Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Berkualitas

Gangguan kesehatan merupakan salah satu permasalahan yang sangat umum terjadi di masyarakat. Untuk itu, layanan asuransi kesehatan menjadi suatu kebutuhan yang tak boleh dilewatkan. Dengan adanya asuransi ini, Anda tak perlu khawatir dengan kondisi finansial jika mengalami sakit.

Namun banyaknya produk asuransi terkadang membuat nasabah kebingungan memilih asuransi mana yang paling baik. Oleh sebab itu, sebaiknya ketahui ciri-ciri asuransi berkualitas berikut ini agar keuangan Anda tetap stabil di kala terjadi hal yang tak diinginkan.

Menerapkan Sistem Cashless

Sebelum menentukan asuransi yang akan digunakan, cari tahu apakah perusahaan asuransi tersebut menerapkan sistem pembayaran cashless.

Cara pembayaran ini menguntungkan nasabah karena Anda tak perlu membayar di muka saat berobat. Perusahaan asuransi yang akan menanggung semua biaya tanpa harus menalangi terlebih dahulu.

Hal ini berbeda dari jenis asuransi dengan sistem reimburse dimana nasabah harus membayar biaya kesehatan terlebih dahulu sebelum mengajukan klaim. Jadi, sebaiknya Anda memilih produk asuransi dari perusahaan yang menerapkan sistem cashless yang memberikan kemudahan bagi nasabahnya.

Memiliki Jaringan Rumah Sakit Luas

Ciri asuransi kesehatan terbaik adalah banyaknya jaringan rumah sakit yang dimiliki.

Ini tentunya memberikan keuntungan bagi Anda sebagai nasabah karena lebih leluasa dalam memilih rumah sakit. Pilihlah asuransi yang bekerja sama dengan rumah sakit di dekat tempat tinggal, kantor, maupun layanan kesehatan yang menyeluruh.

Sebaliknya, asuransi dengan jaringan rumah sakit terbatas akan membuat nasabah kesulitan karena tidak dapat memanfaatkan layanan asuransi yang maksimal. Oleh sebab itu, ketahui seberapa luas jaringan rumah sakit yang dimiliki perusahaan sebelum Anda menggunakan produknya.

Tidak Menerapkan Limit Per Perawatan

Asuransi Kesehatan

Setiap perusahaan asuransi memberikan limit atau batasan klaim bagi pemegang polis. Biasanya ada 2 jenis limit yang berlaku, yakni limit gabungan dan limit per perawatan. Salah satu cara memilih asuransi kesehatan yang baik adalah yang menerapkan sistem limit gabungan semua perawatan.

Jadi, nasabah dapat mengajukan klaim kapan saja sepanjang tidak melebihi total limit yang masih ada. Namun sayangnya masih ada perusahaan asuransi yang menerapkan limit per perawatan dan limit gabungan secara bersamaan.

Plafond dan Premi Sesuai

Cara memilih asuransi kesehatan juga harus memperhatikan besaran plafond dan premi yang ditawarkan perusahaan. Semakin tinggi plafond, maka nominal premi yang perlu dibayarkan juga semakin banyak. Untuk itu, Anda harus bijaksana dalam menentukan skema asuransi.

Idealnya, seseorang menginginkan layanan kamar rumah sakit yang lebih baik meskipun biayanya lebih mahal. Apabila memilih skema asuransi dengan premi lebih murah, maka kemungkinan Anda perlu membayarkan biaya tambahan untuk menutup kekurangan yang tidak ditanggung asuransi.

 Memprioritaskan Rawat Inap

Permasalahan kesehatan terkadang membuat seseorang harus dirawat di rumah sakit. Untuk itu, prioritaskan asuransi yang menjamin biaya rawat inap. Pada kenyataannya biaya rawat inap seringkali lebih besar dibanding rawat jalan.

Produk asuransi kesehatan biasanya menyediakan dua jenis layanan yaitu rawat jalan dan rawat inap. Jika kondisi keuangan Anda memungkinkan, akan lebih baik kalau menggunakan asuransi yang menanggung dua perawatan tersebut.

Asuransi Kesehatan Murni

Asuransi murni artinya berdiri sendiri, bukan merupakan asuransi jiwa unit link. Mengapa harus memilih asuransi kesehatan yang murni daripada unit link? Karena jumlah premi yang dibayarkan hanya dialokasikan untuk pertanggungan biaya kesehatan saja.

Sedangkan asuransi unit link membagi-bagikan jumlah premi untuk asuransi jiwa, investasi, dan kesehatan. Tentunya biaya yang harus dibayarkan lebih mahal dibanding asuransi kesehatan murni.

Setelah mengetahui ciri-ciri asuransi kesehatan berkualitas di atas, kini Anda tak perlu bingung lagi produk mana yang akan digunakan. Pilihlah jenis asuransi yang sesuai dengan keuangan Anda dan bermanfaat untuk jangka panjang.

(Visited 6 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply