Berikut Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Tidak banyak diketahui oleh orang bahwa pada dasarnya penyakit kelamin muncul karena kurangnya diri memperhatikan alat vital. Padahal cara menjaga kesehatan organ reproduksi sudah diajarkan sejak duduk di bangku sekolah.

Apa Pentingnya Menjaga Kesehatan Alat Vital?

Manusia tidak akan hidup sempurna tanpa kehadiran alat vitalnya, mengapa? karena organ tubuh tersebut menjadi salah satu perantara untuk menjaga keturunan. Bayangkan saja apa jadinya jika dalam suatu ikatan pernikahan tidak anak? pasti terasa hambar.

Tidak hanya itu, organ reproduksi juga harus dijaga demi menghindarkan diri dari ancaman kematian yang disebabkan oleh penyakit kelamin. Beberapa diantaranya seperti kanker serviks, sifilis, gonore dan lain sebagainya.

Apalagi jika mengingat di dunia ini terdapat penyakit kelamin yang sangat berbahaya dan menular, yakni HIV. Jenis penyakit kelamin tersebut terjadi karena seseorang sering kali melakukan hubungan sexs dengan berbagai orang.

Lantas mengapa HIV bisa menjangkiti? karena pada area organ intim terdapat bakteri yang apabila terserang virus dari luar bisa menyebabkan penyakit. Bahkan naasnya seseorang yang telah terkena HIV dilarang menemui orang lain karena resiko penularannya tinggi.

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Untuk Semua Kalangan

Jangan mengira bahwa menjaga kebersihan alat vital hanya harus dilakukan oleh anak-anak atau remaja saja. Pasalnya bagi yang sudah berusia di atas 25 tahun pun wajib mawas diri, untuk itu berikut ini cara menjaga organ reproduksi:

1. Selalu Mawas Diri Akan Serangan Penyakit Kelamin yang Menular

Cara pertama yang sangat penting harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan organ reproduksi adalah dengan mawas diri terhadap serangan penyakit kelamin. Bermula dari menanamkan pemikiran seperti ini maka cara-cara lainnya bisa terealisasi dengan baik.

2. Tidak Meminjam atau Meminjamkan Pakaian Dalam

Berikutnya adalah dengan tidak meminjam atau meminjamkan pakaian dalam kepada orang lain. Hal ini bahkan seringkali diabaikan oleh sebagian orang karena dianggap sepele, “Kan nanti bisa dicuci” seperti itulah argumennya.

Padahal tanpa diketahui sekalipun sudah dicuci bisa saja pemilik atau yang meminjam pakaian dalam tersebut tengah terjangkit penyakit menular. Apabila hal tersebut telah terjadi maka konsekuensi terburuknya adalah siap-siap menghadap maut.

3. Membasuh Organ Vital dengan Pembersih Khusus

Cara yang ketiga perihal menjaga kesehatan organ reproduksi adalah dengan membasuhnya menggunakan pembersih khusus. Hindari sabun mandi biasa karena kandungan Ph-nya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan alat vital.

Apalagi pembersih khusus organ vital saat ini sudah banyak diperjual belikan di toko-toko. Harganya juga sangat terjangkau sehingga berbagai kalangan bisa membelinya. Serta disarankan agar membasuhnya menggunakan handuk hangat sebagai alternatif pendukung.

4. Hindari Onani atau Masturbasi

Bagi yang belum menikah sangat disarankan agar tidak melakukan onani maupun masturbasi apapun alasannya. Mengapa? karena kegiatan tersebut sangat berpotensi tinggi menjadi pemicu terjadinya penyakit kelamin. Apalagi saat tangan atau alat bantu tidak benar-benar terjaga kebersihannya.

5. Menjaga Kebersihan Pakaian Dalam

Menjaga kebersihan pakaian dalam sangat penting dilakukan demi mencegah datangnya penyakit kelamin. Sebaiknya ganti secara rutin sebanyak 2-3x sehari atau jika dirasa kurang nyaman. Hindari pemakaian dalam waktu lebih dari 2 hari karena jamur yang tumbuh di area organ intim bisa membahayakan.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan organ reproduksi yang bisa dilakukan oleh semua kalangan. Selalu perhatikan dan camkan baik-baik demi keselamatan diri sendiri, keluarga dan orang sekitar. Pastikan juga agar selalu membasuh kelamin sebelum berhubungan badan bagi yang sudah menikah.

(Visited 6 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply