Air conditioner atau ac bukan hanya fitur yang tersedia untuk ruangan saja tetapi juga mobil. Kabin akan terasa sejuk dan membuat penumpang nyaman dengan hadirnya ac. Hanya saja sebagai pemilik kendaraan Anda harus tahu apa saja perawatan yang harus dilakukan.

Salah satu perawatan penting adalah rutin servis di bengkel resmi yaitu Suzuki United Indo Bali. Pada saat servis bukan hanya mesin mobil saja yang dicek tetapi juga ac, mulai dari freon, blower, cooling fan dan sistem kerjanya.

Selain memeriksakan kendaraan ke bengkel resmi, ada juga perawatan sederhana yang bisa dilakukan sendiri. Ikuti apa saja langkah perawatan yang harus dilakukan.

5 Perawatan Sederhana AC Mobil yang Wajib Dilakukan

Tanpa adanya perawatan yang benar, kerusakan sistem ac lebih cepat terjadi dibandingkan mesin mobil. Contohnya saja freon yang kurang atau habis membuat ac menyala tanpa memberikan angin sejuk.

Kerusakan juga sering terjadi karena filter ac tersumbat karena jarang dibersihkan. Hal paling parah adalah ac mengeluarkan bunyi dan terjadi overheat. Menghindari kerusakan-kerusakan yang pasti menguras isi dompet Anda lebih baik untuk merawatnya.

Beberapa perawatan sangat sederhana dan bisa dilakukan sendiri, apa saja itu, ikuti langkahnya berikut ini.

  1. Menjaga Kebersihan Kabin

Seberapa sering Anda mencuci mobil hingga bagian interiornya? Kebersihan bagian ini sangat berpengaruh pada kinerja ac. Terdapat komponen filter ac yang gunanya menyaring udara dalam kabin.

Ketika banyak debu dan kotoran yang menempel pada bagian karpet atau jok mobil maka filter ac ini akan bekerja sangat keras. Dampaknya filter akan cepat kotor selain itu membuat ruangan jadi sulit dingin karena terlalu banyak kotoran.

Jadi rutinlah untuk membersihkan kabin mobil supaya kinerja dari filter ac lebih baik dan tentunya jadi awet.

  1. Jangan Buka Jendela saat Menggunakan Ac

Pemakaian ac yang benar adalah dengan menutup kaca jendela mobil. Ac khusus mobil dirancang untuk dapat mendinginkan ruangan yang ukurannya kecil seperti kabin. Seringkali ac di bagian dashboard juga tidak sampai ke penumpang bagian belakang.

Oleh karena itulah diciptakan sistem ac double blower agar mampu mendinginkan secara keseluruhan. Jika Anda membuka kaca jendela maka suhu dingin akan terbuang sia-sia. Pastikan kembali bahwa kaca jendela sudah tertutup rapat baru nyalakan ac.

  1. Jangan Merokok saat Ac Menyala

Perlu diingat juga bahwa menyalakan ac sambil merokok dan kabin tertutup akan membuat beberapa masalah. Pertama ruangan akan jadi lebih sesak karena asap rokok. Kedua asap rokok akan menempel pada seluruh kabin seperti jok, pintu dan dashboard.

Asap rokok yang menempel akan membuat noda pada kabin yang sulit dibersihkan. Jika ingin merokok sebaiknya matikan ac dan buka kaca jendela. Dengan begitu sirkulasi yang terbentuk akan lebih baik dan asap tidak mengendap dalam kabin.

  1.  Istirahatkan Ac saat Perjalanan Jauh

Saat menempuh perjalanan yang jauh apalagi siang hari, ac perlu diistirahatkan.Berhentilah setiap beberapa jam sekaligus untuk mengistirahatkan tubuh agar tetap prima dalam menyetir. Ac yang bekerja terus menerus untuk mendinginkan bisa menciptakan pembekuan.

Bukan hal asing lagi bahwa saluran ac mengalami pembekuan karena penggunaan terus menerus non stop. Jika pembekuan terjadi maka ac tidak dapat bekerja lagi. 

Menghindari kerusakan ini akan lebih baik Anda mematikan ac ketika perjalanan jauh.

  1. Rutin Membersihkan Kondensor Air

Kondensor adalah bagian dari sistem ac yang berfungsi untuk membuang panas berlebih dari mesin ac. Komponen ini lebih cepat kotor karena letaknya di depan dekat dengan radiator. Ketika musim hujan, lumpur mudah masuk yang membuat kondensor tersumbat.

Pada saat mencuci mobil, Anda juga harus menyemprot pada bagian ini. Jika kotoran dibiarkan saja maka akan membuat kebocoran serta korosi.

Terakhir, pastikan juga bagi Anda yang tinggal di Bali datang ke Suzuki United Indo Bali  untuk perawatan sistem ac. Anda akan tahu dengan benar apakah sistem ac bekerja dengan baik beserta mesin mobil. Anda bisa terbebas dari antrian servis dengan booking terlebih dahulu di website suzukibali.id. Cukup isi formulir dan tentukan sendiri jadwal servisnya.

(Visited 8 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini