Heboh Kabar 500 Juta Akun Yahoo Di Bobol, Apa Yang Harus kita Lakukan!

yahoo-di-bobol

Yahoo mengakui servernya diretas atau di bobol, dan setidaknya ada sekitar 500 juta akun penggunanya yang dicuri, yang dianggap sebagai pembobolan terbesar di dunia sampai saat ini.

Menurut Yahoo, pembobolan itu adalah aksi yang disponsori oleh sebuah negara, meski mereka tak menyebut negara mana yang mendukung aksi tersebut, seperti yang dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (23/9/2016).

Data-data pengguna yang dicuri dalam pembobolan itu antara lain 5 data penting seperti nama, alamat email, nomor telepon, tanggal lahir dan password yang terenkripsi.

Meski password ikut tercuri, menurut Yahoo hal ini masih aman karena datanya masih terenkripsi, sehingga data seperti kartu kredit dan informasi rekening bank tak ikut tercuri.

Pencurian sebesar ini memang belum pernah terjadi sebelumnya, karena data yang tercuri sangatlah besar, lebih dari tiga kali lipat dibanding serangan yang sebelumnya pernah terjadi ke situs eBay. Peretasan ini memang sudah terjadi sejak 2014 lalu, namun Yahoo baru menyadarinya pada Agustus 2016 lalu. Yaitu setelah adanya serangan lain yang terjadi pada bulan itu, yang kemudian mengungkap serangan yang terjadi pada 2014 tersebut.

Apa yang harus kita lakukan ? Ganti password anda Sekarang Juga

Berkaitan dengan peretasan ini, Yahoo merekomendasikan kepada semua penggunanya untuk segera mengganti password terlebih bagi mereka yang tidak pernah melakukan penggantian password sejak tahun 2014.

Tips bagaimana untuk membuat agar password akun apapun yang Anda miliki tetap terjaga keamanannya. Berikut ini empat tips yang bisa mulai Anda lakukan seperti di kutip dari blog maxmanroe :

1. Jangan Menggunakan Password Yang Sudah Umum

Seorang teman saya pernah meminta bantuan untuk memperbaiki kerusakan di dalam blog WordPress miliknya. Lalu dia memberikan username dan passwordnya pada saya. Waktu itu saya sangat kaget karena password WP login blognya sangat mudah dan rentan kena dibajak. Waktu itu dia pakai username “admin” dan passwordnya “123456789”. Langsung saya suruh ganti dengan username dan password baru yang tidak umum.

Baca Juga :   Lama Bermain Computer Membuat Remaja Alami Tulang Rapuh

Sama halnya dengan akun email dan akun media sosial. Sebaiknya kita tidak menggunakan password yang sangat mudah ditebak dan rentan diambil alih orang lain.  Contoh password yang tidak kuat: password, 123456789, secret, nama. Kalau saat ini Anda menggunakan model password seperti ini, maka sebaiknya segeralah menggantinya sebelum menjadi korban pembajakan. Memang password yang kuat tidak selalu menjamin keamanan akun kita, tapi setidaknya kita sudah memberikan pengamanan yang baik pada akun kita.

2. Menggunakan Simbol-simbol Yang Unik Dalam Password

Salah satu cara untuk membuat password atau sandi akun Anda lebih kuat adalah dengan menggunakan simbol-simbol.

Contohnya:  |=(0_+)?  atau  !~(-_-“)~?  atau  *8(^_^)~!   dan masih banyak lagi, ini hanya contoh ya!

Gabungan simbol-simbol ini memang terlihat cukup sederhana, namun jauh lebih kuat dibandingkan dengan password yang sudah umum seperti di atas.

3. Menggunakan Angka dan Simbol

Cara lain untuk menciptakan password yang kuat dan mudah diingat adalah dengan menggabungkan angka dan simbol unik. Yang perlu kita ingat adalah menciptakan kombinasi angka dan simbol yang mudah diingat, misalnya membuat rumus perhitungan matematika.

Contohnya: 19+20=39 atau (10+10)x10=200 dan masih banyak lagi, ini hanya contoh.

4. Menggunakan Kombinasi Huruf, Angka, dan Simbol Dalam Password

Menurut saya ini adalah cara yang paling baik untuk membuat password yang lebih kuat. Biasanya password seperti ini tidak bisa ditembus oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab karena menggunakan variasi yang rumit.

Contohnya: Ber2$aTu7aN* (berdua satu tujuan) atau P4caRko3_C4nT!k (pacar ku cantik)

Kalau sepintas kita lihat seperti bahasa anak alay ya hehehe. Tapi password seperti ini adalah yang paling aman dan hampir tidak mungkin bisa dipecahkan oleh seorang pencuri. Walaupun karakter yang kita ciptakan terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol, akan lebih baik bila password yang diciptakan itu memiliki sebuah arti agar lebih mudah untuk mengingatnya.

Baca Juga :   LIVE STREAMING TV LOKAL Sudah Bisa Ditonton Langsung di BBM

5. Menggunakan Password Yang Berbeda Untuk Setiap Akun

Ada gunanya juga bila Anda membuat password yang berbeda untuk setiap akun di internet. Misalnya untuk akun twitter menggunakan password seperti poin 2 di atas, maka akun twitter bisa menggunakan password seperti poin 3, dan lain-lain, tergantung kebutuhan dan keingingan Anda. Ini adalah upaya pencegahan ketika password salah satu akun di internet, misalnya Facebook diketahui si pencuri, akun Anda di tempat lain tidak bisa dibajak dengan password yang sama.

 

(Visited 98 times, 1 visits today)

Leave a Reply