Inikah Perbedaan Google Allo vs WhatsApp Messenger

Kendati upaya Google untuk membuat aplikasi instant messenger native Android terus menemui kendala, bukan berarti mereka lantas menyerah. Setelah gagal dengan Google Hangout, Google pun kini menawarkan aplikasi baru bernama Allo yang konon kabarnya ingin menyaingi aplikasi instant messenger lain yang sudah lebih dulu ada. Sebelum memutuskan menggunakan Allo, ketahui lebih dulu perbedaan aplikasi ini dengan WhatsApp dalam tulisan berikut seperti di lansir dari tabloid pulsa berikut ini:

  1. Pada halaman utama Allo, Anda bisa melihat tiga jendela yang terdiri dari jendela Google Assistant, Send a message dan Start a group chat. Sementara pada WhatsApp, Anda dapat melihat tiga buah tab yang masing-masing terdiri dari panggilan, chatting dan daftar kontak.
  2. Selain mengirim pesan teks, Anda juga bisa saling menelepon dengan sesama pengguna WhatsApp. Fitur panggilan dengan memanfaatkan jaringan internet ini sayangnya belum tersedia pada Allo.
  3. Dengan Allo Anda hanya dapat membagikan info lokasi serta foto Anda kepada teman Anda. Sementara itu, WhatsApp punya banyak sekali pilihan melampirkan pesan dengan teman chatting Anda. Pilihan tersebut mencakup lampiran dokumen, koleksi foto, potret kamera, audio beserta kemudahan untuk saling berbagi info lokasi dan juga kontak. Pengguna Allo yang ingin meninggalkan pesan audio juga bisa melakukannya dengan menahan tombol mic di sebelah kanan jendela chatting.
  4. WhatsApp sudah dilengkapi dengan metode enkripsi end to end yang menjamin kerahasiaan seluruh isi percakapan pengguna supaya tidak bisa dibaca oleh orang lain. Sementara pada Allo, Google memberikan keleluasan kepada pengguna untuk mengobrol dengan mode normal atau incognito. Jika pengguna mengobrol dengan mode normal, seluruh isi percakapan akan disimpan di server Google yang selanjutnya akan dijadikan bahan analisis oleh perusahaan dalam menyuguhkan iklan yang sesuai dengan minat pengguna. Sementara dengan mode incognito, seluruh percakapan akan dienkripsi dan pengguna bahkan bisa menentukan kapan isi pesan tersebut akan dihapus dengan otomatis setelah dibaca oleh penerima.
  5. Fitur My Assistant pada Allo menawarkan kepada Anda teman mengobrol layaknya SIRI pada Apple. Meski sementara ini bahasa yang didukung oleh Allo baru sekadar bahasa Inggris, namun kedepannya Google mungkin akan menambahkan dukungan ke bahasa lain termasuk bahasa Indonesia.

Baca Juga :   Demi Keamanan Tambahan Aplikasi WhatsApp Bakal Gunakan Kode Aks

Selain mendukung fungsi perintah suara, My Assistant pada Allo juga dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan yang memungkinkannya untuk menjawab lelucon atau pertanyaan dari pengguna. Sementara pada WhatsApp, Anda hanya dapat mengobrol dengan sesama pengguna WhatsApp lainnya yang dibuktikan dengan verifikasi nomor ponsel.

(Visited 109 times, 1 visits today)

Leave a Reply