Keuntungan Bisa Anda Dapatkan Dari Produk-Produk Bank Syariah Ini

Selama ini setiap orang mengenal akan adanya bank konvensional dan juga bank syariah yang diketahui memiliki berbagai produk-produk bank syariah di dalamnya. Produk-produk yang ada di dalam bank syariah ini sangat lah menarik karena tidak terbatas pada tabungan haji maupun tabungan umroh saja. Di mana produk-produk di bank syariah ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman yang sedang terjadi. Sehingga, dalam hal ini penting sekali untuk Anda ketahui mengenai produk-produk apa saja yang ditawarkan oleh bank syariah yang tentu saja berbeda dengan bank konvensional.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Dari Produk Bank Syariah?

Perbankan Syariah, Jalan Menuju Berkah

Produk bank syariah ini memang secara umum banyak dipilih oleh orang-orang yang beragama Islam karena dirasakan bisa memberikan kenyamanan di dalam hal penggunaan dan penyimpanan uang. Terutama dikarenakan adanya riba yang menyalahi syariat Islam. Namun, perlu diketahui bahwa bank syariah ini sifatnya adalah terbuka. Tidak diperuntukkan pada satu golongan saja atau Islam saja. Sehingga, siapa pun yang ingin turut memanfaatkan produk dari bank syariah, maka dipersilahkan. 

Tetapi, yang menjadi kekurangan dari produk bank syariah ini adalah diketahui bahwa produk yang ditawarkan kurang kompetitif dengan bank konvensional yang secara umum lebih banyak dipahami dan digunakan oleh masyarakat. Di mana hal tersebut dikarenakan adanya akad keuntungan dari pembagian laba perlu untuk dilakukan perhitungan secara matang.

Produk-Produk Bank Syariah

Berikut adalah beberapa produk bank syariah yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat selaku pengguna atau nasabah bank syariah.

  1. Bagi Hasil

Dalam produk ini, sistemnya adalah dengan memberikan pinjaman berupa dana yang diberikan kepada debitur. Dan akad yang digunakan dan sesuai dengan syariat  adalah dengan menggunakan bagi hasil. Dengan begitu, penggunaan produk ini tanpa melibatkan adanya bunga seperti yang ada pada bank konvensional. Beberapa contoh dari bagi hasil ini seperti mudharabah, musyarakah, muzara’ah, musaqah.

  • Simpanan

Simpanan merupakan salah satu dari produk-produk bank syariah yang mana memungkinkan untuk bisa mengenakan biaya berupa titipan kepada nasabah bank syariah. Contoh dari produk simpanan meliputi wadi’ah dan mudharabah.

  • Jual Beli

Produk jual beli dalam bank syariah turut melibatkan adanya transparansi dan pembayaran dengan akad. Contoh dari produk jual beli ini seperti bai murabahah, bai salam, bai istishna, dan ijarah.

  • Jasa

Produk jasa bank ini sangatlah beragam, seperti internet banking dan ATM. Namun, di dalam bank syariah sendiri layanan tersebut akan dikenakan biaya yang dibebankan pada nasabah. Contoh dari produk jasa ini meliputi wakalah, hawalah, rahn, dan qardh.

Dengan begitu, ketika Anda menjadi nasabah dari bank syariah, maka produk-produk bank syariah yang ditawarkan sangatlah beragam. Bahkan juga memungkinkan Anda untuk melakukan investasi saham pemula yang nyaman untuk Anda jalani.

(Visited 11 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply