Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Paru Paru

Agar proses pernapasan dapat bekerja dengan baik dan lancar, maka perlu menjaga paru-paru dengan baik dan benar. Berikut merupakan beberapa cara menjaga kesehatan paru paru yang mudah dan sederhana yang dapat dilakukan.

Beberapa orang seringkali mengabaikan betapa pentingnya menjaga kesehatan paru-paru agar tetap maksimal dalam menjalankan fungsinya. Jika paru-paru tidak terawat bukan tidak mungkin akan menyebabkan berbagai penyakit yang serius.

Seluruh organ dalam tubuh sangat penting untuk dirawat dan dijaga dengan baik agar penyakit-penyakit berbahaya tidak menyerang. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar kesehatan paru-paru tetap terjaga. Di bawah ini merupakan cara yang dapat dilakukan, yaitu :

1. Aktif dan Rutin Melakukan Olahraga Ringan

Olahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Karena jika olahraga dikerjakan secara rutin akan membuat kinerja paru-paru dapat bekerja dengan maksimal untuk menjalankan fungsinya dan memompa oksigen ke seluruh tubuh.

Olahraga tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Cukup 10-20 menit saja namun rutin dilakukan setiap seminggu tiga kali atau kalau bisa setiap hari itu akan lebih bagus. Olahraga ringan dan mudah yang dapat dikerjakan siapa saja seperti jogging, senam ataupun zumba.

2. Kurangi Kebiasaan Merokok, Kalau Bisa Berhentilah Merokok

Rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia terutama pada sistem pernapasan. Merokok dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kronis pada tubuh termasuk pada paru-paru. Penyakit yang sering terjadi akibat terlalu sering merokok adalah kanker paru-paru.

Cara Menjaga Kesehatan Paru paru yang ini perlu untuk dilakukan karena banyak kasus penderita penyakit kanker paru-paru yang didominasi oleh seorang yang aktif merokok. Maka dari itu, sebaiknya mulai sekarang tidak ada salahnya jika kebiasaan merokok dihentikan.

3. Jauhkan Diri dari Asap Rokok dan Debu

Asap rokok mengandung sekitar 7000 senyawa kimia beracun yang dapat merusak kesehatan paru-paru. Jika asap rokok sampai terhirup oleh hidung seseorang, maka orang tersebut berpotensi mengalami berbagai macam gangguan atau penyakit pada paru-paru.

 Jika sedang bersanding atau berada disekitar orang yang sedang merokok, maka segera bergegas untuk menjauhkan diri dari orang tersebut agar asap rokok tidak sampai terhirup oleh hidung. Sebab,asap rokok tersebut sangat berbahaya dan dapat berakibat fatal.

4. Hindari Segala Sesuatu yang Berbau Tajam atau Menyengat

Sesuatu yang memiliki bau tajam atau menyengat tersebut contohnya seperti bau busuk atau bau basi. Karena bila bau tersebut sampai masuk ke hidung seseorang, maka bulu hidung akan sulit untuk bekerja secara maksimal untuk menjalankan tugas menyaring bau tersebut.

Bau yang terlalu tajam tersebut akan langsung masuk pada saluran pernapasan manusia dan dapat mengganggu kinerja dari saluran pernapasan. Namun, jika sudah terlanjur menghirup bau tersebut, maka segera hirup sesuatu yang dapat menetralisir bau menyengat tersebut.

5. Menerapkan Pola Makan yang teratur dan bergizi bagi tubuh

Cara menjaga kesehatan paru paru yang terakhir yakni dapat dilakukan dengan menjaga dan mengatur pola makan yang baik dan bergizi tinggi. Dengan memadukan antara makanan yang bergizi dan susu murni akan sangat baik untuk membantu membersihkan paru-paru.

Makanan yang baik untuk paru-paru seperti keju, sayur-sayuran, kacang-kacangan dan daging merah merupakan bahan yang harus ada di dalam menu makanan sehari-hari agar kotoran-kotoran yang menggumpal di dalam paru-paru dapat dibersihkan dengan baik.

 5 cara menjaga kesehatan paru paru diatas diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca. Mengingat paru-paru adalah organ tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Jangan lupa segera memeriksakan ke dokter jika terjadi gangguan pada sistem pernapasan.

(Visited 5 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply