Apabila Anda merasa bahwa cara untuk menurunkan gula dalam darah itu sulit untuk dilakukan, ada baiknya jika membaca ulasan berikut ini. Pada dasarnya cara untuk menurunkan kadar gula dalam darah tidak sulit, bahkan cenderung mudah untuk dilakukan. Yang justru sulit adalah melakukannya secara rutin, dan mematuhinya.

Olahraga secara teratur

Cara untuk menurunkan gula dalam darah pertama yang dapat Anda lakukan, dan sebaiknya dilakukan secara teratur adalah, olahraga. Melakukan olahraga secara teratur minimal 1 jam perhari, baik itu pada pagi atau sore hari.

Berolahraga memang baik untuk tubuh, selain untuk menjaga sistem metabolisme tubuh, menjaga kebugaran tubuh, juga mampu membantu masa otot agar tetap dalam kondisi baik.

Tahukah Anda bahwa ketika berolahraga, gula darah akan digunakan sebagai energi untuk melakukan kontraksi otot. Secara tidak langsung, membuat kadar gula dalam darah jadi cenderung lebih stabil.  

Mengontrol asupan karbohidrat

Di dalam tubuh, karbohidrat akan diubah jadi gula terutama glukosa. Dalam hal ini insulin akan bertugas untuk memindahkan gula ke dalam sel tubuh. tapi jika kadar insulin dalam tubuh tidak maksimal, maka gula dalam darah akan terus menumpuk, hingga mengakibatkan beberapa kondisi tertentu dalam tubuh.

Cara menurunkan gula darah secara mudah adalah dengan mengurangi atau setidaknya mengontrol asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Misalnya saja dengan mengubah konsumsi nasi, jadi nasi merah. Atau bisa juga mengganti roti yang biasanya dikonsumsi, jadi roti gandum.   

Meningkatkan asupan serat

Selain mengurangi atau mengontrol asupan karbohidrat, cara lain untuk menurunkan gula darah adalah dengan memperbanyak konsumsi serat. Serat ternyata mampu memperlambat kinerja saluran cerna serta membantu memaksimalkan sistem penyerapan gula dalam tubuh.

Jenis serat, terdiri atas 2 macam, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Keduanya sama-sama dibutuhkan oleh tubuh. Serta keduanya membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Jenis serat yang sebaiknya Anda konsumsi cukup banyak. Anda dapat memperolehnya dari aneka jenis buah, dan aneka jenis sayuran. Semuanya dapat Anda konsumsi secara langsung, dibuat jadi jus, sayuran atau bahkan salad. 

Memperbanyak konsumsi cairan untuk tubuh

Mengkonsumsi cairan untuk tubuh secara cukup juga ternyata salah satu cara menurunkan gula darah secara alami. Air minum, atau cairan ini, baik, untuk membantu ginjal dalam membuat berbagai kelebihan gula dalam darah, melalui urine. Juga mampu membantu kinerja sistem pencernaan jadi lebih lancar.

Adapun air minum yang sebaiknya dikonsumsi adalah air minum yang bebas gula, atau non kalori. 

Mengontrol porsi makan

Umumnya orang makan dalam sehari adalah 3 kali. Hal seperti ini memang masih terbilang wajar. Tapi untuk Anda yang mempunyai masalah dengan kadar gula tinggi, sebaiknya kontrol porsi makan Anda.

Anda tetap bisa makan 3 kali dalam sehari, hanya saja jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi, harus diperhatikan dengan baik. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi kalori dan karbohidrat. 

Mengontrol kadar gula darah secara rutin

Satu hal yang jangan Anda lupakan, adalah selalu mengontrol kadar gula darah. Anda dapat mengunjungi dokter secara rutin, atau membeli alat pendeteksi kadar gula darah. Kemudian cek kadar gula dalam darah yang ada saat itu. 

Tentunya dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara untuk menurunkan gula dalam darah secara alami ini tidak sulit. Asalkan ada niat untuk tetap hidup sehat, dan mau melakukannya. Maka tips yang disebutkan di atas, tidak akan sulit untuk dilakukan.

(Visited 41 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini