Kota Tanjung Selor Bulungan, Smart City Pertama di Kalimantan Utara

Teknologi internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern. Dengan internet, konektivitas dan arus informasi menjadi lebih cepat dan murah. Internet juga mampu mewujudkan demokratisasi, dimana setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengolah informasi.Sebagai pelayan masyarakat, pemerintah dituntut untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Merespons hal tersebut, Pemkab Bulungan meluncurkan konsep Smart City. Kabupaten Bulungan merupakan daerah pertama di Kalimantan Utara (Kaltara) serta ke 4 di Indonesia yang tahun ini mulai menerapkan Smart City bekerjasama dengan PT Telkom Kaltim Utara.

Pelaksanaan ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan antara Bupati Bulungan dengan pihak Telkom. “Ini merupakan pelayanan wajib yang kita berikan kepada masyarakat, di antaranya dengan memberikan fasilitas akses internet wifi gratis kepada masyarakat di 22 lokasi yang meliputi 64 titik di kota Tanjung Selor. Secara bertahap juga akan kita teruskan ke kecamatan-kecamatan lain,” terang Bupati Bulungan, Budiman Arifin usai penandatanganan kesepakatan awal Juni lalu.

Ke-22 lokasi itu antara lain Lapangan Agathis, Lapangan Ahmad Yani, RSUD Soemarno Sosroadmojo, Bandara Tanjung Harapan, Pelabuhan VIP, Pelabuhan Kayan I, Kayan II, Kayan III, Kayan IV, Kayan V, SMKN 1, SMKN2, SMAN 1, MAN dan SMPN 1 Tanjung Selor, Pasar Induk Tanjung Selor serta berbagai fasilitas umum lainnya di kota Tanjung Selor.

Dalam hal ini, Pemkab Bulungan menganggarkan sekitar Rp600 juta per tahun untuk memberikan pelayanan wifi gratis ini kepada masyarakat. Pelaksanaannya telah dimulai pada akhir Juli 2015.

Implementasi Smart City di Kabupaten Bulungan merupakan upaya penyediaan infrastruktur teknologi informasi menggunakan jaringan fiber optik. Wujudnya antara lain ketika masyarakat menggunakan fasilitas wifi gratis dan terhubung ke internet, maka pertama kali di halaman depan akan muncul halaman Pemkab Bulungan, yang berisi berbagai informasi dan kebijakan maupun kegiatan pemerintah daerah.

Baca Juga :   Polda Kaltara akan di bangun di Tanjung Selor

Dengan begitu, bisa sekaligus sebagai sarana sosialisasi kebijakan maupun kegiatan Pemkab Bulungan. Seiring hal tersebut, ke depan penerapan Smart City juga dapat dilakukan untuk membuat portal pembayaran online di internet.Sehingga masyarakat dapat menghindari antrian dalam membayar pajak, tagihan listrik dan air bersih. Smart City juga dapat menyediakan jasa pelayanan lainnya secara online. Dengan begitu, dapat meningkatkan efisiensi.

Mewujudkan Bulungan sebagai Smart City pertama adalah salah satu legacy Budiman yang berguna masyarakat. Oleh karena itu, ke depan momentum ini perlu dipelihara dengan baik. Sehingga Bulungan tetap selangkah lebih maju dibanding daerah lainnya di Kaltara.

(Visited 56 times, 1 visits today)

One Response

  1. author

    FaktualNews.co8 months ago

    Selamat dan sukses untuk kota tanjung selor. semoga bisa menjadi kota percontohan di provinsi kalimantan utara

    Reply

Leave a Reply