Ini Beda Wanita dan Pria dalam Hal Asuransi

Asuransi 0   36 views 0

Pria biasanya mengeluarkan dana lebih banyak untuk membeli asuransi kendaraan dibandingkan dengan wanita. Sebaliknya, wanita akan membayar premi lebih besar untuk asuransi kesehatan dibandingkan dengan pria.

Realitas itu diungkap oleh beberapa penelitian yang dikutip dari artikel berjudul -What Really Goes Into Determining Your Insurance Rates- yang dimuat berita online Forbes, perbedaan tersebut disebabkan oleh statistik dan juga risiko. 

Alasan pendapat itulah, jika pria lebih sering mengalami kecelakaan kendaraan dibandingkan dengan wanita, sedangkan wanita lebih sering memeriksakan ke dokter dibandingkan pria. 

Tetapi ternyata tidak hanya itu saja yang menjadi perbedaan antara pria dan wanita jika menyangkut masalah asuransi.

Perusahaan asuransi biasanya menetapkan tingkat premi yang berbeda untuk wanita. Seperti yang dikutip dari penemuan Surat kabar New York Times, bahwa asuransi kendaraan untuk wanita yang telah menikah dan memiliki gelar sarjana, pekerjaan profesional dan memiliki rumah, bisa membayar 68 persen lebih murah dibandingkan dengan wanita lajang dengan ijazah SMA, yang mengontrak rumah di daerah berpenghasilan menengah. 

Bahkan, sudah termasuk subjek tes yang berasal dari daerah berpenghasilan menengah yang memiliki nilai kredit yang baik dan telah berkendara selama 15 tahun tanpa kecelakaan.

Perbedaan ini dianggap oleh sebagian orang terlihat tidak adil. Tetapi, seringkali statistik menggambarkan faktor-faktor tersebut secara akurat.

Keakuratan data inilah yang menyebabkan perusahaan-perusahaan asuransi di beberapa negara—seperti Amerika Serikat dan Kanada—masih menerapkan perbedaan tingkat premi ini.
 

Lebih mahal bayar perlindungan khusus

Jika bandingkan premi asuransi kesehatan untuk pria dan wanita, percaya atau pun tidak, tarif untuk wanita akan lebih mahal. 

Bahkan, fakta yang mengejutkan adalah, untuk para wanita perokok, premi asuransi yang dibayar cenderung lebih mahal dibanding dengan pria yang perokok. 

Baca Juga :   Apa Resikonya Jika Telat Membayar Premi Asuransi

Tidak hanya itu saja, perbedaan tarif ini juga disebabkan karena adanya kebutuhan jaminan perlindungan khusus yang diperlukan oleh wanita dibandingkan pria, salah satunya adalah jaminan perlindungan untuk melahirkan.
 
Mengutip askmen.com, Louis Harris and Associates pernah melakukan survei terhadap 4.350 pria dan wanita mengenai kunjungan dokter yang dilakukannya. 

Hasilnya, ternyata wanita memiliki kuantitas kunjungan ke dokter tiga kali lebih banyak dibanding pria.

Wanita ternyata lebih memperhatikan kesehatannya dibandingkan pria. Berdasarkan data di dalam artikel ini, 24 persen pria lebih jarang memeriksakan ke dokter dalam setahun, dibandingkan wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *