiko terkena penyakit mata. Penyakit seperti degenerasi makula, katarak, kerusakan saraf optik, merusak retina, hingga menyebabkan kebutaan sangat mungkin terjadi. Bukan hanya itu, penyakit lainnya yang diakibatkan dari merokok yaitu melemahkan arteri, menimbun plak pada pembuluh darah serta meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

3. Menggunakan Kacamata Hitam

Kacamata Hitam

Meskipun terdengar sepele, namun menggunakan kacamata hitam merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mata. Menggunakan kacamata hitam dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet secara langsung. Ultraviolet sendiri bisa menyebabkan penyakit mata seperti degenerasi makula, katarak, kornea terbakar, bahkan terkena penyakit kanker mata.

4. Hindari Berlama-lama Menatap Layar

Hindari Berlama-lama Menatap Layar

Berada di depan layar seperti layar HP, komputer, dan TV  seharian. Kebiasaan ini merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit mata. Hal tersebut bisa membuat mata menjadi lelah, kering serta tegang. Tak hanya itu, mata juga sulit fokus untuk menetap kejauhan atau pandangan kabur.

Ada baiknya bila menggunakan layar hp atau komputer dalam sehari, maka setiap 20 menit sekali hilangkan pandangan mata dari layar. Lakukan selama 20 detik dengan jarak sekitar sejauh 6 m. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi ketegangan mata. Bisa juga untuk mengistirahatkan mata setiap 2 jam sekali dalam selama 15 menit. Apabila mata terasa kering, cobalah untuk sering mengedipkan mata.

5. Rajin Olahraga

olah raga untuk meningkatakan kesehatan tubuh

Rajin berolahraga merupakan bentuk pola hidup sehat dan menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mata. Beberapa penelitian mengatakan bahwa berolahraga bisa mengurangi resiko terjadinya kebutaan. Berolahraga juga  bisa membuat tubuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Penyakit diabetes tekanan darah tinggi, serta kadar kolesterol yang terlalu tinggi yang menjadi penyebab penyakit mata bisa dicegah dengan olahraga teratur.

6. Rutin Memeriksakan Mata

Rutin Memeriksakan Mata

Selain melakukan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit mata, setiap orang juga perlu memeriksakan matanya ke dokter secara rutin. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, setidaknya harus rutin memeriksa mata setiap 2 tahun sekali. Hal tersebut guna mengetahui atau mendeteksi masalah yang terjadi pada mata, sebelum terjadi penyakit yang lebih besar.

Bagi orang yang sudah berusia 40 tahun lebih ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan mata ke dokter setiap tahun. Karena orang yang sudah berusia lanjut lebih sering terkena penyakit mata misalnya melemahnya penglihatan mata, katarak glukoma, dan degenerasi makula.

Demikian cara menjaga kesehatan mata yang penting diterapkan oleh setiap orang. Guna mencegah terjadinya penyakit mata yang mengkhawatirkan. Sekian dan semoga bermanfaat.

 

(Visited 7 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply