Pandemi ini meski membawa dampak buruk namun juga membawa perkembangan yang baik bagi bangsa terutama dalam hal perkembangan digital. Semua kalangan mau tidak mau harus mengikuti perkembangan digital untuk dapat melakukan aktivitasnya dikala pandemi salah satunya dengan menggunakan media digital sebagai sarana untuk menyampaikan informasi.

Hanya saja kendala yang sering dialami adalah terkadang audiensi kurang bisa memahami informasi yang diberikan melalui media digital. Untuk mempermudah pemahaman terhadap informasi yang diberikan biasanya orang menggunakan metode voice over yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Namun kini hadir Aural digital yang memberikan solusi dengan harga yang terjangkau.

Apa Itu Aural Digital

Untuk mempermudahnya mari kita belajar apa itu Aural digital dengan bahasa yang lebih sederhana. Aural digital adalah Web tools yang yang dapat mengkonversikan teks menjadi suara atau biasanya dikenal dengan text to speech. Pada masa sekarang ini penggunaan aural digital tentu akan sangat membantu.  

Mulanya aural ini digunakan oleh pilot yang sedang menempuh pendidikan. Sehingga mereka bisa belajar melalui audio yang dapat diputar berulang kali dimanapun mereka berada. Kini teknologi ini digunakan dalam semua aspek kehidupan karena sangat membantu dalam memberikan informasi.

Bahasa Yang Tersedia

Jika kamu pernah mencoba bermain menggunakan Google text-to-speech maka kamu akan mendengar pelafalan kata yang kamu ketikkan dalam bahasa Indonesia terdengar sedikit asing atau kaku. Berbeda dengan Aural digital, Di sini kamu akan menemukan voice over yang jauh lebih baik. 

Web-based tools aural digital ini dikembangkan dengan pelafalan serta logat bahasa Indonesia yang sangat baik. Ini karena mulanya aural digital ini digunakan untuk membantu mereka membutuhkan pelafalan jelek dalam bahasa Indonesia. Kini Aural digital telah dikembangkan untuk membantu mereka yang ingin menyampaikan atau memberikan informasi secara lebih jelas. 

Untuk sementara ini ada tiga bahasa yang tersedia pada tools ini. Bahasa yang pasti tersedia yaitu Indonesia, Arab dan Inggris (USA). Tidak menutup kemungkinan bahasa lain juga akan tersedia seiring dengan perkembangannya. 

Penggunaan Aural Digital

Aural digital sangat cocok digunakan oleh berbagai macam kalangan. Bagi anda seorang yang bergerak dalam institusi pendidikan tentu sangat perlu menggunakan tools ini. Jadi anda bisa menyampaikan materi secara baik dan jelas kepada audiens.

Selain pengajar, kalangan profesional juga perlu menggunakan tools ini untuk memberikan informasi kepada kolega atau kliennya. Bahkan seorang ibu rumah tangga atau orang tua sekalipun juga cocok menggunakan tools ini untuk memberikan pembelajaran atau nasehat kepada putra-putrinya ketika mereka sedang sibuk.

Bagaimana dengan youtuber? Bagi mereka tentu tools ini merupakan senjata rahasia yang wajib mereka miliki. Tujuannya tentu agar konten lebih jelas dan informatif. Youtuber dengan tema konten apapun tentu sangat cocok jika menggunakan Aural digital termasuk para traveller.

Seperti yang biasa terlihat terkadang ketika traveling, audio di sekitar lokasi kada mengganggu proses perekaman. Dan agar informasi yang diberikan lebih jelas maka diperlukan adanya voice over. Namun terkadang bagi youtuber atau traveler biaya untuk talent voice over ini tidaklah sedikit. Untuk itu menggunakan aural digital bisa membantu mereka. 

Aural digital juga sangat cocok digunakan oleh advertiser maupun perusahaan yang ingin menawarkan atau mempromosikan produknya. Tim narator perusahaan juga disarankan untuk menggunakan tools ini dibanding take suara bos yang kadang kurang maksimal hasilnya. 

(Visited 7 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini