Cara Mudah Jual Beli Rumah Murah di Tangerang

Rumah murah di Tangerang diminati banyak pencari properti karena dua hal, yakni harganya yang terjangkau dan lokasinya yang dekat ke ibukota.

Buktinyam daerah ini telah jadi pilihan bagi sekitar 5 juta orang untuk berdomisili. Terlebih kini akses dan fasilitasnya sudah memadai dan lengkap.

Bahkan tak hanya dekat ke Jakarta, tapi dari sini Anda juga bisa dengan mudah ke bandara. Sehingga para pelaku properti menilainya sebagai kawasan yang potensial dan membuat mereka berlomba untuk membangun hunian maupun kawasan bisnis di sini.

Jadi singkatnya, kelebihan hunian di Tangerang adalah lokasinya yang strategis, dan mudah diakses. Ini didukung dengan keberadaan tol yang membuat jarak Tangerang ke berbagai lokasi sekitar seperti Jakarta dan Depok jadi lebih mudah.

Kemudian tersedianya berbagai fasilitas seperti pusat kesehatan, pusat pendidikan dan pusat perbelanjaan serta yang lainnya.

Dengan segala kelebihan di atas, membuat Tangerang jadi salah satu kawasan berkembang yang ke depannya bisa saja jadi daerah yang sangat maju, menyaingi ibukota.

Hal ini tampaknya sudah diprediksi oleh mereka yang bekerja di Jakarta, sehingga meski jauh dari pusat ibukota, tetap saja banyak yang mencari rumah di sini.

Dan ini tentunya jadi peluang tersendiri bagi Anda yang ingin menjual rumah murah di Tangerang.

Cara Jual Rumah Murah di Tangerang

Menjual rumah memang tidak seperti menjual produk lain yang mungkin bisa terjual dalam hitungan waktu singkat.

Ini karena bagi sebagian besar orang, membeli rumah atau properti adalah sebuah keputusan besar yang melibatkan jumlah uang yang juga besar.

Karena itu dibutuhkan trik dan strategi tersendiri dalam hal ini.

Meski Anda ingin jual rumah murah di Tangerang, yang tentu saja akan banyak peminatnya, tetap saja dibutuhkan cara tersendiri agar orang tertarik untuk melirik properti Anda.

Jadi, tak ada salahnya Anda sedikit meluangkan waktu untuk mempersiapkan tahapan-tahapan sebelum memasang iklan jual rumah murah di Tangerang.

Tahapan awal ini bisa berupa:

1. Memperbaiki dan mempercantik rumah

Tak sedikit yang mengabaikan langkah ini karena merasa ini tidak penting, bahkan bisa saja mengeluarkan biaya yang besar.

Baca Juga :   Cek Harga Hotel Termurah di Trivago.com

Padahal tidak juga…

Anda cuma perlu melakukan perbaikan pada bagian yang memang harus diperbaiki seperti genteng yang bocor, atau menata ulang rumah, membersihkan hingga membuang perkakas yang tidak diperlukan.

Untuk renovasi juga tidak perlu dilakukan menyeluruh, cukup dengan mengecat bagian yang terlihat kusam, atau setidaknya dibersihkan.

Hal ini dilakukan selain nantinya bisa membantu tampilan visual di iklan, tentunya juga bisa menarik minat calon pembeli saat mereka melakukan survei.

Bagiamana pun, keadaan rumah dan kondisinya tentu akan jadi hal yang bisa dilihat langsung oleh calon pembeli dan jadi pertimbangan mereka dalam mengambil keputusan.

Sudah wajar bukan, jika orang lebih cenderung tertarik membeli sesuatu yang terlihat bagus?

Apalagi kalau mereka membeli rumah murah di Tangerang dalam kondisi bekas, tentu mereka akan ekstra teliti untuk memastikan bahwa kondisi rumah masih sangat layak meski harganya terjangkau.

