Inilah Sederet Ledakan Bom di Ibu Kota Jakarta dalam kurun waktu 16 tahun ke belakang

Inilah Sederet Ledakan Bom di Ibu Kota Jakarta dalam kurun waktu 16 tahun ke belakang

Kamis 14 Januari 2016 sekira pukul 11.00 WIB, Jakarta kembali diteror bom. Ledakan terjadi di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Bom pertama meledak di halaman gerai Starbucks dan yang kedua di Pos Polisi di Jalan MH. Thamrin.

Ledakan bom yang menewaskan tujuh orang dan 24 orang lainnya mengalami luka-luka ini bukanlah yang pertama kali terjadi di Ibu Kota. Setidaknya dalam kurun waktu 16 tahun ke belakang, peristiwa bom bunuh diri terjadi di sejumlah lokasi berbeda.

Berdasarkan penelusuran Okezone, berikut rentetan bom meledak di wilayah Jakarta:

24 Desember 2000, Bom Meledak di Malam Natal.

Ketika itu bom diledakkan di enam gereja, namu hanya di lima gereja bom meledak. Gereja itu adalah Gereja Katedral , Gereja Kanisius, Gereja Oikumene, Gereja Santo Yosep, Gereja Koinonia. Puluhan nyawa melayang akibat ledakan bom tersebut.

5 Agustus 2003, Bom Meledak di Hotel JW Marriott.

Bom bunuh diri menghancurkan sebagian Hotel JW Marriott, kawasan Mega Kuningan. Atas peristiwa ini, setidaknya 11 orang meninggal dunia dan 150 orang lainnya mengalami luka-luka.

9 September 2004, Bom Meledak di depan Kedutaan Besar Australia.

Selang setahun, bom kembali meledak di Jakarta. Kali ini bom meledak di depan Kedutaan Besar Australia, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Bom dibawa menggunakan sebuah mobil boks. Sembilan orang meninggal dunia dan 161 orang alami luka-luka akibat ledakan bom bunuh diri tersebut. Beberapa bangunan di sekitar tempat kejadian juga mengalami kerusakan.

17 Juli 2009, Dua Bom Meledak di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton

Lagi, ledakan bom terjadi Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton, Jakarta. Ledakan menewaskan sembilan orang dan melukai lebih dari 50 orang. Bahkan pada peristiwa itu, ada sebuah bom yang tidak meledak ditemukan di kamar 1808 Hotel JW Marriott. Kamar tersebut ditempati sejak dua hari sebelumnya oleh tamu hotel yang diduga sebagai pelaku pengeboman.

(Visited 3 times, 1 visits today)
Baca Juga :   7 Jenis Cabai Terpedas di Dunia Yang Harus Anda Ketahui

Leave a Reply