Kota Tanjung Selor Kalimantan Utara Menuju Smart City

Pemkab Bulungan menyediakan fasilitas hotspot internet gratis di sejumlah sekolah, rumah sakit, rumah ibadah dan tempat umum lainnya di ibukota kabupaten, Tanjung Selor yang juga ibukota Provinsi Kalimantan Utara.

Peresmian fasilitas hotspot internet gratis berlangsung di Tugu Cinta Damai pada Rabu (12/08) di lokasi taman pinggir Sungai Kayan yang membelah Kecamatan Tanjung Selor dan Kecamatan Tanjung Palas. Bupati Bulungan, Budiman Arifin secara resmi meresmikan fasilitas hotspot internet gratis yang disediakan sebanyak 64 spot atau titik di 22 lokasi fasilitas umum di Tanjung Selor.

“Saya berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat,” ucap Bupati saat memberikan sambutan. Bupati berharap, masyarakat baik kalangan pelajar dan umum dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Sebab segala macam informasi kini bisa didapat dengan mudah melalui internet. Bupati juga mengingatkan, segala bentuk keterbukaan informasi melalui internet tentu harus disaring dengan baik.

“Internet ini harus kita gunakan untuk hal-hal yang positif, misalnya untuk menambah pengetahuan dan pendidikan bagi kita,” tandasnya. Ia melanjutkan, karena begitu mudahnya mendapat segala macam informasi, adanya fasilitas internet juga dapat menyebabkan hal-hal yang tidak baik, khususnya yang dapat mempengaruhi moral, iman dan takwa seseorang. Bupati mengibaratkan, musuh manusia saat ini bisa berada dalam kantong celana, berupa smartphone yang dapat mengakses internet dengan mudah.

“Saya juga berharap, masyarakat dapat ikut menjaga fasilitas yang telah kita sediakan ini dengan baik, karena ini demi memajukan sumber daya manusia di Kabupaten Bulungan,” ujarnya. Pada kesempatan sama, Kabag Humas dan Protokol Setkab Bulungan, Ratna Sari Ningsih, ST menambahkan, penyediaan fasilitas hotspot internet gratis ini dianggarkan sebanyak Rp600 juta untuk pemasangan dan langganan selama 6 bulan di tahun 2015.

Baca Juga :   Tari Jepen Massal di Pembukaan Pekan Budaya Daerah 2014 di Tanjung Selor

“Dari pagu dana itu yang digunakan sekira Rp314 juta,” imbuhnya. Ia mengungkapkan, dari 64 spot di 22 lokasi di antaranya terdapat di Lapangan Agathis, Lapangan Ahmad Yani, Masjid Agung Istiqomah, Universitas Kaltara, Pelabuhan Kayan II, Puskesmas Tanjung Selor, RSUD, Pasar Induk Sengkawit,  Pujasera, Kuliner Tepian Kayan, SMPN 1, SMPN 2, SMAN 1, SMKN 1, SMKN 2, MAN dan sejumlah fasilitas umum lainnya.

“Ada beberapa lokasi yang belum terpasang acces point dan setelah launching, dilaksanakan bertahap hingga selesai,” sahutnya. Ia juga menambahkan, selain memberikan layanan internet gratis kepada masyarakat, fasilitas ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi dan pengembangan kota Tanjung Selor sebagai smart city

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply