Inilah 3 Hal Yang Membuat Cat Motor Gampang Kusam

Motor sebaiknya mendapatkan perawatan khusus dari pemiliknya. Seperti halnya mobil, motor dapat mengalami kekusaman pada cat bodinya kala penanganannya salah. Akibatnya bodi motor terlihat kurang menarik sekalipun dari sisi mesin masih terbilang prima.

Ternyata ada beberapa hal yang bisa membuat cat motor Anda tampak jelek. Dikutip dari laman Detik Oto, berikut beberapa faktor pemicunya:

Jarang dicuci. Motor yang nyaris tidak pernah dicuci berpeluang untuk memiliki kekusaman pada bodi luarnya. Debu yang makin lengket dan mengendap membuat kilapnya menurun. Selain itu, kotoran ini mudah menimbulkan baret pada bodi. Jadi jangan lupa cuci motor secara rutin.

Faktor cuaca panas dan hujan. Jika motor sering diparkir pada tempat yang panas dan kena terik matahari, maka cat motor akan ikut pudar. Paling baik adalah menempatkan motor di tempat teduh saat tidak dipakai. Kalau harus parkir di tempat terbuka, Anda bisa memanfaatkan pohon rindang sebagai tempat parkir. Sementara jika motor sering kena air kotor seperti air hujan dan genangan, memungkinkan pula membuat cat motor kusam.Saat ini air hujan sudah terkontaminasi dengan polusi perkotaan sehingga sifatnya menjadi agak asam. Air hujan bisa mempercepat keluarnya karat pada hujan seperti di bagian mesin dan sasis. Ketika terguyur air hujan sebaiknya segera bilas memakai air bersih begitu sampai di rumah.

Minyak rem. Minyak rem dapat pla memicu kerusakan cat motor. Usahakan bodi motor tidak sampai kecipratan minyak rem ini saat dilakukan penggantian. Jika sampai kena tumpahan atau cipratannya, bodi motor yang terkena baiknya segera dibersihkan.

(Visited 8 times, 1 visits today)
Baca Juga :   11 Tips Yang Perlu Diketahui Saat Berkendara di Tengah Banjir

Leave a Reply