Ini Dia Keuntungan Investasi di Bank Syariah

Mendengar istilah investasi  tentu sudah sangat familiar di telinga kita. Terlebih lagi saat ini, tidak sedikit masyarakat yang telah menjadikan investasi sebagai solusi untuk meningkatkan passive invome. Bagi umat Islam, Anda bisa tetap berinvestasi dengan aman, halal dan nyaman, melalui investasi di bank syariah.

Ada banyak jenis investasi yang bisa kita temukan, namun yang paling banyak dicari biasanya ialah investasi berupa obligasi atau saham, surat berharga, tanah, dan emas. Masing-masing jenis investasi in memiliki nilai plus tersendiri.

Contohnya jika Anda mengambil investasi emas, dikarenakan harga jualnya yang terus meningkat bahkan tidak terpengaruh inflasi, maka Anda pun bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Besarnya keuntungan investasi juga biasanya tergantung dari besarnya persentase uang yang Anda tanamkan untuk berinvestasi.

Kenapa Harus Mengambil Investasi Syariah?

Ini Dia Keuntungan Investasi di Bank Syariahsyariah

Bagi seorang Muslim, tentu kehalalan investasi sangat penting diperhatikan agar sesuai dengan syariat agama. Sebab saat ini ada banyak jenis investasi yang menawarkan keuntungan berlimpah, akan tetapi caranya tidak sesuai dengan syariat agama Islam. Karena jika terbukti investasi tersebut mengandung riba, maka tidak diperbolehkan dalam Islam. Namun kini Anda bisa mendapatkan solusi dengan melakukan investasi syariah. Tidak terkecuali dengan mengambil platform investasi syariah online.

Keunggulan Investasi di Bank Syariah

Selain Anda harus menyadari pentingnya konsep investasi syariah, demi kelancaran dan kenyamanan investasi, selain halal, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dengan berinvestasi syariah, diantaranya :

  1. Bebas Riba

Alasan utama kenapa umat Muslim sangat selektif memilih jenis investasi, hal ini dikarenakan masalah riba sangat penting diperhatikan. Praktek riba tersebut berkaitan dengan suku bunga yang telah ditetapkan sepihak oleh lembaga keuangan selaku penyelenggara investasi kepada nasabahnya. Jumlah keuntungan yang diperoleh nasabah tidak pasti, tapi biasanya jumlah labanya lebih besar dibandingkan bunga bank.

  1. Manajemen Keuangan yang Syariat Islam

Seluruh proses finansial dalam investasi yang berbasis syariah ini memang selalu sesuai syariat Islam. Ini artinya usaha yang dijalankannya memang terbebas dari hal-hal yang diharamkan, seperti sistem perdagangan alkohol, makanan yang mengandung babi, atau bahkan penipuan. Inilah alasan kini nasabah lebih aman menyimpan uangnya di lembaga keuangan syariah.

  1. Tanpa Praktik Gharar

Dalam perbankan ada yang dikenal dengan istilah praktik Grahar, yang memungkinkan sistem tidak transparan kepada para nasabahnya. Namun bank syariah sendiri menerapkan sistem terbuka, mulai dari saat menginvestasikan modal hingga penyaluran dana.

Tak hanya itu saja, investasi syariah pun meniadakan praktik Masyir. Dari awal lembaga keuangan Syariah telah menjelaskan kepada para nasabahnya tentang harga, jadi tidak ada lagi spekulasi tentang uang yang mesti dibayarkan tiba-tiba.

Itulah 3 hal penting yang berkaitan dengan keunggulan investasi di bank Syariah dibandingkan bank konvensional. Sebagai umat Muslim, semoga Anda tetap bisa memilih investasi yang aman, dan tanpa riba!

(Visited 11 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply