Inilah 3 Tips Cara Memperpanjang Umur Flashdisk

Teknologi 0   53 views 0

 

daftar-harga-flashdisk-sandisk-paling-lengkap-terbaru-oktober-november-2015

Sekalipun sudah banyak  media penyimpanan file dan sudah berbasis online seperti Dropbox, google drive dll, peran flashdisk masih tidak akan tergantikan. Flashdisk bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan penting hampir semua pengguna perangkat komputer.

Bentuknya yang sangat kecil dan kapasitasnya yang sangat besar bahkan sekarang sudah tersedia flashdisk dengan kapasitas hingga 1 Terabyte sehingga menjadikan flashdisk sebagai media penyimpanan paling favorit. Terlebih lagi harganya semakin bersahabat.

Namun anda harus tahu media penyimpanan seperti flash disk ini relatif lebih cepat rusak dibandingkan harddisk atau yang lainnya. Penyebabnya pun sangat beragam. Oleh Karena itu, supaya umur flashdisk anda bisa lebih panjang, lakukanlah 3 tips mudah berikut ini:

1. Copot flash disk dengan Benar dati perangkat
Gunakan fitur pencopotan aman yang disediakan oleh komputer seperti di Windows ada perintah “Safely Remove Hardware” dan harus dihindari pencopotan secara langsung ketika flashdisk sedang dalam proses membaca data atau menulis data.
2. Hindarilah mengedit file langsung dari flashdisk
Flashdisk memang mempunyai umur yang cukup lama yaitu antara 10.000 hingga 100.000 proses baca dan tulis.

Untuk memperpanjang umur flash disk ini, hindarilah mengedit file langsung dari flashdisk anda. Sebaiknya, salin file ke dalam komputer untuk diedit, dan jika sudah selesai edit, anda boleh menyimpannya kembali ke flashdisk.

3. Hindari Benda Yang Mengandung medan magnetik
Barang-barang elektronik di sekitar rumah kita juga memiliki medan magnet yang cukup kuat seperti kipas angin, TV, pengeras suara, dan juga home theatre. Walaupun Medan magnet pada barang tersebut tidak banyak, tetapi bisa berdampak pada komponen flashdisk. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka bisa dipastikan flashdisk ands akan lebih cepat rusak dari umur yang seharusnya. Jadi Mulai sekarang lindungi flashdisk anda dengan baik ya.

Baca Juga :   Inilah Perbedaan Antara 4G Biasa dengan 4G LTE Advanced

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *