Inilah 10 Usaha Sampingan Untuk Karyawan yang Menguntungkan

Saat menjadi seorang karyawan baik di perusahaan besar maupun kecil tentunya Anda memiliki segudang impian untuk mewujudkan kebutuhan yang sempat tak terpenuhi. Namun ada masanya ketika menjadi karyawan Anda mengalami penat dan kebosanan tingkat tinggi, itulah masa di mana Anda harus mencari alternatif usaha sampingan yang menjanjikan. Memang, menjadi karyawan tentunya Anda akan memiliki keuntungan yakni sebuah kebanggaan tersendiri karena mendapatkan penghasilan rutin setiap bulan, jadwal kerja yang teratur, jaminan kesehatan dari perusahaan, dan juga memiliki prestise yang tinggi apalagi jika jabatan atau kedudukan yang ditempati adalah posisi bergengsi.

Ini merupakan salah satu impian dari sebagian besar orang yang bekerja di perusahaan. Namun, ternyata tidak semua orang akan memiliki peluang yang sama seperti yang di dapatkan oleh orang lain, bahkan terkadang ada faktor X yang membuat karir seseorang terhambat walaupun dia telah bekerja keras di sebuah perusahaan.

Di satu sisi, ada sebuah keuntungan ketika bekerja di perusahaan orang lain yakni adanya jaminan kesehatan dari perusahaan, gaji yang pasti di setiap bulannya, jenjang karir, dan beberapa pilihan lainnya. Namun, terdapat beberapa kekurangan pula saat bekerja di perusahaan orang lain yakni seperti peluang karier yang terbatas, adanya resiko dipecat bila tidak bekerja maksimal, merasa gaji tidak sesuai dengan beban kerja, waktu yang habis di kantor, dan mereka yang bekerja di kantoran sering merasa suntuk dan jenuh dengan rutinitas mereka sebagai karyawan. Pada akhirnya, karyawan banyak yang memilih untuk keluar dari zona nyaman mereka di kantor dan memulai sesuatu yang baru dengan penuh tantangan.

Itulah sebabnya, semakin banyak karyawan yang mencoba untuk memanfaatkan peluang usaha sampingan yang ada di sekitarnya. Mayoritas dari mereka dapat menjalankan usaha sampingan sembari bekerja di kantor, namun banyak juga yang pada akhirnya memutuskan untuk menjadikan bisnis tersebut menjadi pemasukan utama untuk kehidupannya. Tidak jarang juga karyawan yang meninggalkan dunia kerja kantor demi untuk fokus pada bisnis mereka yang memang menunjukkan potensi yang sangat baik.

Usaha atau kerja sampingan? Banyak! Anda tak perlu pusing apa dan bagaimana saat ini ketika memilih untuk memiliki usaha sampingan. Ada banyak yang bisa dimanfaatkan ternyata di sekitar kita namun seringkali kita tidak menyadari peluang bisnis sampingan ini karena terlalu fokus pada pekerjaan kantor. Bila Anda merasa kebingungan dalam memulai peluang bisnis sampingan ini, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa refrensi bisnis alternatif di bawah ini:

1. Guru Memancing

Mengajari Memancing

Setiap orang pasti memiliki hobbi dan kecintaan masing-masing terhadap suatu hal, misalnya saja seperti memancing. Tak ada salahnya jika Anda menjalankan usaha sampingan dengan memanfaatkan hobbi ini salah satunya. Seseorang yang memiliki hobbi memancing tentunya akan secara otomatis memiliki ilmu pengetahuan tak hanya soal memancing, melainkan persoalan peralatan memancing maupun kolam yang cocok untuk area memancing. Manfaatkanlah hobbi ini sebagai peluang usaha Anda. Caranya cukup mudah, Anda dapat menyediakan peralatan alat pancing dan memasarkannya pada teman-teman Anda yang memiliki hobby yang sama.

Tapi tentunya ini akan membutuhkan modal. Jika Anda memiliki kendala dalam modal, Anda bisa menjual keahlian Anda dalam hal memancing. Caranya? Berikan training memancing yang baik pada mereka dan saran terbaik yang Anda miliki. Tentu saja Anda harus memiliki keahlian khusus dalam memancing. Bila Anda ingin menjual kemampuan memancing Anda secara online, maka menjual eBook cara memancing adalah cara terbaik dan termurah. Media online dapat menjangkau banyak orang dan ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual produk eBook yang Anda buat.

2. Guru Les Memasak

Mengajari Memasak

Anda salah satu orang yang hobbi memasak?. Sebenarnya dengan kemampuan sekaligus hobbi memasak yang Anda miliki, Anda dapat menjalankan usaha warung, katering, atau menjual kue-kue buatan Anda. Usaha makanan memiliki potensi bisnis yang sangat baik karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Untuk menjalankan usaha makanan ini tentunya Anda membutuhkan modal yang cukup agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan maksimal. Nah, bila Anda tidak memiliki modal untuk membuat usaha makanan, Anda masih memiliki peluang usaha sampingan dari kemampuan Anda tersebut, yaitu dengan menjual eBook. Buatlah eBook tentang masakan atau kue-kue dengan resep khas dari Anda. Selain itu, saat melakukan proses penjualan Anda dapat mengawalinya dengan berjualan secara online yakni memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau dapat juga melalui blog pribadi Anda.

