Cara mudah Dalam Membuat Budget Bulanan

Pada dasarnya setiap orang pasti kurang suka jika harus berhadapan dengan keuangan apalagi jika harus membuat budget bulanan setiap bulannya. Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang lebih suka mengeluarkan uang tanpa perencanaan. Namun, tahukah kamu bahwa dengann membuat budget bulanan itu akan membuat kamu lebih hemat.

Jika kamu membuat budget bulanan memiliki banyak keuntungan yang akan didapatkan. namun banyak orang yang masih ragu untuk membuat budget karena mereka menganggap membuat budget itu hal yangsulit. Untuk membuat budget bulanan yang mudah, Simak  cara sederhana berikut:

  1. Tetapkan Tujuan Budget

Pada dasarnya jika kamu memiliki tujuan untuk melakukan sesuatu itu akan lebih memudahkan kamu. Terlebih lagi ketika kamu ingin mengeluarkan budget, tujuan pasti akan membuat pengeluaranmu lebih teratur. Langkah awal yang dapat kamu terapkan adalah dengan membuat angan-angan sederhana mengenai tujuan pembuatan budget.

  1. Membuat Kategori Pengeluaran

Setelah kamu sudah menentukan tujuan dari budget yang akan dikeluarkan. Maka langkah selanjutnya adalah membuat kategori pengeluaran. Kategori tersebut dapat kamu kelompokkan mulai dari sifat kepentingannya. Namun, jika ini pertama kali kamu membuat budget maka kamu tidak perlu membuatnya terlalu detail.

  1. Review Pengeluaran Bulan Terakhir

Langkah selanjutnya, coba kamu review kembali pengeluaran yang sudah dikeluarkan dalam beberapa bulan terakhir ini. Hal tersebut bertujuan agar kamu dapat mengetahui pengeluaran mana yang menjadi pengeluaran rutin dan penting setiap bulannya. Kamu dapat mengambil jumlah pengeluaran dari tiga bulan terakhir. Namun, Untuk pengeluaran yang bersifat tetap seperti cicilan utang, asuransi, dan lain sebagainya, kamu dapat menggunakan tabel cicilan yang kira-kira lebih tepat untuk dijadikan patokan pembayaran pada bulanan berikutnya.

  1. Lakukan Penghematan
Baca Juga :   3D Secure Merupakan salah Satu Pengaman Untuk Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit

Langkah terakhir yang dapat dilakukan, ini merupakan langkah jitu yang harus dilakukan dalam menyusun budget bulanan adalah berhemat. Jika kamu melakukan tiga langkah diatas tanpa berhemat adalah pekerkaan yang sia.sia. Karena tujuan utama dari perencanaan budget bulanan adalah agar kamu dapat mengatur keuangan dengan baik agar tidak terjadi pemborosan.

Artikel ini ditulis oleh HaloMoney.co.id

(Visited 71 times, 2 visits today)

Leave a Reply