Definisi serta Jenis Kartu Kredit

belanja dengan kartu kredit

Kartu kredit adalah kartu yang diterbitkan oleh bank agar si pengguna dapat memenuhi kebutuhan dan membayarkan kewajibannya secara utang dan pemegang harus membayar tagihan sesuai waktu yang telah ditetapkan oleh pihak bank. Singkatnya kartu ini memberikan pinjaman sementara kepada pengguna.

Untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari pihak bank/lembaga keuangan untuk mendapatkan kartu kredit, calon pemegang harus menyerahkan beberapa persyaratan seperti rekening bank, slip gaji dan keterangan kredit seperti kredit perumahan atau kredit kendaraan bermotor. Tujuannya adalah untuk mengetahui kredibilitas calon pemegang agar tidak bermasalah di kemudian hari.

Hal-hal yang berkaitan dengan kartu kredit:

Jatuh Tempo
Adalah tanggal dimana anda harus membayar tagihan kartu kredit. Umumnya jatuh tempo ini 14 sampai 20 hari dari tanggal dimana semua transaksi yang anda lakukan dibukukan.

Saldo Lama
Merupakan total tagihan pada bulan sebelumnya yang harus dibayarkan oleh nasabah kartu kredit.

Limit Kartu Kredit
Yang dimaksud limit adalah jumlah maksimal transaksi yang dilakukan dan besarnya bervariasi tergantung kartu kredit jenis apa (silver, gold atau platinum). Jenis silver memberikan limit 3 juta dan platinum memiliki limit maksimal 30 juta rupiah. Kalau melakukan transaksi melebihi limit (over limit) akan dikenakan bunga.

Cetak billing
Adalah tanggal dimana semua transaksi yang telah dilakukan dengan kartu kredit akan dibukukan. Contohnya cetak billing pertama tanggal 12 februari maka transaksi anda selama tanggal 13 februari hingga 12 maret akan dibukukan

Limit Gabungan
Jika anda memiliki kartu tambahan misalnya atas nama anggota keluarga lain maka limit kartu kredit tersebut dinamakan limit gabungan.

Pembayaran minimum
Adalah jumlah uang minimal yang harus anda bayarkan sebelum tanggal jatuh tempo dan besarnya 10% dari total tagihan anda.

Baca Juga :   Sejarah Munculnya Kartu Kredit Di Dunia

Saldo Baru
Merupakan sisa tagihan yang menunggak ditambah total tagihan baru.

Batas pengambilan uang tunai
Merupakan jumlah maksimal jika anda mengambil uang tunai dengan kartu kredit di ATM. Besarnya ini maksimal 70-80% dari total limit yang anda miliki.

Macam-macam kartu kredit:

Kartu Kredit Nasional
Kartu kredit yang hanya berlaku untuk wilayah tertentu saja misalnya Indonesia.

Kartu Kredit Internasional
Merupakan kartu yang berlaku untuk melakukan transaksi di beberapa negara. Merk dari kartu kredit jenis ini yang paling terkenal adalah visa dan master card. Sebagian besar penduduk di negara-negara maju menggunakan dua merk ini. Kartu kredit yang banyak digunakan untuk transaksi:

Visa
Kartu kredit internasional yang operasionalnya tergantung dari lisensi perusahaan visa internasional dan telah digunakan lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia

Master Card
Dimiliki oleh perusahaan master card internasional

Carte Blanc
Dimiliki oleh Citicorp

Kartu kredit yang baik juga memiliki ciri-ciri antara lain:

Proses pembuatannya cepat dan tidak bertele-tele
Bunga yang dibebankan tergolong rendah
Jaringan yang dimiliki luas sehingga bisa digunakan kapan saja dan dimana saja
Syarat untuk mendapatkannya ringan dan mudah
Sudah lumayan mengerti tentang kartu kredit? Anda bisa juga menanyakan informasi lebih mendetail kepada bank jika ingin mendapatkan pengetahuan lebih banyak seperti yang anda inginkan. Dibandingkan bertransaksi dengan uang tunai, menggunakan kartu kredit memiliki lebih banyak keuntungan.

Artikel Terkait Kartu Kredit :

Baca Juga :   Manfaat Mempunyai Kartu Kredit

(Visited 20 times, 1 visits today)
Rate this article!

Leave a Reply