Facebook Membeli Perusahaan Penyedia Layanan GIF GIPHY Seharga $400 Juta

Giphy adalah situs yang menyediakan gambar-gambar dalam format .GIF atau gambar animasi yang bergerak. Semua pengguna Faceboook, WhatsApp, Instagram menyukai animasi GIF dan sering menggunakannya untuk mengekspresikan sesuatu pada kolom komentar.

Kabar baiknya, Perusahaan Facebook baru saja mengumumkan bahwa mereka telah membeli layanan berbagi .GIF tersebut. Menurut laporan dari situs Axios , Facebook membeli layanan berbagi GIF tersebut seharga 400 juta USD.

Kenpa Facebook Membeli GIPHY Layanan Berbagi GIF?

Facebook telah memposting di blog mereka tentang rencananya setelah membeli GIPHY. Facebook dari dulu sudah menggunakan API GIPHY untuk WhatsApp , Messenger, Instagram, dan Facebook sehingga pengguna bisa membuat dan mengirim gambar animasi bergerak didalam Chat atau kolom komentar.

Karena sekarang Perusahaan tersebut telah memiliki layanan GIPHY, mereka berencana untuk mengintegrasikan layanannya lebih banyak ke dalam Instagram dan aplikasi lainnya.

Facebook mengatakan, “Dengan menyatukan Instagram dan GIPHY, kita dapat mempermudah orang untuk menemukan Gambar Bergerak (GIF) dan stiker yang sempurna di Stories dan Direct Messege (DM).”

Walau sudah dibeli Facebook, dalam postingan blog mereka mengatakan bahwa perusahaan GIPHY akan terus melanjutkan  layanan konten librarynya seperti dulu. Sehingga kita bisa bebas membuat gambar bergerak sesuai dengan kemauan kita.

Selain facebook, ada banyak layanan lain yang mengandalkan API GIPHY untuk menyajikan gambar animasi kepada penggunanya. Facebook mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan itu akan terus memiliki akses ke API Giphy.

Perusahaan yang dimaksud ialah Twitter, Pinterest, Slack, Reddit, dan lainnya. Walaupun begitu, perusahaan-perusahaan itu harus memilih apakah akan tetap menggunakan layanan GIPHY atau mencari alternatif lain, karena layanan ini sekarang dimiliki oleh Facebook.

Membuat Gambar Bergerak GIF di Giphy

GIF atau Gambar bergerak biasanya digunakan untuk mengekspresikan suatu hal, biasanya GIF terdapat pada kolom komentar facebook, Inststory, Messenger, dan Direct Message.

Ada banyak pilihan GIF untuk mengekspresikan sesuatu, tapi bagaimana kalau kita ingin membuat GIF dengan foto diri kita sendiri?

Begini cara membuat GIF sendiri menggunakan layanan GIPHY

1. Buat Akun dan Mulai membuat GIF

Agar bisa membuat gif tentu saja kita harus mempunyai akun Giphy-nya terlebih dahulu. Saran saya, disarankan menggunakan Facebook untuk membuat akaunnya biar gak perlu ribet verifikasi email atau semacamnya. Silahkan klik Join with Facebook.

DAFTAR MENGGUNAKAN FACEBOOK

 

2. Upload Gambar atau Video yang akan dibuat GIF

Setelah login kemudian Klik “Create“. dan akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini.
masukan gambar gif
Untuk membuat gif, kita membutuhkan 2 gambar agar gambar itu bergerak.
Silahkan masukan gambar atau video yang akan di jadikan GIF. Bisa upload dari komputer atau menggunakan URL website lain.

3. Edit GIF di Giphy

edit sesuai selera

Setelah mengupload gambar, kita bisa menambahkan teks, stickers, dan filters pada gambar kita. Dan kita juga bisa membuat teks tersebut memiliki animasinya tersendiri.

Setelah selesai membuat GIF, selanjutnya scroll ke yang paling bawah dan klik ‘Continue to Upload’. Gif ini nantinya akan diupload ke dalam database Giphy.

Jangan lupa berikan Tags agar gambar kita bisa dilihat dan dipakai banyak orang.

Beginilah  contoh GIF Logo yang saya buat. Sederhana Bukan?

(Visited 1 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply