Cara Setting Tampilan Dashboard WordPress Bagi Pemula Banget

WordPress mampu menjadi solusi bagi setiap orang yang kesulitan membuat blog sendiri. Platform ini bisa mempermudah Anda membuat blog profesional walaupun tidak mempunyai basic di bidang IT. Tentu, banyak belajar dan praktek akan membuat Anda lebih ahli dalam membuat website berbasis WordPress.

Setelah berhasil menginstal WordPress pada hosting anda, di postingan sekarang anda akan belajar bagaimana cara setting tampilan dashboard WordPress yang sudah diinstal sebelumnya. Berikut adalah tutorialnya.

Login pada dashboard WordPress Anda dengan mengetikan pada browser namadomainAnda.com/wp-admin/, masukkan username dan password WordPress yang telah dibuat ketika instalasi.

Anda akan menemukan tampilan dashboard WordPress seperti ini ketika pertama kali login.

Untuk setting tampilan dashboard, Anda dapat mengubahnya pada menu Profile di pojok kanan atas layar.

Kemudian Anda akan menemukan opsi “Admin Color Scheme” dimana Anda dapat mengubah tampilan warna dashboard WordPress sesuai keinginan Anda.

Setelah itu terdapat opsi Collapse menu, dimana dengan memilih opsi ini Anda dapat melihat menu pada WordPress hanya berupa icon saja dan terlihat lebih sederhana.

Kemudian ada Screen Option yang dapat diatur sesuai keinginan Anda, seperti misalnya ingin menampilkan atau menghilangkan tampilan Welcome maupun tampilan lainnya. Anda dapat memberi tanda centang untuk menampilkan dan menghilangkan tanda centang untuk tidak menampilkannya.

 

Cara Mudah Membuat Posting

Posting adalah aktivitas tulis-menulis atau membuat sebuah artikel yang nantinya akan di-publish dan dilihat oleh semua orang yang mengakses halaman website WordPress Anda. Berikut langkah membuat posting pada WordPress. 1. Masuk pada Dashboard Anda, pilih Post » Add New atau pilih icon (+) di bagian atas lalu pilih Post

Anda akan menemukan halaman seperti ini, dimana terdapat kolom untuk menuliskan judul posting Anda dan juga area untuk menulis posting.

Baca Juga :   Things we hate about Microsoft's Surface Windows 8 Pro

Kemudian ada beberapa opsi untuk mempercantik tulisan Anda, yang biasanya juga terdapat di Aplikasi Office pada umumnya.

Untuk menambahkan konten berupa gambar, video maupun yang lainnya, Anda dapat menggunakan opsi Add Media. Kemudian pilih Select Files lalu pilih konten yang ingin Anda upload. Tunggu hingga proses upload selesai.

Setelah itu Anda dapat menyesuaikan ukuran, title, dan sebagainya pada gambar tersebut. Setelah semuanya sesuai, pilih Insert Into Post dan gambar berhasil diunggah serta masuk dalam postingan.

Selain itu, Anda juga dapat mengkelompokkan tulisan yang Anda buat ke dalam kategori tertentu, bisa dengan membuat kategori baru atau mengikuti kategori yang sudah ada. Pilihan ini bisa Anda temukan pada bagian Categories, di sebelah kanan area posting. Membuat kategori baru pun sangat mudah. Anda dapat pilih opsi Add New Category, tulis kategori yang Anda inginkan, dan klik untuk memberi tanda centang pada kategori tersebut.

Terdapat juga pilihan Tags yang bisa Anda tambahkan sesuai dengan postingan yang Anda tulis. Untuk menambahkannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menuliskan tag tersebut dan pilih Add.

Kemudian untuk mengubah permalink atau URL postingan yang akan Anda publish, silakan pilih opsi di bawah kolom judul atau title, kemudian pilih edit dan sesuaikan dengan keinginan Anda.

Setelah semua selesai, Anda dapat menerbitkan posting atau artikel tersebut dengan meng-klik tombol Publish.

 

 

Cara Mudah Membuat Pages

Membuat sebuah page/halaman dengan posting kurang lebih sama seperti tutorial di atas. Perbedaannya hanya terletak pada pilihan menu untuk membuat pages tersebut. Berikut tutorialnya.

Masuk pada dashboard WordPress Anda, pilih menu Pages » Add New, atau dengan cara pilih icon (+) kemudian pilih Page.

Baca Juga :   8 Artis Ibukota akan menghibur di Pekan Budaya Daerah 2014 di Tanjung Selor Bulungan

Setelah itu Anda akan masuk pada halaman yang sama dengan halaman ketika membuat posting di atas, lengkap dengan opsinya. Namun, hal yang membedakan adalah ketika Anda membuat sebuah page tidak terdapat opsi kategori atau tags, karena page atau halaman itu biasanya dibuat untuk hal yang formal seperti About Us, Contact Me, dan lain sebagainya.

 

Cara Mudah Menggunakan Image Media

Image Media merupakan sebuah media library yang di dalamnya terdapat seluruh konten berupa gambar, video maupun file media lain yang pernah Anda upload sebelumnya, baik itu ketika membuat sebuah posting maupun pages. Selain itu Anda juga dapat mengunggah konten melalui media. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Masuk pada dashboard WordPress Anda, kemudian pilih Media » Library maka Anda akan menemukan semua konten yang pernah Anda upload.

Untuk menambahkan gambar atau konten baru lainnya, Anda cukup memilih Add New » Select Files dan pilih gambar yang ingin Anda upload. Nantinya gambar ini siap untuk Anda masukkan pada sebuah posting atau halaman tanpa perlu mengunggahnya kembali.

Anda juga dapat mengubah keterangan gambar dengan cara meng-klik salah satu gambar. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, dimana Anda dapat mengubah Title, Description, dan lainnya di sini.

Selain itu Anda juga dapat mengedit gambar tersebut dengan memilih Edit Image pada gambar di atas. Ada beberapa opsi yang disediakan untuk mengedit gambar, misalnya Rotate, Flip, mengatur ukuran gambar, memotong gambar dan lain-lain.

 

Cara Mudah Instal Plugin Via Dashboard

Salah satu alasan mengapa Anda menggunakan WordPress sebagai Platform untuk website Anda, karena WordPress Self Hosting (WordPress.org) mempunyai Ribuan atau bahkan jutaan Plugin dengan kegunaan dan fitur yang berbeda yang siap Anda instal secara gratis. Pada tutorial di bawah ini kami akan mencoba untuk menginstal plugin Contact Form 7, suatu plugin yang memiliki fungsi untuk membuat form kontak. Plugin ini sangat berguna untuk memudahkan pengunjung situs yang ingin menghubungi Anda melalui email. Berikut adalah tutorialnya.

Baca Juga :   The Little Pinguin Pororo Acara Kesukaan Anak Saya di Pagi Hari

Masuk pada dashboard WordPress Anda, kemudian pilih Plugin » Add New.

Tulis nama plugin yang ingin diinstal pada kolom Search kemudian tekan Enter.

Pilih Install pada plugin dengan nama Contact Form 7. Tunggu beberapa detik hingga proses instalasi selesai, kemudian pilih Activate Plugin untuk mengaktifkan plugin tersebut.

Selesai! Plugin telah berhasil diinstal melalui dashboard WordPress.

Artikel Terkait Domain dan Hosting Untuk Pemula :

(Visited 165 times, 4 visits today)

Leave a Reply