Hal yang Biasa Ada di Hari Raya Idul Fitri yang Pastinya Menarik

Hari raya Idul Fitri merupakan hari besar yang paling dinanti semua umat Islam karena bisa berkumpul dengan semua anggota keluarga. Bukan hanya itu saja terdapat beberapa hal yang biasa ada di hari raya Idul Fitri dan tidak bisa ditemukan di hari biasa.

Idul Fitri memang mempunyai atmosfer yang berbeda. Itulah yang membuat Idul Fitri selalu istimewa dan dinanti semua.

Beberapa Hal yang Biasa Ada di Hari Raya Idul Fitri

Berkunjung ke tempat sanak saudara menjadi salah satu tradisinya. Setiap rumah yang dikunjungi mempunyai hal yang biasa ada di hari raya Idul Fitri dan biasanya tidak jauh berbeda antara satu rumah dengan rumah yang lain. Hal tersebut antara lain.

  1. Ketupat

Ketupat menjadi hal yang biasa ada di hari raya Idul Fitri. Hampir di setiap rumah selalu menyediakan makanan ini. Ketupat menjadi makanan pengganti nasi yang dibungkus dengan daun kelapa atau janur. Tidak lengkap rasanya merayakan Idul Fitri tanpa adanya hidangan ketupat yang bercita rasa gurih dan nikmat.

Ketupat sendiri merupakan sebuah simbol sebagai rasa permintaan maaf dan pengakuan akan kesalahan. Tradisi membuat ketupat ini sudah dimulai sejak dulu sejak zaman Sunan Kalijaga.

Ketupat biasa disantap dengan sayur pelengkap seperti opor ayam dan kerupuk udang. Masyarakat biasa menyantap ketupat ini sesaat setelah shalat Idul Fitri secara bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya. itulah yang semakin membuat ketupat semakin nikmat dengan atmosfer kebersamaan.

  • Sambel Goreng Ati

Hidangan lainnya yang selalu ada lainnya adalah sambel goreng ati. Makanan ini mempunyai rasa pedas, gurih, dan manis. Sambel goreng ati bisa disantap bersama dengan ketupat atau dengan nasi putih hangat. Ati yang digunakan adalah ati ampela ayam yang lebih mudah untuk didapatkan.

Baca Juga :   Kalimantan Utara Akan Bangun Jembatan 3 Km

Kalau tidak suka dengan ati ampela ayam, bisa menggunakan ati sapi. Hanya saja harga hati sapi juga lebih mahal dan harus ke supermarket untuk membelinya. Untuk urusan rasa sama nikmatnya jadi Kamu tidak perlu bingung ingin yang mana.

Walaupun namanya sambel tetapi makanan yang satu ini tidak sepedas yang dibayangkan. Sambel goreng ini biasa divariasikan dengan petai dan kacang kapri yang ikut dimasukkan langsung saat proses memasak. Tidak salah sambel goreng ati selalu diincar oleh masyarakat selain ketupat.

  • Kue Nastar

Hal yang biasa ada di hari raya Idul Fitri lainnya adalah kue nastar. Kue kering lebaran paling laris ini selalu disiapkan sebagai suguhan para tamu yang berkunjung. Yang membuat kue nastar diminati adalah rasa gurih kue bagian luar yang dipadukan dengan rasa manis di bagian dalam dari selai nanas menjadikan kue yang satu ini diminati dan tidak lengkap kalau tidak ada nastar di meja.

  • Opor Ayam

Makanan lain yang tidak boleh ketinggalan saat Lebaran adalah opor ayam. Rasa gurih santan yang dipadukan dengan kelezatan ayam pasti tidak mungkin terlewatkan. Apalagi tidak lengkap rasanya menyantap ketupat tanpa opor ayam.

Kamu bisa memakai ayam kampung supaya lebih nikmat lagi. Hanya saja butuh proses pemasakan yang lebih lama dibandingkan dengan ayam biasa. Untuk urusan rasa, ayam kampung lebih nikmat dan lebih rendah kolestrol. Itulah beberapa hal yang biasa ada di hari raya Idul Fitri. Belum lengkap rasanya Lebaran Kamu tanpa adanya hidangan-hidangan tadi.

(Visited 32 times, 1 visits today)

Leave a Reply