Jadwal Penetapan Awal Puasa 1 Ramadhan 1437 H Jatuh Pada Tanggal 6 Juni 2016

Informasi 0   38 views 0
image

Jadwal Penetapan Awal Puasa 1 Ramadhan 1437 H Jatuh Pada Tanggal 6 Juni 2016 – Bulan suci Ramadhan tidak lama lagi akan kita jumpai, seperti yang sudah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya bahwa penetapan tanggal 1 Ramadhan 1437 H/2016 akan ditentukan oleh Kementrian Agama (Kemenag) dalam sidang isbat yang dilakukan secara tertutup. Dalam sidang tersebut, pemerintah akan mengundang dari berbagai pihat terkait dan juga semua ormas Islam yang ada di Indonesia.

Lukman Hakim Saifuddin selaku Menteri Agama menuturkan bahwa dalam rangkaian penetapan awal 1 Ramadhan 2016, pihak kemenag telah menempatkan pengamat hilal di 33 titik dari berbagai daerah Indonesia. Metode rukyatul hilal atau mengamati bulan secara langsung akan dilaksanakan hari Minggu sore tanggal 5 Juni, dalam catatan Kemenag diketahui bahwa titik pertemuan hilal terbesar yang ada di Indonesia berada di Pulau Jawa, Ambon, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera hingga Papua.

Akan tetapi menurut ketiga ormas Islam terbesar di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah dan Pengurus Pusat Persatuan Islam (Persis) menetapkan bahwa 1 Ramadhan 2016 akan jatuh pada tanggal 6 Juni hari senin seperti yang sudah tercantum pada kalender.

Majalis Ulama Indonesia (MUI) juga berpendapat sama dengan ketiga ormas Islam tersebut bahwa awal 1 Ramadhan 1437 Hijriah akan jatuh pada hari Senin, 6 Juni 2016.

Sumber trentekno

Baca Juga :   Kata Ucapan Selamat Hari Ibu dan Kata Mutiara di Hari Ibu Nasional Tanggal 22 Desember 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *