Informasi Investasi Reksadana Gratis: Invofesta, IPOTFUND dan Bareksa

Pertumbuhan pesat kelas menengah ke atas di Tanah Air tidak bersamaan dengan pengetahuan serta kesadaran yang baik akan keuangan dan juga investasi.

Salah satu bukti kurangnya pengetahuan adalah kasus investasi bodong. Kemajuan teknologi bisa memungkinkan seseorang untuk meretas lebih banyak Informasi mengenai Investasi Reksadana Gratis yang diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang lebih dalam.

Menurut sejumlah survei keuangan, kesadaran masyarakat Indonesia menganai keuangan termasuk yang paling rendah di Asia Tenggara. Kita ambil contoh di bidang reksadana.

Penetrasi kepemilikan reksadana di masyarakat indonesia ternyata masih rendah yaitu kurang dari 10 persen. Padahal pola pengelolaan modal tersebut adalah salah satu instrumen investasi yang sangat penting. Belum lagi soal alokasi dana pensiun, yang memang kelihatannya belum banyak dimiliki masyarakat.

Dalam kondisi tersebut perlu adanya edukasi keuangan yang bisa dengan mudah diakses secara murah, karena hal tersebut kini bisa diakses melalui informasi investasi secara online.

Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki informasi online semacam ini adalah Penjelasan mengenai produk investasi saham, reksadana, emas, obligasi, dan lain sebagainya disajikan secara lengkap.

Monitoring pergerakan harga investasi juga bisa dilakukan secara online real-time. Data tersebut tersedia secara gratis dan lengkap. Selanjutnya untuk anda yang berminat untuk berinvestasi di reksadana dan saham, informasi mengenai investasi online atau aplikasi berbasis web bisa membantu mempercepat serta mempermudah proses karena nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang sekuritas.

Kendala jumlah investasi tersebut dibantu dengan aplikasi karena nilai minimal investasi menjadi terjangkau, yaitu mulai dari Rp 100 ribu, kenapa bisa murah investasi secara online karena biaya operasional aplikasi online yang memang rendah.

Baca Juga :   Mengenal Reksadana

Posisi portfolio per hari pun bisa dilihat secara online real-time. Hal ini berbeda dengan transaksi offline yang posisi portfolio hanya terlihat di akhir bulan saja.

Infomasi mengenai Investasi Reksadana bisa dilihat dari kelebihan aplikasi berbasis web atau informasi investasi secara online, berikut beberapa website yang bisa memberikan edukasi investasi secara gratis dan juga cukup komprehensif. Diantaranya adalah :

#1 Infovesta.com


Yang pertama adalah infovesta.com yang menyajikan berbagai macam informasi mengenai investasi online secara gratis, termasuk berita terbaru mengenai harga reksadana serta laporan kinerja investasi.

Tersedia juga buletin gratis yang berisi tentang tulisan dari berbagai pakar investasi, tidak hanya dari pengelola portal situs saja tetapi juga manajer investasi atau fund manager mengenai instrumen serta cara berinvestasi.

Yang menarik dari infovesta.com adalah berbagai tools investasi yang disajikan.

Peringkat reksadana yang digunakan untuk meranking guna mengevaluasi produk reksadana manasaja yang terbaik.

Kemudian, ada juga index reksadana yang merupakan benchmark untuk menentukan apakah kinerja Reksadana tersebut baik atau tidak baik. Index reksadana ini juga dibuat berdasarkan jenisnya karena masing – masing jenis reksadana punya profil return dan risiko yang berbeda.

Lalu, alat deteksi potensi gagal bayar (default) yang digunakan oleh para investor obligasi serta alat untuk memilih saham terbaik dengan metode tertentu.

Memang tidak semua tools ini gratis karena ada sebagian yang berbayar yang terutama digunakan untuk alat analisa tingkat lanjut.

#2 IPOTFUND.com


Selanjutnya adalah IPOTFUND.  Ini adalah supermarket reksadana online. Mereka menyampaikan edukasi mengenai cara dan strategi memilih reksadana secara cuma-cuma.

Ada lebih dari 113 reksadana dari lebih 26 manajer investasi yang bisa dievaluasi dalam situs ini.

Baca Juga :   Kartu Akses KSEI Untuk Nasabah Reksadana

Menariknya lagi, setiap Reksadana tersebut bisa dibandingkan kinerjanya satu sama lain supaya pengunjung bisa mendapatkan reksadana terbaik. Rasanya seperti saat kita hendak membeli gadget, dan membandingkan dua produk yang menjadi incaran. Mudah dan menyenangkan.

Ada pula fitur fund selection untuk menseleksi Reksadana berdasarkan berbagai indikator yang bebas dipilih. Fitur ini mempermudah dan mempercepat proses pemilihan Reksadana.

Yang membedakan dalam situs ini adalah adanya platform perdagangan Reksadana dimana investor bisa langsung mengaplikasikan pengetahuannya dengan minimum investasi yang cukup terjangkau mulai dari Rp 100 ribu per transaksi.

#3 Bareksa.com


Terakhir adalah Bareksa.com yang adalah portal keuangan yang menyajikan berbagai informasi lengkap mengenai kinerja dan berita terkini investasi.

Hal yang cukup menarik adalah adanya bagian khusus mengenai pendidikan investasi. Bagian itu disebut Learning Center, pengunjung bisa mendapatkan berbagai info dasar dan sederhana tentang dunia investasi. Tersedia pula penjelasan istilah-istilah teknis pasar modal.

Sama seperti infovesta.com dan IPOTFUND, situs ini juga memiliki fitur peringkat dan perbandingan kinerja investasi.

Dibandingkan keduanya, situs ini punya coverage informasi dan analisa yang lebih luas menyangkut Reksadana, Saham, Obligasi dan ekonomi makro. Meskipun beberapa info berbayar.

Yang juga menarik adalah hadirnya sarana belajar investasi gratis yang penyampaiannya bisa dipilih, yaitu tatap muka di kelas tiap akhir pekan, lewat chatting (whatsap dan line) atau twitter.

Kesimpulan
Hadirnya aplikasi teknologi secara online untuk investasi menawarkan kemudahan dan keleluasaan buat masyarakat. Pendidikan keuangan jadi lebih mudah diakses dan pengunjung bisa pula mendapatkan informasi terbaru dan monitoring kinerja investasi mereja secara komprehensif dengan cuma – cuma.

Harapannya, dengan adanya aplikasi semacam ini, pengetahuan masyarakat bisa berkembang lebih baik dan bisa lebih pintar dalam mengelola keuangan serta investasi mereka.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a Reply