Inilah Khasiat Mentimun Untuk Mata Anda

Ketimun begitulah orang sering menyebutnya, Ini adalah jenis buah yang biasa dijadikan sayuran sehari-hari. Harganya pun cukup terjangkau dan peminatnya sangat banyak. Sering juga dijadikan lalapan bersama sayur-sayur lainya. Mentimun ternyata mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan. Mentimun memiliki nama latin yaitu Ucumis Sativus L ( timun / ketimun). Jenis sayuran ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Mentimun ini juga digolongkan ke dalam keluarga labu-labuan. Mentimun siklus hidupnya sangat pendek, dan juga merambat termasuk ke dalam tumbuhan semusim.

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

  1. Menjaga Asupan Kadar Air di dalam Tubuh, Ketimun mengandung 96% kadar air yang lebih baik dibandingkan dengan air biasa. Ketimun juga dapat menghindari dehidrasi tubuh dan membantu menetralkan toksin dalam tubuh.
  2. Menjaga Berat Badan, Ketimun ini rendah kalori. Serat larut dalam mentimun bertekstur seperti gel dalam usus yang dapat membantu memperlambat pencernaan. Perut akan merasa kenyang lebih lama dan inilah alasan mengapa makanan kaya akan serat akan membantu perut kenyang lebih lama.
  3. Dapat Membantu Menyembuhkan Penyakit Rematik Asam Urat,Vitamin A, B, Folat, Kalium, Magnesium dalam mentimun yang dicampur dengan jus wortel bisa meneredakan nyeri astritis dan kadar asam urat berlebih dalam tubuh.
  4. Ketimun Kaya Akan Antioksidan,Ketimun kaya antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh seperti flavonoid, quercetin, apigenin, luteolin, kaemferol, termasuk vitamin C dan beta karoten.

Khasiat Mentimun Untuk Mata

mentimun-untuk-mata

Mentimun juga ternyata memiliki manfaat yang baik untuk mata. Buah mentimun sangat cocok digunakan untuk anda seorang pekerja kantoran yang memiliki banyak aktivitas di depan layar monitor yang biasanya mengalami mata lelah. Mata lelah dapat diatasi dengan menempelkan iriasan buah ketimun segar ke bagian mata selama 20-30 menit. Rasakan perbedaan mata menjadi lebih segar.

Baca Juga :   Inilah Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Ketimun juga dapat mengatasi mata panda akibat banyak beraktivitas di malam hari dan kurang beristirahat. Mata panda adalah kondisi dimana warna kulit di sekitar mata lebih gelap dari kulit normal anda. Untuk mengatasinya cukup dengan menempelkan beberapa irisan buah mentimun lalu diamkan. Lakukan rutinitas ini sesering mungkin untuk mempercepat menghilangkan mata panda.

Lalu untuk mata sembab ketimun juga bisa dimanfaatkan. Mata sembab adalah kondisi dimana orang terlalu lama menangis sehingga matanya menjadi bengkak. Hal ini bisa diobati dengan cara membuat irisan mentimun untuk diletakan sebagai kompres mata. Lakukan beberapa kali sehingga mata menjadi normal kembali. Selama menggunakan irisan mentimun ini sebaiknya mata anda tidak terbuka sama sekali karena jika cairan dari buah mentimun masuk dalam mata maka akan mengakibatkan mikroba dan bakteri masuk ke mata dan akan menyebabkan masalah mata lainnya. Sebaiknya mentimun juga dicuci hingga bersih terlebih dahulu.

(Visited 482 times, 1 visits today)

Leave a Reply