Lakukan Test Sederhana Ini Untuk Mengetahui Ciri-Ciri Ikan Berformalin

Formalin merupakan zat yang dilarang penggunaannya pada bahan makanan karena mengandung bahan pengawet berbahaya yakni Karsinogen yang jika dikonsumsi dalam jangka panjang, bisa menyebabkan kanker.

Selama ini bahan formalin hanya diizinkan sebagai bahan pengawet mayat. Namun Sayangnya, tidak sedikit masyarakat yang menyalah gunakan formalin ini untuk bahan pengawet makanan agar tahan hingga beberapa hari.

Masyarakat pun diharapkan tidak tertipu jika melihat ikan di pasar dalam kondisi yang segar. Sebaiknya masyarakat perlu mengetahui ciri-ciri ikan yang mengandung zat formalin.

Ada beberapa cara untuk mengetahui ikan yang mengandung formalin.

Umumnya formalin mengandung 10-40 persen formaldehid berbentuk cairan putih yang baunya sangat menyengat dan tajam. Sehingga jika digunakan pada bahan makanan termasuk ikan, akan mengeluarkan bau yang sangat menyengat.

Selain itu, jika formalin dibasuh ke seluruh tubuh ikan, maka ikan akan terlihat selalu tampak segar dan bisa bertahan sampai berhari-hari bahkan bisa berbulan-bulan.

Cara simpel untuk mengetahui ikan berformalin yaitu dengan memberi makan ikan tersebut ke hewan kucing atau anjing yang memiliki penciuman  tajan.  Jika kucing dan anjing tidak memakan ikan tersebut maka bisa diketahui mengandung formalin. Selain itu, ikan yang telah dilumuri cairan formalin, tidak akan dihinggapi  Lalat.

(Visited 323 times, 1 visits today)
Baca Juga :   8 Manfaat Penting Semut Jepang Bagi kesehatan Berikut Petunjuk Penggunaan

Leave a Reply