3. Web Developer

Web Developer

Kali ini berhubungan dengan keahlian, jika Anda memiliki ilmu spesial dalam pembuatan website atau blog atau biasa disebut dengan web developer ada baiknya segera memanfaatkan ilmu ini sebagai usaha. Di dunia yang sangat digital seperti saat ini, web developer sangat dibutuhkan untuk membuat bisnis seperti e-commerce, website, dan start up. Banyak orang ingin membuat bisnis dan melebarkannya secara global, namun tidak mengetahui bagaimana cara membuat website tersebut yang sangat penting dalam melebarkan bisnis secara global. Tentu saja ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Berdasarkan dari berbagai referensi dan sumber, harga jasa untuk membuat sebuah website atau blog sangat beragam, yakni berkisar dari Rp500.000 hingga Rp100 juta per website. Untuk harganya, tentu saja Anda harus menyesuaikan dengan kemampuan Anda dan desain website yang dikerjakan.

4. Guru Les Musik

Guru Les Music

Hobbi bermain musik? Tak harus menjadi anak band untuk menghasilkan uang. Ada banyak sekali orang yang ingin memiliki kemampuan dalam bermain musik, bahkan mereka rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk belajar musik dari orang lain. Anda mungkin memiliki keahlian pada alat musik, misalnya seperti gitar, biola, piano, terompet, drum, bass, dan lain-lain, manfaatkanlah keahlian Anda itu menjadi peluang usaha sampingan yang bisa memberikan keuntungan buat Anda.

5. Bisnis MLM

Bisnis MLM

Dahulu bisnis MLM banyak dijalankan secara offline. Namun, sejak bisnis MLM dijalankan secara online, proses pemasaran menjadi jauh lebih mudah dari sebelumnya. Seorang karyawan atau bahkan seorang ibu rumah tangga dapat menjalankan bisnis MLM online dimanapun dan kapanpun tanpa harus mengganggu pekerjaan utamanya.

6. Penjual Barang Bekas

Jual Beli Barang Bekas

Bisnis secara online saat ini cukup beragam, salah satunya adalah menjual kembali barang-barang bekas layak pakai atau yang biasa disebut sebagai secondhand shop. Banyak sekali barang-barang seperti baju, sepatu, topi, buku, lemari, mesin cuci, bahkan CD atau Kaset dan piringan hitam bisa Anda manfaatkan kembali untuk dijual. Untuk memiliki bisnis secondhand shop ada baiknya Anda memilah milih dahulu barang-barang yang masih layak jual sekaligus layak pakai kembali.

7. Fotografer

Fotografer

Anda memiliki hobbi fotografer? Mari pergunakan hobbi sekaligus keahlian Anda ini menjadi penghasil pundi-pundi rupiah di kantong Anda. Jikalau Anda rajin hunting dengan menggunakan kamera mirror lens, SLR, maupun pocket dengan pixel yang tinggi ada baiknya shoot foto objek dengan jumlah cukup banyak. Karena Anda dapat menjual stok foto tersebut ke beberapa website fotografi seperti photostock. Anda juga bisa menjualnya di kawan-kawan media yang membutuhkan stok foto untuk dipublikasikan. Lebih baik hasil foto Anda dipergunakan dengan berguna ketimbang hanya menjadi koleksi di desktop Anda, bukan?

8. Admin Sosial Media

Admin Sosial Media

Sejauh ini akun di sosial media semakin marak, apalagi beberapa akun tersebut memiliki informasi sekaligus pengunjungnya yang cukup bagus. Nah, dibalik sebuah akun sosial media pastinya ada seorang admin. Ya, admin! Menjalani bisnis sampingan menjadi seorang admin sosial media juga memiliki prospek yang amat tinggi. Indonesia adalah negara yang sangat tinggi dalam mengkonsumsi sosial media, apa salahnya jika Anda menjadi admin sembari memberi pengalaman baru dalam bekerja?

9. Freelance Writer

Freelance writer

Ini adalah bisnis yang sedang tren yakni menjadi penulis lepas atau freelance writer. Anda yang memiliki hobbi menulis ada baiknya menyalurkannya menjadi sebuah bisnis, saat ini terdapat beberapa situ marketplace yang menyediakan berbagai lowongan khusus untuk pekerja freelance salah satunya adalah sebagai penulis. Ada juga beberapa media yang mencari freelance writer untuk mengisi informasi di media cetak, online, bahkan elektronik.

10. Bisnis Online Shop

online Shop

Bisnis online shop semacam reseller saat ini sangat menjamur. Bisnis reseller tak akan merepotkan Anda untuk mengeluarkan modal yang banyak, Anda cukup memasarkan produk tersebut dari mulut ke mulut, lewat sosial media, atau menjual di kios. Setelah itu Anda akan memasok barang tersebut dari penjual produsen, tak perlu pusing untuk membuat produk tersebut, bukan? Anda bisa mengambil keuntungan dari penjualan tersebut, itulah reseller.

Pilih Pekerjaan Sesuai Dengan Keahlian Anda

Itulah beberapa usaha sampingan yang dapat Anda jalankan saat masih menjadi seorang karyawan. Tak perlu harus repot-repot, cukup memanfaaatkan apa yang ada di sekitar sekaligus mengembangkan ide bisnis kita maka jadilah sebuah peluang usaha. Jika peluang usaha Anda maju secara tidak langsung Anda akan membuat peluang pekerjaan untuk orang lain yang pada nantinya akan Anda rekrut menjadi pegawai. Selamat mencoba!

(Visited 466 times, 1 visits today)

Leave a Reply