Inilah Gambar Rumah Asli Yang Ada di Uang Rp 10.000

Di uang Negara Republik Indonesia, seringkali menggunakan gambar para pahlawan juga adat istiadat Indonesia. Mulai dari uang dengan nominal terkecil Rp 1.000 sampai terbesar Rp 100.000

Seringkali kita memegang, menggunakan, juga memiliki uang Rp 10.000 yang berwarna ungu itu. Uang Rp 10.000 itu bergambar pahlawan nasional Sultan Mahmud Badaruddin dan dibaliknya ada gambar rumah. Pernahkah kamu bertanya-tanya rumah siapakah itu?

Ternyata, rumah yang ada di uang Rp 10.000 itu adalah Rumah Limas yang ada di Sumatera Selatan. Tempatnya adalah di Museum Balaputra Dewa yang berlokasi di Palembang.
Rumah Limas ini adalah rumah asli masyarakat Palembang pada masa lalu. Dan di museum ini masih ada dan terawat. Rumah yang ada di uang Rp 10.000 adalah rumah yang pernah ditinggali Sultan Batun dan usianya sudah 300 tahun! Memang sudah tua, tapi masih terawat dengan sangat baik. Hanya beberapa bagian saja yang direnovasi.
Menarik memang bisa mengunjungi warisan sejarah Indonesia. Untuk masuk ke museum ini pun sangat murah, hanya Rp 2.000 saja kamu bisa menikmati keindahan bangunan rumah asli Indonesia sekaligus belajar sejarah Indonesia.
Selamat berkunjung ke Museum Balaputra Dewa.
(Visited 627 times, 1 visits today)
Baca Juga :   Inilah Alasan Perempuan yang Hamil di luar Nikah lebih mudah Melahirkan

Leave a Reply