Daftar Fenomena laut Paling Mengagumkan dan Menakjubkan Kita

Laut adalah kumpulan dari air asin yang sangat banyak dan sangat luas yang ada di permukaan bumi dan menyimpan banyak jenis mahkluk hidup terutama mahkluk hidup akuatik. Selain itu, laut juga memiliki beberapa fenomena alam yang mengagumkan dan menakjubkan bagi kita. Lalu apa saja fenomena-fenomena mengagumkan dan menakjubkan yang ada di laut? Berikut beberapa daftar fenomena laut yang paling menaggumkan dan menakjubkan kita.

 

Fenomena Api di Dasar Laut



Adanya api di dasar laut mirip seperti gunung berapi yang ada di daratan, karena mengeluarkan lava cair dan abu vulkanik. Lava tersebut memiliki suhu mencapai 231 derajat celcius. Meski memiliki suhu yang sangat panas, tetapi panas dari lava tersebut tidak mampu menghangatkan air yang ada di sekelilingnya. Begitu pula air tersebut, tidak mampu memadamkan api yang berasal dari lava tersebut.

Fenomena Sungai di Dasar Laut

Mungkin, mendengar namanya saja kita akan langsung heran. Karena bagaimana caranya di dalam dasar laut terdapat aliran sungai. Akan tetapi fenomena ini memang benar-benar ada, sebab air pada sungai tersebut adalah air tawar yang mengalir di dasar laut yang memiliki air asin. Di sekitar sungai tersebut, juga ditumbuhi oleh berbagai macam tumbuh-tumbuhan hijau seperti tumbuhan yang ada di darat.

Fenomena Air Laut Terpisah

Fenomena ini merupakan salah satu fenomena laut yang paling menakjubkan dan mengagumkan. Fenomena tersebut berada di perbatasan pertemuan antara Samudra Atlantik dengan Mediterania. Akan tetapi, kedua air tersebut tidak bercampur antara satu dengan lainnya. Melainkan, menghasilkan dinding pembatas antara kedua air tersebut.

Fenomena Terbentuknya Bunga Es

Fenomena ini sering terjadi di laut dengan suhu dingin dan terbentuk ketika suhu di laut tersebut sangat dingin serta adanya sedikit angin yang bertiup. Fenomena ini dinamakan bunga es karena memiliki bentuk seperti bunga es, ketika sudah membeku dengan ukuran sekitar 4 cm.

Baca Juga :   Status BBM dan SMS Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H (Lebaran 2015)

Fenomena Brinicle

Brinicle atau air garam es adalah suatu fenomena yang terjadi karena terbentuknya es bawah laut saat air es di laut sangat dingin dan disebabkan adanya kebocoran air yang kaya akan garam dari es laut. Selanjutnya, akan tenggelam dan membentuk es yang sangat unik. Umunya, brinicle terjadi di perairan di kutub utara dan kutub selatan serta berbahaya bagi kelangsungan hewan laut di sekitarnya.

Fenomena Pasang Merah

Fenomena pasang merah atau lebih dikenal dengan istilah red tide adalah fenomena yang disebabkan oleh beberapa spesies dari gangga, sehingga mengakibatkan air di dekat pantai terlihat seolah-olah berubah warna menjadi merah. Dibalik warnanya yang sangat cantik, ternyata fenomena pang merah merupakan produksi racun alami dan dapat menyebabkan kematian bagi beberapa mahkluk hidup laut di sekitarnya.

Fenomena Pusaran Air

Pusaran air adalah fenomena laut yang sering terjadi di berbagai laut. Fenomena ini sangatlah berbahaya bagi manusia, sebab dapat menenggelamkan kapal-kapal atau manusia yang sedang berenang hingga ke dasar lautan.

Fenomena Bioluminescence

Fenomena terakhir adalah Bioluminescence. Fenomena tersebut dapat disebut sebagai fenomena laut terbaik yang pernah ada, sebab sangat mengagumkan dan menakjubkan untuk dilihat. Fenomena laut Bioluminescence terjadi karena adanya reaksi kimia alami yang disebut dengan Bioluminescence, karena sekumpulan mikro organisme di dalam air laut tersebut terganggu oleh adanya oksigen. Karena itulah, mikro organisme Bioluminescence bersinar.

(Visited 53 times, 1 visits today)

Leave a Reply