Inilah Penyebab Ditolaknya Klaim Asuransi

Seringkali kita mendengar klaim asuransi ditolak, sehingga tidak sedikit orang yang menjadi sangat anti dengan perusahaan asuransi, karena tidak ingin kejadian tersebut dialami sendiri.

Harapan seseorang jika membeli polis asuransi adalah supaya dapat menerima manfaat dari produk asuransi yang dibelinya tersebut pada saat-saat dibutuhkan, sehingga menghindarkan diri dan keluarganya dari kesulitan ekonomi. Akan tetapi tidak jarang perusahaan asuransi jiwa akan menolak untuk membayarkan klaim asuransi yang diajukan.

Berikut adalah tiga alasan yang paling umum digunakan oleh perusahaan asuransi untuk menolak klaim jenis asuransi jiwa :

  1. Bunuh Diri, Apabila tertanggung meninggal dunia akibat dari bunuh diri, padahal masih berada dalam masa kontestabel yaitu sekitar satu atau dua tahun sejak polis diterbitkan, maka perusahaan asuransi berhak untuk menolak pembayaran uang pertanggungan atau UP.
  2. Melukai Dirinya Sendiri, Didalam asuransi kematian akibat kecelakaan (accidental death), biasanya terdapat klausul yang mengecualikan kecelakaan yang disebabkan oleh tindakan melukai dirinya sendiri. Perusahaan asuransi dapat menolak klaim kematian tersebut akibat kecelakaan disebabkan oleh kebut-kebutan di jalan raya dengan alasan bahwa kebut-kebutan tersebut merupakan tindakan melukai diri sendiri.
  3. Misrepresentasi Material, ialah pernyataan yang disampaikan secara jujur pada saat proses pengajuan aplikasi ( underwriting), yang menyebabkan perusahaan asuransi menolak permohonan pertanggungan dan tidak menerbitkan polis. Misrepresentasi dapat berupa penyataan bohong mengenai riwayat kesehatannya, umur, pekerjaan, hobi dari calon tertanggung. Seperti halnya dengan bunuh diri, misrepresentasi  hanya dapat dijadikan alasan penolakan klaim bila terjadi pada masa kontestabel dan hanya bila berhubungan dengan kematian. Misalnya, bila tertanggung tidak menyatakan memiliki hobi yang berbahaya pada saat aplikasi namun ternyata kemudian meninggal dunia saat sedang melakukan hobi yang terkait dengan hobi berbahayanya itu.
(Visited 298 times, 1 visits today)
Baca Juga :   Konsep Asuransi Syariah Yang Sehat Membantu Yang Sakit

Leave a Reply