Jamu Tradisional Asam Urat yang Bisa dibuat Sendiri dirumah

Jamu Tradisional Asam Urat

Jamu juga termasuk obat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, meski pembuatannya masih tradisional dan terkesan kuno namun jangan diragukan khasiatnya. Salah satunya adalah jamu tradisional asam urat yang bisa menjadi alternatif untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Rempah obat-obatan memang sudah terkenal akan khasiatnya dan cara mendapatkannya yang mudah sehingga siapapun bisa membuatnya sendiri dirumah. Berikut jamu tradisional yang bisa dijadikan obat asam urat:

1. Lemon Rempah

Jamu tradisional asam urat yang pertama adalah lemon rempah, karena ramuan ini mengandung vitamin C yang dapat meredakan peradangan. Selain itu lemon rempah ini dapat meningkatkan pembentukan kalsium karbonat dalam tubuh.

Didalam perasan lemon terkandung asam sitrat dan zat organik yang bisa melarutkan kristal dalam asam urat, sehingga rasa nyeri bisa teratasi. Agar hasil lebih efektif minumlah lemon rempah ini setiap hari. Cara membuatnya juga relatif mudah sehingga semua orang bisa membuatnya sendiri dirumah.

2. Teh Jelatang

Teh jelatang adalah jamu tradisional asam urat, teh ini bisa meredakan peradangan pada asam urat dan nyeri sendi. Selain sebagai pereda nyeri pada asam urat, teh jelatang juga bisa menjaga kesehatan ginjal.

Cara mengkonsumsi teh ini juga mudah, yaitu cukup diseduh dengan air panas dan minumlah teh jelatang 3 cangkir dalam sehari agar hasilnya lebih efektif. Dalam beberapa minggu nyeri pada sendi akan mereda.

3. Akar Gobo

Akar gobo juga sering dijadikan sebagai jamu tradisional, karena akar ini dipercaya bisa membuang asam urat dalam tubuh melalui urine. Selain itu akar gobo juga bisa mencegah peradangan dalam tubuh dan bisa membersihkan racun yang ada dalam darah.

Akar gobo tersedia dalam beberapa varian, yaitu dalam bentuk jamu, bentuk teh, akarnya saja, dalam bentuk serbuk/ bubuk dan dalam bentuk minyak. Jadi selain bisa diminum sebagai jamu, akar bogo juga bisa sebagai obat luar untuk dioleskan pada kulit.

4. Jahe

Jahe adalah salah satu bahan rempah yang wajib ada di dapur, selain untuk rempah masakan jahe juga bisa dimanfaatkan untuk rempah obat tradisional. Bumbu dapur yang satu ini bisa dijadikan jamu tradisional asam urat, selain itu jahe dalam bentuk krim juga bisa mengurangi rasa nyeri pada asam urat.

Jamu jahe bisa dikonsumsi sebanyak 2 sampai 3 gelas perhari, jika mengkonsumsinya secara rutin rasa nyeri pada asam urat akan reda. Bahan yang mudah didapatkan tentunya siapa saja bisa membuatnya sendiri dirumah.

Selain sebagai jamu, jahe juga bisa untuk kompres. Untuk mengatasi asam urat campurkan 1 sendok makan parutan jahe, kemudian masukan parutan jahe ke dalam handuk yang telah direndam dengan air hangat. Kemudian kompres pada bagian tubuh yang terkena asam urat, ulangi hingga peradangan mereda.

5. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang sangat familiar, selain sebagai bumbu dapur kunyit juga bermanfaat sebagai jamu tradisional yang dapat meredakan nyeri pada asam urat. Bukan hanya itu kunyit juga sering dimanfaatkan sebagai jamu untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan

Di dalam kunyit terdapat kandungan curcumin yang berfungsi sebagai anti radang sehingga dapat meredakan nyeri pada asam urat. Jamu ini orang bisa membuatnya sendiri dirumah karena bahannya yang sangat mudah untuk didapatkan.

Mengkonsumsi jamu tradisional tidak menjamin kesembuhan total, namun dengan mengkonsumsi jamu secara rutin dapat mengurangi rasa nyeri pada asam urat. Selaian meredakan asam urat jamu juga bisa mengurangi kadar asam urat.

Itulah beberapa rekomendasi jamu tradisional asam urat yang bisa dijadikan referensi. Jamu tradisional ini juga mudah untuk dibuat sendiri dirumah dan bahan-bahannya juga mudah untuk didapatkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Peluang Usaha 2022 Klik Disini COD Free Ongkir Klik Disini