Ingin Berencana Traveling Gunakan Saja Aplikasi Google Trips

google-trips1-1

Pada 19 September 2016 lalu, Google mengumumkan aplikasi terbaru bernama Trips. Aplikasi ini diperuntukkan bagi para penjelajah tempat-tempat baru. Aplikasi gratis ini sudah tersedia bagi pengguna Android dan iOS.

Aplikasi ini akan memberikan pelayanan pembelian tiket pesawat dan reservasi hotel. Selain itu, Google Trips juga menawarkan panduan untuk lebih dari 200 kota yang masuk dalam editorialnya.

Akan tetapi yang terbaik dari semuanya, aplikasi ini bekerja secara offline. Jadi, tinggal mengunduhnya sebelum pergi ke tempat yang dituju dan termasuk salah satunya berupa layanan peta.

Kelebihan ini juga menjadikan pengguna lebih hemat dalam penggunaan data seluler dibandingkan dengan melihat data perencanaan internasional.

Aplikasi Trips pada Google merupakan puncak dari produk Travel Google yang telah dikerjakan lebih dari 2 tahun.

Dalam beberapa bulan terakhir, Google memperkenalkan apa yang disebut ”tujuan”, fitur perencanaan perjalanan dalam pencarian hotel dan penerbangan. Dalam beberapa bulan terakhir, Google memperkenalkan pula fitur ”tujuan wisata”, fitur perencanaan perjalanan dalam pencarian mobile, hotel, dan penerbangan.

Aplikasi ini akan bersaing dengan penawaran serupa seperti TripIt, aplikasi perencanaan perjalanan dari perusahaan bisnis Concur.

Trips puya kekurangan dalam fitur prowisata. Oleh karenya, Google membuat panduan untuk kota yang menjadi tujuan sehingga berguna untuk para pengguna yang memanfaatkan berbagai layanan Google.

Untuk menikmati layanan Google Trips ini, pengguna hanya perlu masuk ke dalam akun Google yang telah terdaftar. Sekali Anda masuk, Google akan kangsung memberikan daftar destinasi wisata yang akan datang maupun yang sedang tren.

Hanya dengan mengmentukan tujuan Anda, akan ada kotak warni-warni yang bisa dipilih untuk mengeksporasi tempat yang diinginkan. Anda bisa mengatur reservasi penerbangan, informasi hotel, dan pemesanan sewa mobil.

Baca Juga :   Pesona Alami Hamparan Marmer di Gunung Taroko Gorge Taiwan

Harus Anda ketahui bahwa terdapat informasi tentang cara mendapatkan kendaraan dari bandara ke pusat kota, mata uang lokal, dan apa yang harus dilakukan jika terjadi keadaan darurat.

Jantung dari aplikasi ini adalah tentang yang akan dikerjakan, yang membantu Anda membuat perencaan perjalanan berdasarkan berapa lama Anda akan berada di kota, tujuan populer, dan apa pun yang telah Anda tandai atau simpan pada layanan Google.

Anda dapat memilih jadwal umum lainnya seperti “72 jam di London” atau mencari penawaran lain dalam panduan, terfokus pada belanja, museum, atau kegiatan lainnya. Setiap pilihan dapat diedit untuk memasukkan tujuan lain yang ingin dikunjungi.

Jika koneksi data Anda menyala, dengan otomatis, Google akan memberikan informasi mengenai tempat-tempat yang bisa dikunjungi hingga rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan sesuai dengan kondisi cuaca pada hari tersebut. Seperti ketika hari hujan, Anda akan mendapat rekomendasi untuk melakkan kegiatan di dalam rumah

Begini Cara Kerja Google Trips

 

Google Trips melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan Google Now selama ini. Otomatis mengurai email dari situs pemesanan tiket, agen perjalanan, dan sumber-sumber lain. Kemudian menambahkan rekomendasi personal yang disebut perusahaan “top 200 kota di dunia.”

Termasuk spot-spot wisata lokal yang sedang happening, restoran favorit, dan “permata lokal,”. Kemudian menggabungkan semua informasi itu ke dalam suatu itinerary tur satu hari penuh, yang bisa diikuti pengguna secara offline.

Aplikasi sudah tersedia sejak April dalam versi beta. Namun sekarang Google sudah resmi merilis Trips untuk umum. Tampilannya sederhana dan mudah dimengerti. Misalnya perjalanan ke Yogyakarta, aplikasi akan memuat jadwal penerbangan, hotel tempat Anda menginap, serta data tempat-tempat lainnya yang tersimpan di Google Maps.

Baca Juga :   Tampilan Jembatan Tua dan Magis yang Bawa Anda ke 'Dimensi' Lain

Tidak kaku, jadwal perjalanan bisa disesuaikan secara otomatis, tergantung pada durasi waktu dan budget yang ingin Anda input ke dalam aplikasi. Pengguna juga bisa memasukkan satu lokasi di kota singgah, dan “menyuruh” Trips memberi saran tempat-tempat wisata terdekat berdasarkan input manual tadi. Tentu fitur ini sangat bermanfaat bagi traveler yang tidak punya waktu sehari penuh.

Memang semua informasi di Trips bisa Anda google sendiri melalui berbagai layanan Google seperti Gmail, Inbox, Maps, dan Google Now. Tapi dengan Google Trips, pengguna tidak perlu mengakses banyak page saat bepergian.

(Visited 65 times, 1 visits today)

Leave a Reply