Ini Untung Rugi Memakai PLN Prabayar dan Pasca bayar


Perusahaan Listrik Negara (PLN) saat ini sedang menggerakkan sistem pembayaran listrik prabayar. Sistem pembayaran listrik prabayar ini hampir sama dengan ketika membeli voucher pulsa telepon. Pembedanya adalah bahwa kita membeli voucher dengan isi kuota energi listrik yang dihitung dengan satuan kWh. Sama seperti voucher pulsa yang memiliki nomor kode, voucher listrik juga memiliki nomor kode yang kemudian diinput melalui bargainser. Jika sudah diinput maka listrik akan mengalir.

Sebelum menggerakkan sistem ini, masyarakat banyak menggunakan sistem prabayar untuk menikmati aliran listrik dari PLN. Jika prabayar dibayar di muka, maka sebaliknya untuk sistem pembayaran listrik pasca bayar, pembayaran dilakukan setelah penggunaan energi listrik. Sistem ini juga tidak jauh berbeda dengan sistem pembayaran telepon pasca bayar.  PLN menganggap sistem pembayaran listrik secara prabayar lebih menguntungkan daripada sistem pembayaran listrik pasca bayar, apakah benar? Mari kita bandingkan kedua sistem tersebut.
Keuntungan dan Kerugian Sistem Pembayaran Listrik Prabayar

PLN mengatakan bahwa pembayaran listrik dengan sistem prabayar bisa membantu proses penghematan biaya hidup masyarakat. Sistem pembayaran listrik prabayar menuntut kita untuk melakukan pembayaran di awal. Saat akan membeli voucher listrik, kita dapat menyesuaikan voucher yang kita beli dengan kebutuhan energi listrik kita dan keuangan kita. Harga voucher listrik ini pun beragam, sesuai dengan beragamnya kuota voucher tersebut. Harga voucher ini beragam mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 2.000.000,00.

Berkaitan dengan tempat pembelian voucher listrik, kita tidak perlu bingung karena voucher listrik tersedia di banyak tempat, seperti Alfamart dan Indomaret. Itulah mengapa Sistem Listrik Prabayar disebut juga sebagai sistem listrik pintar. Selain itu, kita juga tidak perlu khawatir mendapatkan denda karena terlambat melakukan pembayaran listrik. Kuota listrik pun tidak ada batas aktifnya, sehingga dapat kita gunakan terus menerus selama kuotanya masih ada.

Baca Juga :   Cara meng-Install WhatsApp untuk PC/Komputer

Ada keuntungan pasti ada kerugian. Meskipun memiliki begitu banyak keuntungan, sistem ini juga memiliki kerugian. Salah satunya adalah listrik bisa mati sewaktu-waktu karena kuota habis. Bayangkan jika listrik mati di tengah malam, pada saat mengerjakan tugas yang harus dikumpulkan pagi itu juga. Sungguh, sangat merepotkan. Hal ini, membutuhkan ketelatenan kita untuk senantiasa mengingat tanggal pembelian sehingga bisa memperkirakan kapan kuota listrik tersebut habis. Tapi hal ini, kini sudah bisa teratasi dengan mesin ATM yang ada di mana-mana. Kita bisa melakukan pembelian dengan ATM.
Keuntungan dan Kerugian Sistem Pembayaran Listrik Pasca bayar

Meskipun PLN lebih merekomendasikan listrik prabayar, kita juga tidak bisa mengesampingkan jasa pembayaran listrik pasca bayar begitu saja. Tidak bisa dipungkiri masyarakat sudah terbiasa dengan sistem pembayaran ini.

Keuntungan menggunakan sistem pembayaran listrik pasca bayar adalah energi listrik yang tersedia tidak terbatas setiap bulan. Namun, kerugiannya adalah kita menjadi tidak mempedulikan penggunaan energi listrik dan menggunakan energi listrik hingga melampaui batas. Akibatnya, tagihan listrik setiap bulan membengkak. Kemudian, jika ada pemadaman listrik dari PLN, kita juga akan mengalami pemadaman tersebut. Selain itu, jika kita tidak membayar tagihan dalam beberapa waktu maka PLN dapat memadamkannya secara otomatis (sepihak) sampai waktu dimana kita bisa membayarnya.

Kerugian lainnya adalah kita juga harus jeli dalam membandingkan biaya pembayaran listrik dari struk tagihan dengan besaran listrik pada meteran listrik. Terkadang hasilnya berbeda. Jika ada selisih kita harus melapor ke PLN. Jadi, bagi sebagian orang yang sibuk, tentu tidak mudah melakukan ini.
Setelah membaca informasi terkait keuntungan dan kerugian di atas, apakah yang akan kita lakukan? Mengikuti anjuran PLN atau tetap dengan pasca bayar? Semua kembali kepada kebutuhan kita.
Deskripsi : Membandingkan keuntungan dan kerugian sistem pembayaran listrik prabayar dan pasca bayar

(Visited 430 times, 4 visits today)

Leave a Reply