Keutamaan Puasa Arafah, dihapuskannya dosa tahun lalu dan tahun berikutnya


Saat ini kita tengah berada di bulan Dzulhijjah, yang di mana pada bulan ini terdapat amalan yang amat dianjurkan bagi umat islam. Amalan tersebut yaitu Puasa Sunnah di bulan Dzuhijjah.

Puasa sunah tersebut ada 3 jenis, yakni puasa tanggal 1-7 Dzulhijjah, puasa tanggal 8 Dzulhijjah (Tarwiyah), dan puasa Arafah (9 Dzulhijjah).

Berdasarkan hasil hisab yang dilakukan oleh PP Muhamadiyyah, waktu pelaksaan puasa Tarwiyah jatuh pada tanggal 29 Juli 2020 dan waktu puasa Arafah tanggal 30 Juli 2020.

Penamaan Tarwiyah dan Arafah merujuk pada persyariatan qurban. Tarwiyah artinya proses berpikir. Ini merujuk pada kisah Nabi Ibrahim, pada kala itu beliau sedang merenung dan berpikir tentang mimpinya. Di dalam mimpinya tersebut Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya sendiri.

Sedangkan kata “Arafa” dalam bahasa arab artinya mengetahui. Setelah nabi ibrahim bermimpi tentang perintah untuk menyembelih anaknya sendiri, Nabi Ibrahim memahami makna dari mimpi tersebut merupakan wahyu dari Allah SWT.

Itulah yang menjadi penyebab kenapa disebut puasa arafah.

Keutamaan Puasa di hari Arafah

Adapun keutamaan-keutamaan bila berpuasa pada hari Arafah, keutamaan tersebut antara lain:

1. Allah membanggakan hamba-Nya dihadapan para Malaikat

Pada hari Arafah, Allah SWT membanggakan para hamba-Nya yang sedang berkumpul di Arafah di hadapan para malaikat-Nya, sehingga membuat hari arafah ini menjadi hari yan istimewa.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

” Tidak ada satu hari yang lebih banyak Allah memerdekakan hamba dari neraka pada hari itu daripada hari Arafah. Dan sesungguhnya Allah mendekat, kemudian Dia membanggakan mereka (para hamba-Nya yang sedang berkumpul di Arafah) kepada para malaikat. Dia berfirman, ‘Apa yang dikehendaki oleh mereka ini?’ “

(HR Muslim No. 1348)

2. Dihapusnya Dosa Satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya

Keutamaan puasa arafah

Baca Juga : Keutamaan puasa syawal, pahalanya seperti puasa 1 tahun

3. Hari terkabulnya do’a

Hari Arafah adalah hari terkabulnya do’a, maka perbanyaklah do’a ampunan dan pembebasan dari siksa api neraka. Nabi Muhammad SAW bersabda,

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ

“Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arafah.”

Penutup

Itulah keutamaan puasa di hari Arafah. Semoga semua dosa kita baik tahun sekarang, tahun sebelumnya dan tahun berikutnya di ampuni oleh Allah SWT. Aamiin.

Wallahu a’lam

(Visited 61 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply