Kode Akses Center Atau Call Center Berawalan 500 Berubah Menjadi 1500

Sekarang ini kebutuhan layanan call center sebagai media untuk layanan informasi komersial korporasi semakin berkembang seiring dengan perkembangan layanan telekomunikasi yang semakin menjangkau masyarakat sampai ke penjuru tanah air.

Layanan call center merupakan layanan yang paling praktis dan murah bagi lapisan masyarakat luas untuk mendapatkan berbagai informasi, melakukan proses transaksi, pemesanan barang, dan pengaduan kepada perusahaan penyedia barang dan jasa. Untuk mengakses layanan call center diperlukan penornoran telekomunikasi sebagai kode akses yang mudah diingat oleh pengakses.

Mengapa Harus 1500xyz

Dalam peraturan Menteri Kominfo nomor 09/KEP/M.KOMINFO/06/2010 tentang Perubahan Keenam atas Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.4 Tahun 2001 tentang Penetapan Rencana Dasar Teknis Pembangunan Telekomunikasi Nasional Indonesia 2000, blok nomor 500xyz seyogyanya digunakan untuk nomor pelanggan PSTN, sedangkan untuk kode akses layanan call center telah dialokasikan nomor 140XY dan 150(A)XYZ/1500xyz sesuai Peraturan Menteri Nomor 17 tahun 2014 tentang perubahan ketujuh keputusan Menteri perhubungan Nomor KM 4 tahun 2001 Fundamental Technical Plan National 2000.

Layanan Kode Akses 500xyz

Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (“Telkom”) dan PT Infomedia Nusantara (“Infomedia”) dengan ini mengumumkan bahwa berdasarkan keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) No. 520 Tahun 2014 tangggal 05 Mei 2014, telah menetapkan penggunaan kode akses 1500XYZ untuk penyelenggaraan call center kepada PT Infomedia Nusantara.

pelanggan nomor 500XYZ harus dipindahkan (migrasi) ke nomor 1500xyz. Mengingat bahwa nomor 1500xyz adalah nomor kode akses untuk pelayanan call center maka status pelanggan 1500xyz adalah sebagai pelanggan layanan call center dan layanannya diberikan oleh penyelenggara call center yang telah mendapatkan izin penyelenggaraan dan mendapatkan penetapan penggunaan kode akses call center 1500xyz.

Baca Juga :   Fakta-fakta Seputar Penyakit Ebola

Pada proses migrasi nomor 500XYZ mejadi 1500XYZ diberlakukan masa transisi selama 2 (dua) tahun sejak dikeluarkannya penetapan penggunaan kode akses 1500XYZ kepada PT. Informedia Nusantara, dan dapat diperpanjang setelah dilakukan evaluasi. Selama masa transisi dimaksud nomor 500XYZ masih dapat digunakan, namun setelah masa transisi berakhir maka penggunaan nomor 500XYZ akan dikembalikan kepada fungsi awal sebagai blok nomor PSTN.

Informasi lebih lanjut terkait program migrasi 500xyz ke 1500xyz dapat menghubungi 021-7201221 ext 1324.

Maksud & Tujuan
Sejalan dengan program pemerintah sesuai KOMINFO nomor 520 tahun 2014 dan peraturan Menteri Perhubungan KM.4 tahun 2001 tentang penetapan dasar teknis nasional 2000 (Fundamental Technical Plan National 2000). Infomedia melakukan program perubahan layanan kode akses pusat informasi (Call Center) untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan Infomedia, juga pelayanan terhadap masyarakat yang menggunakan kode akses tersebut.

Syarat & Ketentuan
Pelanggan yang memiliki kode layanan 500xyz berubah menjadi 1500xyz, sesuai dengan regulasi yang terkait dengan penyelenggaraan call center dan penggunaan penomoran telekomunikasi.

Benefit
Secara umum keuntungan dari kode layanan pusat informasi (Call Center) baru 1500xyz adalah sebagai berikut:

Tidak perlu memasukan kode area sebelum melakukan panggilan, contoh :
1. Dari Jakarta        –>1500xyz
2. Dari Surabaya   –>1500xyz
3. Dari Makassar   –>1500xyz

Mudah diingat bagi pelanggan di daerah yang berbeda.

