Cara Mudah Cari Fund Manager Produk Reksa Dana

Reksadana merupakan salah satu investasi yang paling merakyat. Jenis investasi ini memang relatif sangat mudah, bahkan dilakukan oleh para pemula sekali pun.

Kenapa investasi reksadana dibilang mudah dilakukan? Dikarenakan memang reksadana itu didesain dan diperuntukkan bagi siapa saja, terutama bagi mereka yang memiliki dana terbatas, tidak terlalu paham mengenai investasi, dan tidak punya waktu yang cukup untuk mengurusi investasi sendiri.

Landasan hukumnya adalah di UU Pasar Modal Nomor 8 Thn 1995 Pasal 1 Ayat 27. Dalam investasi ini ada satu hal yang sangat penting perannya, yaitu adalah manajer investasi atau fund manager.

Sebenarnya siapa itu manajer investasi atau MI? Dan peranannya apa? Manajer investasi adalah sebuah lembaga, atau perorangan yang nantinya akan mengurus dana kita. Termasuk, mengurus tentang instrumen portpolio, atau produk apa yang bakal kita beli, berapa banyak, dan lain Iain.

Masalahnya adalah bagaimana cara memilih manajer investasi reksadana yang baik itu? Jika bingung, berikut ini adalah tips memilih manager investasi.

1. Lihatlah pengalamannya

Pengalaman pasti sangat berkaitan dengan apa yang namanya track record atau rekam jejak. Dari sinilah anda pasti sudah bisa menggaris bawahi mengenai gambaran apa saja yang perlu dibuktikan. Ciri-ciri utama dari manajer investasi yang baik adalah yang sudah terbukti pengalamannya dalam mengelola modal investor.

Bagaimana cara mudah mengeceknya? Manajer investasi pasti selalu dinaungi oleh perusahaan pengelola investasi. Maka dari itu, tinggal cari saja perusahaan yang sudah lama beroperasi setidaknya sudah lebih dari 5 tahun.

Perusahaan securitas yang bagus pasti mempunyai banyak pelanggan atau nasabah. Jadi sudah sangat jelas, perusahaan yang Anda tuju pastinya juga sudah mempunyai banyak investor.

Baca Juga :   3D Secure Merupakan salah Satu Pengaman Untuk Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit

Satu bocoran lagi, di Indonesia ada banyak perusahaan manajer investasi yang merupakan cabang dari perusahaan Manager investasi internasional. Biasanya. perusahaan yang seperti ini dapat dipercaya kredibilitasnya.

2. Perhatikan konsistensi kinerja Perusahan

Konsistensi kinerja ini sangat berkaitan dengan pengalaman. Jika nantinya Anda menemukan kinerja manajer investasi yang naik-turun, alias tidak konsisten, Anda juga patut mempertanyakannya. Kinerja tersebut, bisa Anda lihat dari portofolio hasil investasi yang pernah mereka kelola setiap bulan.

Daei sini kita bisa meminta sebelum mendaftar reksadana di bank, atau juga perusahaan lain. Setelah dirasa anda punya gambaran mengenai kinerja tersebut, silahkan diputuskan untuk mendaftar reksadana yang cocok untuk anda.

Kemudian, setelah Anda mendapatkan manajer investasi, nantinya akan diberi laporan hasil investasi mereka dan wajib kita pantau terus. Ada juga manajer investasi yang maunya terjun ke dalam investasi high risk atau beresiko tinggi.

Biasanya ciri-ciri dari Manager investasi seperti ini adalah mereka selalu menawarkan return atau keuntungan yang sangat tinggi, namun jarang sekali memberi tahu tentang adanya risiko kegagalan.

(Visited 163 times, 1 visits today)

Leave a Reply