Ini Dia Mekanisme Kerja Bank Syariah

Bagaimana mekanisme kerja bank Syariah? Sebelumnya mari kita bahas mulai dari pengertian bank syariah terlebih dahulu. Definisi bank syariah ialah bank yang asal modalnya dari swasta lalu didirikan dengan berlandaskan prinsip atau dasar hukum agama Islam. Dimana konsep hukum ajaran Islam sendiri melarang pemakaian sistem bunga, mengingat bunga bersifat riba dan riba itu haram hukumnya. Dengan demikian bank mengubah sistem suku bunga ini dengan metode bagi hasil.

Bagaimana Mekanisme Kerja Bank Syariah dan Aktivitas Usahanya?

Bank syariah adalah bank yang memiliki prinsip lewat sistem bagi hasil sebagai landasan utama pada mekanisme kerjanya, baik dalam hal penyaluran dananya maupun pengerahan dananya itu sendiri. Tidak hanya mengusung sistem bagi hasil saja, tetapi bank Syariah pun menawarkan alternative menghimpun dana sekaligus memberikan pembiayaan tanpa bagi hasil.

Pada proses penghimpunan dananya itu sendiri, Bank Syariah bisa juga memanfaatkan prinsip qardh, ijarah, dan wadi’ah. Sementara dalam pembiayaannya, bank Syariah bisa juga menerapkan prinsip sewa dan jual beli. Tidak hanya itu saja, Bank Syariah pun menawarkan berbagai jenis jasa keuangan, meliputi kafalah, wakalah, sharf, ujr, rahn, dan hiwalah.

Jasa Pelayanan dari Bank Syariah

Tidak hanya melakukan transaksi guna mencari keuntungan semata, tetapi Bank Syariah pun melakukan transaksi tanpa mencari keuntungan. Dimana transaksi tersebut tercakup lewat jasa pelayanan. Ada beberapa bentuk jasa yang ditawarkan bank Syariah bagi para nasabahnya, yaitu jasa keuangan, jasa non keuangan, dan agen.

Adapun yang termasuk jasa keuangan, diantaranya titipan atau Wadi’ah yad dhamanah yang berbentuk tabungan dan giro, kafalah, wakalah, hiwalah, sharf dan rahn.

Selain itu, Bank Syariah pun bisa bertindak menjadi agen investasi berbentuk investasi terikat atau dikenal dengan istilah mudharabah muqayyadah, saat nasabah investor menghadirkan batasan-batasan dalam berinvestasi sesuai keinginan.

Bank Syariah di sini hanya berperan sebagai perantara atau agen untuk mempertemukan antara pengusaha dan investor. Sama halnya dalam investasi syariah online.

Konsep Operasional Aktivitas Bank Syariah

Bank Syariah memanfaatkan sistem bagi hasil untuk dijadikan landasan utama pada setiap operasinya, melalui sistem penghimpunan dana maupun penyaluran dana.

Sementara konsep operasional dari aktivitas bank Syariah itu sendiri, ialah sebagai berikut :

  1. Dana yang sudah dihimpun lewat prinsip ijarah, mudharabah mutlaqah, wadi’ah yad dhamanah, dan lain sebagainya, berikut setoran modal biasanya dimasukkan lewat pooling fund. Biasanya asal sumber dana yang paling dominan ialah berdasarkan prinsip dari mudharabah mutlaqah yang berbentuk tabungan dan mencapai 60 persen lebih, obligasi, atau deposito.
  2. Pooling fund tersebut selanjutnya dipakai untuk penyaluran dana berbentuk pembiayaan lewat sistem bagi hasil, sewa, dan jual beli.
  3. Dari pembiayaan sistem bagi hasil didapatkan bagian laba atau bagi hasil sesuai dengan kesepakatan awal bersama tiap-tiap nasabah.
  4. Keseluruhan penghasilan dari pooling fund tersebut selanjutnya dibagihasilkan diantara kedua belah pihak, yaitu nasabah dengan bank.

Itulah sedikit ulasan tentang mekanisme kerja bank syariah yang menguntungkan tanpa menyertakan riba di dalamnya!

(Visited 3 times, 1 visits today)
Rate this article!
Tags:

Leave a Reply