Kadar gula darah terlalu tinggi atau disebut dengan hiperglikemia. Kondisi ini merupakan salah satu medical emergency yang disebut dengan diabetic ketoacidosis atau DKA. Kondisi ini bisa sangat berbahaya sehingga harus diberikan pertolongan dengan secepatnya.

Nah bagi Anda yang mengalami kondisi seperti ini, berikut ini adalah beberapa tips menurunkan kadar gula darah yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan kadar gula dalam darah dalam waktu singkat.

Konsumsi insulin sesuai dengan dosis anjuran

Salah satu penyebab kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi adalah karena jumlah insulin dalam darah yang terlalu rendah. Selain itu ada juga kondisi dimana tubuh tidak bisa menggunakan insulin secara benar sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah tidak bisa diubah menjadi energi.

Untuk mengatasi hal ini cara menurunkan gula darah dengan cepat adalah dengan menggunakan suntikan insulin yang telah diberikan sesuai dosisnya oleh dokter Anda. Jika Anda menggunakan cara ini, pastikan Anda mengecek gula darah Anda setelah 15 hingga 30 menit pasca penyuntikan insulin. Tujuannya adalah untuk memastikan gula darah Anda turun sesuai normalnya atau tidak turun terlalu rendah.

Jika kondisi kadar gula dalam darah tidak kunjung membaik, akan lebih baik jika Anda segera datang ke Rumah sakit untuk melakukan pengecekan dan untuk melakukan tindakan untuk pertolongan kondisi DKA.

Lakukan olahraga

Salah satu tips menurunkan kadar gula darah paling cepat selanjutnya untuk menurunkan kadar gula dalam darah adalah dengan berolahraga. Berolahraga dapat membantu meregulasi kadar gula dalam darah Anda selama 24 jam atau lebih pasca Anda melakukannya.

Hal ini disebabkan karena olahraga dapat membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin. Akan tetapi pastikan Anda melakukan olahraga sesuai dengan kemampuan dan berat badan Anda. Jika Anda melakukan olahraga dalam durasi yang terlalu lama dan terlalu berat, hal ini juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lain untuk jantung Anda.

Pergi ke rumah sakit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gula darah yang terlalu tinggi merupakan salah satu kondisi medis yang sangat membahayakan. Oleh karena itu ketika seseorang sudah tidak bisa melakukan pertolongan pada dirinya, akan lebih baik jika penderita KDA segera mengunjungi rumah sakit terdekat.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kapan Anda harus melarikan diri ke rumah sakit. Hal ini disebabkan karena DKA merupakan salah satu komplikasi yang sangat serius. Anda wajib datang ke rumah sakit jika Anda mengalami beberapa ciri berikut ini :

  • Rasa kebingungan
  • Rasa haus yang berlebihan
  • Intensitas buang air kecil terlalu sering
  • Merasa mual
  • Nafas yang tersengal-sengal dan pendek
  • Perut yang sakit
  • Hingga mengalami muntah.

Mengapa Anda harus segera ke rumah sakit saat kondisi DKA menyerang Anda? Hal ini disebabkan karena gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan ketidakseimbangan cairan di dalam tubuh. Ketidakseimbangan cairan di dalam tubuh ini dapat menyebabkan kondisi tubuh terlalu asam dan dapat menyebabkan kematian.

Selain DKA ada kondisi lain yang menyebabkan Anda harus hati-hati saat memiliki masalah dengan kadar gula dalam darah hal ini adalah HHS. HHS atau hyperglycemic hyperosmolar syndrome yang tidak kalah berbahaya.

Demikian tips menurunkan kadar gula darah yang bisa kami berikan, semoga ulasan ini dapat membantu Anda lebih waspada dan lebih sigap dalam menghadapi kondisi kadar gula berlebihan dalam darah Anda.

(Visited 41 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini