Gadai Emas di Pegadaian Syariah Meningkat Jelang Lebaran

Gadai Emas di Pegadaian Syariah Meningkat Jelang Lebaran

Kebutuhan uang masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dan masa-masa jelang Lebaran kian meningkat. Tantangan ekonomi yang semakin sulit membuat masyarakat mau tidak mau harus mencari cara untuk bertahan hidup. Gadai emas di Pegadaian Syariah menjadi salah satu solusinya.

Pada keadaan biasa, PT Pegadaian (Persero) memang selalu mendapatkan lonjakan nasabah. Akan tetapi, pada tahun ini, lonjakannya lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Pademi Covid-19 sedikit banyak menjadi pemicu utama masyarakat untuk datang ke pegadaian.

Lebih lanjut, Basuki Tri A. selaku Kepala Humas Pegadaian mengatakan bahwa sampai saat ini barang jaminan di pegadaian yang mendominasi adalah emas. Gadai emas melonjak di angka 95%, sedangkan sebanyak 5% sisanya adalah barang jaminan non emas, misalnya kendaraan bermotor, barang elektronik, hingga alat rumah tangga.

Sampai bulan Maret 2020, PT Pegadaian (Persero) telah menerima sebesar Rp36,3 triliun, baik gadai konvensional maupun gadai Syariah. Pencapaian tahun ini mengalami kenaikan drastis jika dibandingkan dengan tahun 2019 lalu di periode yang sama.

“Jika kita bandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama, ada peningkatan hingga 18 persen,” ungkap Basuki pada Senin, 27 April 2020 lalu.

Selain Gadai Emas, Gadai Kendaraan Bermotor juga Ikut Meningkat

Gadai Emas di Pegadaian Syariah Meningkat Jelang Lebaran

Seperti yang sudah disebutkan di atas, barang yang mendominasi Pegadaian 95% memang emas atau perhiasan emas. Akan tetapi, bukan berarti jenis barang lainnya mengalami penurunan.

Sejak April 2020, salah satu cabang pegadaian yang mengalami peningkatan drastis ialah Pegadaian Cabang Juanda. Menurut Muhammad Haikal, Pimpinan Pegadaian Cabang Juanda, Pegadaian Cabang Juanda mengalami peningkatan omset di angka 15% – 20% pada April 2020. Angka ini jelas lebih tinggi daripada tahun-tahun yang lalu.

“Kalau hari-hari normal, biasanya Pegadaian Juanda hanya mengeluarkan uang antara Rp600 juta – Rp650 juta. Akan tetapi, belakangan ini Pegadaian bisa mengeluarkan uang hingga Rp1 miliar – Rp1,1 miliar,” ujar Haikal pada 15 Mei 2020 kemarin pada tim Republika.

Sama seperti cabang pegadaian lainnya maupun pegadaian syariah, barang yang digadaikan didominasi oleh emas dan perhiasan. Kemudian, selain logam mulia, peringkat kedua ditempati oleh kendaraan bermotor.

“Penggadaian kendaraan bermotor pun mengalami peningkatan. Biasanya, dalam sebulan, hanya ada 2-3 mobil yang digadaikan oleh masyarakat. Di tengah pandemi dan menjelang Lebaran, penggadaian kendaraan mobil meningkat menjadi 5 – 6 unit per bulan. Kemudian, kendaraan roda dua atau motor pun ikut meningkat. Dari yang awalnya hanya 5 unit per bulan meningkat jadi 10 – 15 unit,” tutur Haikal lebih lanjut.

Masyarakat yang menggadaikan barang umumnya adalah IRT, karyawan, pemilik UMKM, dan pengusaha. Kondisi sulit seperti ini mau tidak mau menuntut masyarakat untuk mendapatkan pinjaman dana cepat. Pegadaian Konvensional dan Pegadaian Syariah menjadi solusi yang banyak dipilih oleh masyarakat.

Alasan Gadai Emas di Pegadaian Syariah Banyak Dipilih Masyarakat

Gadai Emas di Pegadaian Syariah Meningkat Jelang Lebaran
Ilustrasi Pegadaian Syariah

Sekarang ini, sudah banyak masyarakat yang menginginkan pinjaman tanpa riba. Untuk kebutuhan tersebut, Pegadaian Syariah milik pemerintah adalah solusi yang tepat. Pegadaian Syariah menyediakan pinjaman sesuai dengan syariat Islam.

Selain alasan tersebut, alasan lain mengapa masyarakat banyak menggadaikan emas di Pegadaian Syariah adalah karena outlet Pegadaian Syariah tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Kemudahan akses juga menjadi alasan lainnya.

Keuntungan lain melakukan gadai emas di Pegadaian Syariah adalah prosedur pengajuannya mudah, cepat, dan terbuka untuk pinjaman Rp50 ribu hingga miliaran rupiah. Jangka waktu pinjaman juga fleksibel sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Itulah berita terbaru seputar gadai emas di Pegadaian Syariah. Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Peluang Usaha 2022 Klik Disini COD Free Ongkir Klik Disini