Jika Bergaji 3 Juta, Pilih Investasi Reksadana atau Deposito ?

Memiliki penghasilan yang pas-pasan sering sekali menjadi masalah kamu untuk berinvestasi. Alasan-alasan seperti, biaya hidup sudah sangat pas dan tidak bisa ditekan lagi, atau uang yang tersisa sangat sedikit sehingga tidak layak dijadikan investasi merupakan hal yang sering sekali keluar dari benakmu.

Namun, ketahuilah bahwa berapapun gaji yang kamu miliki bahkan apabila gajimu hanya 3 juta rupiah saja perbulannya kamu harus tetap berinvestasi. Tetapi investasi apa yang paling tepat untuk gaji minim tersebut?.

Setiap jenis investasi ada kelebihan dan kekurangannya, tetapi kamu perlu mengetahui bagaimana perhitungan yang ada dari setiap jenis investasi yang ingin kamu lakukan. Berikut merupakan perhitungan investasi deposito dan reksadana dengan gaji 3 juta rupiah;

 

Deposito

Deposito sering sekali menjadi pilihan seseorang dalam menyimpan uang atau berinvestasi. Ketahuilah bahwa deposito memiliki sifat yang cukup kaku dalam hal investasi, mengapa demikian? Berikut penjelasannya;

Minimum jumlah investasi untuk deposito adalah 5 juta rupiah, untuk itu apabila kamu memiliki gaji 3 juta rupiah dengan asumsi dana investasi per bulannya adalah 500 ribu rupiah. Maka, pada bulan kesepuluh kamu bisa melakukan investasi dalam bentuk deposito.

Perhitungan bunganya juga bisa dibilang relatif kecil yaitu hanya 5 persen saja. Perhitungannya menjadi seperti ini (asumsinya kamu melakukan deposito selama 3 bulan setelah menabung selama satu tahun dan memiliki uang 6 juta rupiah);

  • Bunga deposito = (5.000.000 x 5% / 365) x Jumlah Hari Deposito
  • Bunga sehari = Rp 821.9
  • Bunga selama 3 bulan (92 hari) = Rp 75.616
  • Pajak atas bunga = 20 persen x 75.616 = Rp 15.123
  • Bunga netto selama 3 bulan = Rp 60.493

Jadi, bunga yang kamu dapatkan apabila kamu melakukan deposito dengan uang yang kamu kumpulkan selama 1 tahun yaitu 6 juta rupiah hanyalah sekitar 60 ribu rupiah saja. Total, kamu dapat melakukan penarikan sebesar Rp 6.060.493 setelah mendepositokan uang kamu selama 3 bulan dengan modal awal sebesar 6 juta rupiah.

Baca Juga :   Cara Transfer Sesama BRI Via Internet Banking BRI Mobile

Kelebihan dari deposito adalah, uang yang kamu miliki dijamin amin oleh pihak pemerintah sehingga apabila terjadi sesuatu terhadap bank kamu dapat menuntut dan memastikan bahwa uang yang kamu investasikan dapat kembali utuh secara legal.

Reksadana

Reksadana merupakan salah satu pilihan investasi terbaik bagi kamu yang memiliki modal kecil tetapi ingin mendapatkan untuk yang cukup terlihat. Minimum investasi reksadana adalah 100 ribu rupiah saja.

Masih sesuai dengan kondisi di atas yaitu diasumsikan kamu memiliki gaji 3 juta rupiah dan uang untuk diinvestasikan sebesar 500 ribu rupiah sebulannya, maka seperti inilah perhitungannya apabila kamu memilih untuk berinvestasi di pasar reksadana;

  • Pilihan = Investasi Reksadana Saham
  • Indikasi bunga reksadana = 20 persen
  • Perhitungan total selama satu tahun = Rp 6.581.732

Dalam satu tahun dimana kamu menyisihkan uang sebesar 500 ribu rupiah total kamu akan mendapatkan untung sebesar 581 ribu rupiah. Dana yang kamu miliki menjadi Rp 6.581.732, hasilnya tentu lebih besar dibandingkan kamu memilih investasi deposito.

Tetapi ingat, indikasi hasil investasi tersebut bukanlah jaminan investasi yang akan kamu perolah melainkan hanya simulasi dan berdasarkan rata-rta kinerja produk tersebut. Tidak ada jaminan keuntungan dalam berinvestasi reksadana.

Jadi, pilihlah Manajemen Investasi yang terbaik dalam mengelola dana agar uang yang kamu investasikan tidak mengalami kerugian.

(Visited 996 times, 5 visits today)

Leave a Reply