Inilah Manfaat dan beberapa Fungsi Jika Kita Mengonsumsi Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme berupa bakteri yang memberikan keuntungan bagi kesehatan manusia maupun binatang untuk memperbaiki keseimbangan mikroflora intestinal. Biasanya probiotik berkembang di sistem pencernaan seperti usus. Dengan berkembangnya probiotik dalam saluran pencernaan, pertumbuhan berbagai jenis bakteri berbahaya seperti bakteri penyebab diare dan sebagainya dapat ditekan.

Bakteri baik atau probiotik ini umumnya terdapat di sayur-sayuran dan buah-buahan tertentu. Makanan dan minuman yang mengandung probiotik antara lain seperti susu, yoghurt, kimchi, nata de coco, buttermilk, kecap, dan lain sebagainya. Jika Anda mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan probiotik, ada berbagai manfaat kesehatan yang akan Anda dapatkan, seperti:

  1. Menghambat bakteri pathogen atau bakteri jahat. Seperti yang telah diulas sebelumnya, kehadiran probiotik dapat menekan berbagai bakteri jahat dalam tubuh.
  2. Melancarkan sistem pencernaan.
  3. Probiotik dapat memproduksi enzim pencernaan dan dapat memperbaiki kondisi usus yang rusak terkena mengoobatan antibiotic. Dengan begitu probiotik dapat memperbaiki pencernaan dan membuatnya lancar.
  4. Mencegah dan mengurangi berbagai efek samping yang disebabkan oleh antibiotic, bakteri jahat, dan virus seperti kembung, diare, hingga kram perut.
  5. Mempunyai peranan penting dalam sintesis vitamin.
  6. Membantu membuat antibody sehingga dapat merangsang pembentukan kekebalan tubuh.
  7. Mengurangi gejala alergi, mempercepat pemulihan dari infeksi jamur, dan mengurangi resiko gigi berlubang.
  8. Jika dalam jangka panjang, probiotik juga dapat mencegah kanker dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.
  9. Probiotik terbukti ampuh dalam menurunkan beberapa gejala seperti sindrom iritasi usus, radang usus, dan berbagai gangguan pencernaan lain.
  10. Memperbaiki keluhan malabsorsi laktosa yang terjadi.
  11. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seekor ternak yang terkena kanker lambung diberikan probiotik dan memiliki pengaruh yang nyara jika dibandingkan dengan yang tidak diberi probiotik.
Baca Juga :   Mitos Umur Hidup Anda Ditentukan Oleh Berapa Lama Umur Ortu Anda

Dengan banyaknya manfaat yang dapat kita dapatkan dari mengkonsumsi probiotik, maka tidak ada salahnya bagi kita untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik. Dan bagi bayi yang baru dilahirkan, sangat baik bila ibunya memberikan ASI karena ASI merupakan prebiotic yang mrupakan makanan bagi perkembangan probiotik.

(Visited 47 times, 1 visits today)

Leave a Reply