Inilah Cara Membeli Tiket Kereta Bandara Soetta Yang Mulai Beroperasi Juli 2017

Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sepanjang 36 kilometer ditargetkan mulai dioperasikan pada Juli 2017. Hitung-hitungan sementara untuk tarif tiket Kereta dari Stasiun Manggarai ke Cengkareng ini di atas Rp 100.000.

Namun dipastikan tidak ada loket pembayaran tunai di stasiun. Calon penumpang harus gunakan kartu pra bayar, kartu kredit dan kartu debit.

Railink persiapkan sejumlah cara untuk reservasi tiket, selain bisa dibeli secara langsung di stasiun, perseroan juga siapkan reservasi untuk tiket secara online dari jauh-jauh hari.

“Kita ingin masyarakat begitu datang ke stasiun sudah punya tiketnya. Bisa dipesan secara online sebelum keberangkatan, jadi sudah dapat kepastian,” jelas Direktur Utama PT Railink, Heru Kuswanto.

Namun, perseroan belum menentukan rentang waktu pembelian hingga hari pemberangkatan di sistem pembayaran yang dibuat lewat ARTS (Airport Railway Ticket System).

“Yang pasti tidak seperti tiket KA jarak jauh yang bisa dipesan 90 hari sebelum, karena kereta bandara kan sifatnya seperti komuter, jadi lebih pendek,” ujar Heru.

Anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Angkasa Pura II ini tidak membedakan tarif tiket kereta bandara untuk waktu yang berbeda, sebagaimana harga tiket kereta api jarak jauh atau pesawat terbang.

Selain bisa dibeli secara online langsung ke situs Railink, penumpang juga bisa membeli tiket dari penyedia aplikasi e-commerce yang nanti akan bekerjasama dengan pihaknya.

Sementara bagi penumpang yang tidak memesan secara online, harus datang langsung ke stasiun. Pihaknya memastikan tidak akan membuka loket pembayaran tunai di stasiun.

“Tidak ada loket, semua non tunai. Bayar pakai kartu pra bayar (uang elektronik perbankan), kartu kredit atau kartu debit. Di stasiun cetak kartu pakai mesin EDC,” terang Heru.

Baca Juga :   Danrem: Mereka Eksodus ke Malaysia Non-Permanen, Karena Masalah Ekonomi

Dengan pembayaran lewat sistem ARTS yang dikembangkan, pembayaran bisa dilakukan dengan kartu dari 10 bank. Pihaknya masih membuka peluang kerja sama dengan bank atau pihak lainnya seperti situs e-commerce.

Adapun 10 bank tersebut yakni,

  1. Bank Negar Indonesia (BNI)
  2. Bank Mandiri
  3. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  4. Bank Tabungan Negara (BTN)
  5. Bank Central Asia (BCA)
  6. Bank Danamon
  7. Bank DKI
  8. Bank QNB
  9. Maybank
  10. Bank CIMB Niaga.
(Visited 51 times, 1 visits today)

Leave a Reply