Daftar Lokasi Hotspot Atau Wifi Gratis Di Tanjung Selor Menuju Kota Smart City

Pengembangan Kota Tanjung Selor sebagai smart city, dalam memberikan layanan akses internet gratis bagi masyarakat. Sebagai sarana edukasi pemanfaatan teknologi informasi dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses pelayanan sistem informasi online.
Sarana penyebarluasan informasi program pembangunan dalam arti luas oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan, baik yang sudah dan akan dilaksanakan. Pemkab Bulungan menyediakan fasilitas hotspot internet gratis di sejumlah sekolah, rumah sakit, rumah ibadah dan tempat umum lainnya. Apalagi Tanjung Selor merupakan ibu kota Kalimantan Utara, sehingga kebutuan akan dunia teknologi sudah diperlukan.
Kemarin (12/8), peresmian fasilitas hotspot internet gratis dilakukan Bupati Bulungan Budiman Arifin yang berlangsung di Tugu Cinta Damai. Terdapat 64 hot spot gratis yang tersedia di 22 lokasi fasilitas umum di Tanjung Selor. “Fasilitas ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Apalagi sudah memasuki zaman era teknologi, segala macam informasi kini bisa didapat dengan mudah melalui internet,” ujar Budiman yang ditemui usai peresmian.
Menurutnya, bagi kalangan masyarakat baik pelajar maupun umum dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Meski demikian, segala bentuk keterbukaan informasi melalui internet tentu harus disaring dengan baik. Fasilitas yang ada saat ini diberikan Pemkab Bulungan secara bebas. “Internet ini harus kita gunakan untuk hal-hal yang positif. Misalnya menambah pengetahuan , pendidikan dan memperluas cakrawala bagi kita,” jelasnya.
Dikatakan Budiman, begitu mudahnya mendapat segala macam informasi, adanya fasilitas internet juga dapat menyebabkan hal-hal yang tidak baik atau sisi negatif. Namun, itu tergantung dari individu masing-masing dalam mengakses teknologi dalam penggunaan internet. “Saya berharap, masyarakat dapat ikut menjaga fasilitas yang telah kita sediakan ini dengan baik. Karena ini demi memajukan sumber daya manusia di Kabupaten Bulungan. Orang tua pun memiliki peran terhadap pengendalian anak dalam mengakses internet, karena ada sisi positif maupun negatif,” tuturnya.
Hal senada diungkapkan Kabag Humas dan Protokol Setkab Bulungan Ratna Sari Ningsih, penyediaan fasilitas hotspot gratis ini dianggarkan sebanyak Rp 600 juta untuk pemasangan dan langganan selama 6 bulan di tahun 2015. “Dari pagu dana itu yang digunakan sekira Rp 314 juta,” sebutnya.
Dia menyebutkan 64 spot tersedia di 22 lokasi terdapat di Lapangan Agatish, Lapangan Ahmad Yani, Masjid Agung Istiqomah, Universitas Kaltara (Unikal), Pelabuhan Kayan II, Puskesmas Tanjung Selor, RSUD, Pasar Induk Sengkawit,  Pujasera, Kuliner Tepian Kayan (Kulteka), SMPN 1, SMPN 2, SMAN 1, SMKN 1, SMKN 2, MAN dan sejumlah fasilitas umum lainnya.
“Ada beberapa lokasi yang belum terpasang access point dan setelah launching, dilaksanakan bertahap hingga selesai,” ungkapnya.

Baca Juga :   8 Artis Ibukota akan menghibur di Pekan Budaya Daerah 2014 di Tanjung Selor Bulungan

Pemasangan akses internet WIFI.ID di 64 spot (22 lokasi) di Kota Tanjung Selor

1. Lapangan Ahmad Yani (4 spot)
2. Taman Tepian Sungai Kayan dan Tugu Cinta Damai (10 spot)
3. Pelabuhan Kayan II untuk penyebrangan domestik (2 spot)
4. Pelabuhan Kayan VIP, Kayan I, Kayan III, Kayan IV dan Kayan V (10 spot)
5. Puja Sera di Kota Tanjung Selor (2 spot)
6. Ruang Tunggu Poli dan Ruang VIP RSUD Tanjung Selor (4 spot)
7. Bandara Tanjung Harapan di Tanjung Selor (2 spot)
8. Perpustakaan Daerah (2 spot)
9. Rumah Jabatan Bupati (2 spot)
10. Rumah Jabatan Wakil Bupati Bulungan (2 spot)
11. Masjid Agung (2 spot)
12. Kuliner Tepian Kayan (2 spot)
13. SMKN 1 Tanjung Selor (2 spot)
14. SMAN 1 Tanjung Selor (2 spot)
15. SMKN 2 Tanjung Selor (2 spot)
16. MAN Tanjung Selor (2 spot)
17. Pasar Induk Tanjung Selor (2 spot)
18. Universitas Kaltara Tanjung Selor (2 spot)
19. Lapangan Agatis (2 spot)
20. SMPN 1 Tanjung Selor (2 spot)
21. SMPN 2 Tanjung Selor (2 spot)
22. Puskesmas Tanjung Selor (2 spot)

(Visited 579 times, 1 visits today)

Leave a Reply