Cara Mudah Lapor SPT Secara Online Dengan Penghasilan Dibawah 60 Juta

Akhir Bulan Maret merupakan bulan yang sangat sibuk dan juga menegangkan bagi para karyawan maupun para pengusaha. Kenapa? Karena bulan Maret merupakan batas akhir  atau deadline untuk pelaporan SPT pajak.

Jadi Apa Yang dimaksud dengan SPT Pajak?

SPT merupakan singkatan dari Surat Pemberitahuan Tahunan pajak. atau kita biasa sering menyebutnya lapor SPT. Jadi Lapor SPT itu wajib dilakukan oleh WP atau wajib pajak. Jika anda sudah memiliki NPWP, itu artinya anda adalah wajib pajak dan anda merupakan pembayar pajak, jadi intinya anda wajib untuk melaporkan aktivitas pembayaran pajaknya.

SPT pajak biasanya dilaporkan setiap tahun. Untuk setiap tahun batas akhir pelaporan yaitu tanggal 31 Maret untuk pelaporan pajak pada tahun sebelumnya.

Bagaimanakah cara melaporkan SPT pajak?

Dulu untuk melaporkan SPT pajak, kita harus datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama terdekat atau biasanya disebuah perusahaan aan dikolektifkan. namun saat ini Pajak sudah lebih maju karena kita tidak harus melapor langsung ke kantor pajak melainkan cukup melalui Online atau biasa disebut E-Filling.

 

E-filling pajak online

E-filling pajak secara online mulai gencar dilakukan sejak beberapa tahun belakangan ini. Akan tetapi, karena situs DJP atau Situs Pajak belum maksimal dan juga sosialisasi yang kurang menyeluruh, maka pelaporan melalui e-filling pajak online tahun lalu menuai banyak keluhan dari pelapor pajak online karena situsnya yang sering downdan e-filling online gagal dilakukan hingga batas waktu berakhir.

 

Tahap-tahap e-filling pajak online

Bagi Anda yang baru pertama kali lapor SPT pajak dengan cara e-filling online, mungkin akan sedikit kebingungan dikarenakan proses yang harus anda dilalui, serta istilah-istilah dalam pajak yang tidak familiar di telinga anda.

Baca Juga :   Menkes Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Monas

Sebelumnya, andaharus  ketahui dulu jenis SPT yang ada. Saat ini ada 3 jenis SPT, yaitu:

  1. SPT 1770 SS
    Anda masuk dalam kriteria SPT 1770 SS bila:

    • Penghasilan selama setahun kurang dari 60 juta
    • Berprofesi sebagai: Pegawai Swasta, PNS/ASN, TNI/polri, atau Pegawai BUMN/BUMD
    • Bukan Pengusaha atau pekerjaan bebas
  2. SPT 1770 S
    Anda masuk dalam kriteria SPT 1770 S bila:

    • Bila penghasilan selama setahun 60 juta atau lebih
    • Berprofesi sebagai: Pegawai Swasta, PNS/ASN, TNI/polri, atau Pegawai BUMN/BUMD
    • Bukan Pengusaha atau pekerjaan bebas
  3. SPT 1770
    Anda masuk dalam kriteria SPT 1770 bila:

    • Profesi sebagai pengusaha, pekerja profesional seperti akuntan, dokter, notaris, dst.

Di bawah ini, Pilihkartu memberikan contoh untuk e-filling SPT 1770 SS yaitu untuk wajib pajak yang berpenghasilan dibawah 60 juta lebih, berikut adalah tahapannya :

  1. Log in
    Log in ke halaman pengisian DJP Online https://djponline.pajak.go.id/ dengan memasukkan nomor NPWP dan password. Jika belum punya akun di situs DJP Online silakan untuk membuat terlebih dahulu. Namun, biasanya wajib pajak yang sudah punya NPWP, pasti sudah punya akun lantaran untuk membuat NPWP harus memiliki akun di DJP Online terlebih dahulu dan sebelum bisa Langsung Online anda harus datang terlebih dahulu ke Kantor Pajak untuk Mendapatkan E-Fin semacam kode untuk aktivasi di DJP Online, nah kalo saya sih karena ada kenalan di Kantor pajak cukup minta Via BBM saja jadi efin langsung di kirim hehe,

Bila sudah berhasil log in ke akun anda, maka akan muncul halaman seperti di bawah ini

Pilih Tidak makan akan muncul penrtanyaan selanjutnya ikuti dan klik SPT 1770 SS

Isi Tahun pajak yang akan di lapor sebagai contoh tahun 2016 kemudian status SPT pilih normal dan klik berikutnya

Kemudian muncul nilai yang harus diisi, terdapat penghasilan bruto, pengurangan dan PTKP disesuaikan dengan Form yang anda dapatkan dari perusahaan.

Baca Juga :   Tips Memilih Hewan Qurban Sehat Dengan Kualitas Terbaik

kebanyakan yang isi SPT 1770 SS ini pasti nihil pajaknya heheh selanjutnya klik berikutnya

Untuk tahap ini di lewatkan saja kan memang ga ada potongan pph heheh klik berikutnya

isikan harta yang anda punya sebutkan totalnya saja, masa sh ga punya harta seperti HP pasti punya donk klik berikutnya selanjutnya klik Setuju dan klik berikutnya

Untuk tahap berikutnya ambil kode verifikasi dengan cara klik disini warna orange

kode verifikasi ada dua pilihan pertama email kedua nomr handphone pilih salah satunya menurut anda mudah kalo saya sih pilih email saja klik ok

masukan kode verifikasi yang sudah anda dapakan via email atau HP kemudian langkah terakhir adalah klik Kirim SPT  dan klik Selesai

Selesai sudah anda lapor SPT secara Online tidak sampai 5 Menit dan bukti anda bisa simpan yang biasanya terkirim via email.

Jadi kenapa harus repot antri di kantor pajak kalo cuma untuk lapor SPT.

(Visited 847 times, 1 visits today)

Leave a Reply