2. Survei harga lebih dulu

Dalam menjual properti, tak semata murah, tapi dalam menentukan nilai jual juga harus sesuai dan wajar.

Artinya sesuai dengan harga pasaran di wilayah tersebut. Sehingga nantinya harga jual Anda tidak terlalu tinggi atau tidak terlalu murah.

Karena kalau harga terlalu tinggi, ini bisa membuat calon pembeli kehilangan minat duluan. Tapi kalau harga terlalu rendah juga bisa menimbulkan kecurigaan.

Kalau pun Anda ingin mengantisipasi penawaran dari calon pembeli, setidaknya Anda menaikkan harga jual maksimal 3% saja dari harga pasaran atau dari harga yang Anda targetkan.

Biasanya dalam survei harga rumah, orang akan mengecek harga tanah di kawasan tersebut, karena ini jadi patokan umum dalam menentukan harga rumah.

Tak sulit kok, karena ada beberapa cara mudah dalam menentukan harga pasaran properti di satu kawasan.

Mulai dari survei online di situs properti seperti www.99.co/id, atau bisa bertanya ke pihak terkait di wilayah tersebut.

Cara lainnnya dengan mengecek Nilai Jual Obyek Pajak atau NJOP yang ada di lembar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang Anda terima.

Di sana terdapat informasi mengenai NJOP, dan dari sini Anda bisa menentukan harga jual rumah misalnya 2 – 3 kali lipat NJOP tersebut.

Baca Juga :   Beli Tiket Kereta Dengan Kartu Railpay BNI Tapcash, MANDIRI E-Money dan BRI Brizzi

Tapi harga rumah juga kadang ditentukan oleh berbagai faktor. Misalnya lokasi rumah, dimana semakin strategis, ya semakin mahal nilai jualnya.

Setelah persiapan, tahapan berikutnya adalah penawaran…

3. Pasang iklan yang menarik

man hand hold and touch screen smart phone, looking for a new houses

Dan lagi-lagi, di sini Anda bisa memanfaatkan situs seperti 99.co Indonesia. Dimana Anda bisa jual rumah murah di Tangerang dengan langkah-langkah yang sangat mudah.

Keutamaan memasang iklan di situs khusus seperti ini, Anda bisa dengan mudah mengemas iklan rumah dengan lebih rapi, detail dan tentu saja menarik.

Karena di sini Anda bisa mengisi semua data terkait properti di kolom yang tersedia, lalu tak ketinggalan space untuk memasang foto.

Oya, salah satu trik dalam beriklan, salah satunya adalah mengetahui waktu yang tepat. Banyak analisa dan pendapat mengenai yang satu ini.

Pendapat yang paling umum mengenai waktu yang tepat dalam menjual properti adalah terkait kondisi perekonomian dan politik dalam negeri.

Lalu selanjutnya, manfaatkan pula fitur khusus seperti push iklan yang bisa membuat listing Anda berada di urutan teratas pencarian. Langkah ini akan memperbesar kemungkinan iklan Anda dilirik.

Jika iklan sudah dipasang, Anda tinggal tunggu respon dari calon pembeli.

Dan jangan lupa untuk siapkan dokumen-dokumen terkait ya. misalnya identitas pribadi, sertifikat rumah dan bukti pembayaran pajak (PBB).

Terlalu malas melakukan semua langkah di atas? Kenapa tidak serahkan saja ke agen properti?

Dengan menggunakan jasa agen, Anda hanya perlu memilih agen properti lalu menjalin kerjasama, dan sisanya tinggal tunggu update penjualan dari mereka.

Agen akan mengiklankan, bahkan juga akan membantu menentukan harga termasuk mencari pembeli yang potensial lewat link yang dimilikinya.

Sang agen juga akan membantu mengurus terkait dokumen penting dan proses yang melibatkan notaris, Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan sebagainya.

Memilih agen properti juga harus cermat ya…

Karena kalau tidak, bisa-bisa urusan penjualan rumah jadi bermasalah.

