Hati-hati Mainan Laser ini Penyebab Kebutaan

Jika Tak Hati-hati, Anak Bisa Buta Gara-gara Mainan Laser

unduhanMainan yang dilengkapi laser banyak disukai anak-anak karena terlihat keren dan canggih. Tapi sebagai orang tua, Anda harus tahu bahwa laser pada mainan itu bisa saja berbahaya bagi anak, terutama berisiko menyebabkan cedera mata hingga kebutaan.

Peringatan ini dikeluarkan oleh Food and Drug Administration (FDA), AS baru-baru ini. “Sinar laser yang langsung mengena mata seseorang dapat melukainya secara instan, terutama jika sinarnya begitu kuat,” ungkap staf promosi kesehatan dari Center for Devices and Radiological Health FDA, Dan Hewett seperti dilansir Health Day.

Sejumlah mainan berlaser yag berbahaya bagi anak antara lain:

– Laser yang dipasangkan pada senapan mainan dan dapat digunakan untuk membidik seseorang/sesuatu
– Mainan semacam gasing yang mengeluarkan cahaya laser ketika berputar
– Laser genggam yang biasanya ada pada mainan seperti pedang laser
– Sinar laser yang digunakan untuk menciptakan efek optik di ruang terbuka seperti panggung konser

unduhan-1

“Belakangan FDA tertarik pada mainan berlaser karena anak-anak kerap dilukai oleh produk ini. Para produsen sendiri cenderung mempromosikan mereka sebagai mainan jadi banyak orang tua dan anak yang percaya jika mainan ini aman,” timpal Hewett.

Bahkan Hewett menambahkan dalam beberapa tahun terakhir kekuatan sinar laser yang ada pada mainan anak-anak malah meningkat di saat harga mainan-mainan itu justru menurun.

Untuk itu, FDA memberikan sejumlah tips penggunaan mainan laser yang aman bagi anak-anak, yaitu:

– Jangan pernah mengarahkan sinar laser secara langsung ke mata manusia atau hewan. Energi yang berasal dari laser yang diarahkan ke mata dipastikan berbahaya, bahkan bisa jadi lebih berbahaya daripada menatap langsung ke matahari.

Baca Juga :   Inilah Faktor Agar Anda Terhindar dari Obesitas

– Jangan mengarahkan sinar laser ke berbagai permukaan yang bisa memantulkan cahaya

– Ingatlah bahwa efek sinar yang tajam seperti laser ini dapat menyebabkan kecelakaan serius misalnya jika diarahkan ke pengendara mobil atau mengakibatkan cedera pada orang-orang yang tengah melakukan aktivitas lainnya seperti olahraga

– Jika memungkinkan, carilah mainan berlaser yang mengandung informasi tentang 21 CFR (the Code of Federal Regulations), Subchapter J. “Kalau Anda membeli sebuah mainan berlaser atau pointer tapi tak melihat informasi tersebut pada labelnya, sebaiknya jangan membuat asumsi macam-macam tentang keamanan mainan itu,” tandas Hewett.

(Visited 83 times, 1 visits today)

Leave a Reply