Nomor Pelanggan
Pelanggan akan diberikan nomer sesuai dengan nomer yang lama dengan ditambahkan angka “1” didepan. Nomor pelanggan Infomedia (red: 500xyz) masih akan tetap dapat dihubungi dan panggilan akan diterima dinomer baru. Sehingga pelanggan tidak akan kehilangan kontak dengan para relasi/masyarakat. Hal ini berlangsung sampai dengan panggilan ke nomer 500xyz ditutup sesuai ketentuan.

Baca Juga :   BBM Naik: Solar Rp 7.500 dan Premium Rp 8.500

Layanan 1500xyz
Program perubahan kode akses layanan pusat informasi (call center) telah dilaksanakan secara bertahap berdasarkan keputusan KOMINFO No. 520 tahun 2014 tanggal 5 Mei 2014 sejak dikeluarkannya penetapan penggunaan kode akses 1500XYZ kepada PT. Informedia Nusantara, dan dapat diperpanjang setelah dilakukan evaluasi.

F.A.Q
Q: Mengapa nomor 500xyz tidak diperbolehkan oleh kemenkominfo untuk penyelenggara call center?

A: 500xyz seharusnya tidak digunakan untuk penomoran call center, karena telah ditetapkan untuk blok nomor pelanggan PSTN/jartaplok.

Q: Apa yang mendasari PT. Infomedia Nusantara mengelola nomor akses 1500xyz

A: PT Telkom telah menunjuk PT Infomedia Nusantara sebagai anak usahanya untuk mengelola dan menyelenggarakan nomor 1500xyz dan telah disetujui dengan surat keputusan Kemkominfo Nomor 520 Tahun 2014 tertanggal 5 Mei 2014.

Q: Berapa lama masa transisi migrasi dari 500xyz ke 1500xyz?

A: Pada proses migrasi nomor 500xyz menjadi 1500xyz, akan diberlakukan masa transisi selama 2 (dua) tahun sejak dikeluarkannya penetapan penggunaan kode akses 1500xyz kepada PT. Informedia Nusantara, dan dapat diperpanjang setelah dilakukan evaluasi.

Q: Apa yang akan terjadi jika pelaku usaha dengan nomor 500xyz tidak melakukan migrasi ke 1500xyz?

A: Apabila pengguna ini tidak bersedia menjadi pelanggan Infomedia Nusantara, dia hanya dapat memakai nomor call center 500XYZ sampai masa transisi berakhir.

Q: Apakah setelah migrasi ke 1500xyz, no telp 500XYZ akan dihapuskan?

A: Selama masa transisi, nomor 500XYZ masih dapat digunakan, namun setelah masa transisi berakhir maka penggunaan nomor 500XYZ akan dikembalikan kepada fungsi awal sebagai blok nomor PSTN.

Q: Sampai Bulan dan tahun berapa proses migrasi ini berlangsung?

A: Sesuai peraturan KOMINFO surat yang dikeluarkan nomor 520 tahun 2014 pada tanggal 05 Mei 2014, berlaku dua (2) tahun setelah dikeluarkan keputusan tersebut.

Baca Juga :   Waspada Virus Ebola Masuk Indonesia

Daftar Nomor Call Center yang Mengalami Perubahan :

1. Bank BRI Call Center 500017 Menjadi 150017
2. Bank BNI Call Center 500046 Menjadi 150046
3. Bank BCA Call Center 500888 Menjadi 1500888
4. Bank Permata Call Center 500111 Menjadi 1500111
5. Bank MAYAPADA Call Center 500029 Menjadi 1500029
6. Bank PANIN Call Center 500678 Menjadi 1500678
7. BPJS Ketenagakerjaan Call Center 500910 Menjadi 1500910
8. BPJS Kesehatan Call Center 500400 Menjadi 1500400

dst…

(Visited 190 times, 6 visits today)

Leave a Reply