Mudahnya, Anda bisa cek beberapa rekomendasi agen properti terpercaya di 99.co Indonesia.

Baca Juga :   Sistem Pembayaran elektronik Sistem Mandiri LPG Online (Sim3lon) 

Nah, kalau begini, proses jual rumah murah di Tangerang jadi sangat mudah kan?

Tips Beli Rumah Murah di Tangerang

Sama halnya dengan penjual, pembeli juga perlu ekstra cermat sebelum memutuskan untuk membeli rumah.

Untuk beli rumah murah ada beberapa cara atau tips yang bisa Anda coba, misalnya:

  1. Cari rumah di kawasan berkembang

Saat ini, rumah di pinggir ibukota sudah jadi rebutan pencari properti. Hal ini disebabkan oleh aksesnya yang kian mudah, sehingga jarak ke pusat kota bukan lagi jadi masalah.

Salah satu pilihan menarik adalah dengan membeli rumah murah di Tangerang. Apalagi dengan segala potensi yang dimiliki kawasan ini, yang membuatnya bisa jadi peluang investasi juga.

Dengan membeli rumah murah di kawasan berkembang seperti Tangerang, ini akan bisa jadi investasi di masa depan, karena nilai properti selalu naik dan khuhsusnya di daerah berkembang, naiknya bisa berkali lipat lho.

  • Cari rumah bekas namun masih sangat layak

Anda bisa mendapatkan harga yang sangat terjangkau jika membeli rumah dalam kondisi bekas.

Misalnya jika Anda membeli rumah baru senilai Rp 500 juta dengan spesifikasi bangunan yang terbatas seperti luas bangunan, jumlah kamar dan fasilitas lainnya.

Tapi dengan nilai yang sama untuk rumah bekas, Anda bisa mendapatkan spesifikasi yang lebih baik. Bahkan bisa saja Anda mendapatkan rumah bekas dengan lokasi yang lebih strategis

Atau bisa juga coba membeli rumah lelang yang ditawarkan oleh bank dengan harga yang relatif murah.

  • Cari rumah subsidi
Choosing the right real estate property, house or new home in a housing development or community

Nah, kalau Anda ingin rumah yang baru tapi terjangkau, maka jawabannya adalah rumah subsidi.

Ini merupakan salah satu pilihan yang cukup populer, karena harganya yang sangat terjangkau.

Maklum saja, pengadaan rumah subsidi sendiri merupakan program pemerintah, sehingga dalam pembiayaannya ada bantuan pemerintah, sehingga memengaruhi harga jual yang murah, yakni sekitar Rp 100 juta-an saja.

  1. Cari rumah di event khusus

Dalam hal ini ada beberapa pameran properti yang bisa Anda datangi di Indonesia.

Biasanya dalam momen khusus ini, banyak pengembang yang menjual propertinya dengan berbagai penawaran menarik.

Mulai dari potongan harga jual, gratis biaya administrasi, atau bonus-bonus menarik seperti perlengkapan rumah dan sebagainya.

Kelebihan lain, biasanya proses pengajuan KPR pun akan dibantu oleh pengembang di event ini.

  • Cari rumah via online

Keberadaan situs jual beli properti seperti 99.co Indonesia, memang sangat memudahkan penjual maupun pembeli properti.

Jika Anda sedang mencari hunian terjangkau seperti rumah murah di Tangerang, tinggal manfaatkan fitur pencarian yang akan mempersingkat waktu Anda dalam menyeleksi hunian yang sesuai kebutuhan.

Misalnya seleksi berdasarkan lokasi, harga, spesifikasi bangunan hingga fasilitas dan sebagainya.

Bahkan di 99.co Indonesia kerap ada penawaran khusus dan menarik juga lho bagi para pencari properti.

Jadi, sudah siap mencari rumah murah di Tangerang?

Semoga bermanfaat!

(Visited 21 times, 1 visits today)

Leave a Reply