Inilah 6 Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Manusia

Kalsium merupakan suatu mineral yang sangat penting dan banyak manfaatnya bagi tubuh manusia. Manfaat kalsium bagi tubuh diantaranya adalah pemeliharaan pertumbuhan gigi dan tulang manusia. Makanan yang mengandung mineral ini adalah: susu, sayuran, dan ikan salmon.

Akibat Jika Kekurangan Kalsium

Kalsium sangatlah penting untuk pertumbuhan manusia, ketika seseorang kekurangan maka pertumbuhannya pun akan terganggu. Salah satu dampak dari kekurangan mineral ini adalah terhambatnya pertumbuhan anak, dapat menyebabkan osteopenia dan juga osteoporosis.

Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Manusia

Setelah membahas hal yang akan terjadi pada manusia apabila mengalami kekurangan kalsium. Sangat baik untuk mengetahui lebih dalam lagi apa saja manfaat dari kalsium bagi tubuh manusia. Maka daripada itu dibawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat dari kalsium bagi tubuh :

1. Membantu Pertumbuhan Tulang

Kalsium sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang manusia, oleh sebab itu anak-anak pada masa pertumbuhan sangat dianjurkan untuk dipenuhi kebutuhan kalsiumnya. Mineral ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang seseorang. Jadi setiap orang tetap harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

2. Membantu Proses Pembekuan Darah

Sudah diketahui bahwa yang berperan dalam proses pembekuan darah apabila seseorang sedang terluka adalah sel darah putih. Tetapi perlu diketahui juga bahwa kalsium mempunyai andil membantu sel darah putih dalam proses pembekuan darah. Jadi manfaat dari kalsium bagi tubuh selain menyehatkan tulang adalah membantu sel darah putih.

3. Membantu Perkembangan Janin

Seperti yang sudah dibahas di awal bahwa kalsium berguna untuk membantu pertumbuhan. Begitu pula dengan janin yang ada di kandungan, kalsium berguna untuk membantu pertumbuhannya. Mineral ini berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang dan organ lainnya pada janin yang ada di kandungan.

4. Membantu Sistem Saraf

Salah satu manfaat kalsium bagi tubuh lainnya adalah membantu sistem saraf manusia. Yang dimaksud dengan membantu sistem saraf disini adalah kalsium dapat menjadi obat penenang alami bagi manusia. Dimana mineral ini berfungsi untuk menenangkan sistem saraf dan juga dapat mengurangi rasa nyeri yang terdapat di tubuh seseorang.

5. Menyehatkan Jantung

Manfaat lainnya dari kalsium adalah dapat menyehatkan jantung manusia. Cara kerja dari mineral ini yaitu kalsium dapat mengontrol kontraksi otot jantung yang memompa darah keseluruh tubuh. Pengontrolan ini berfungsi untuk membuat jantung berdetak lebih baik, normal dan juga teratur.

6. Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Satu lagi manfaat kalsium yang sangat berguna bagi tubuh adalah dapat mencegah penyakit kanker pada tubuh manusia. Salah satunya adalah mencegah kanker usus besar, ada penelitian tentang penyakit ini, dimana peneliti menemukan terjadinya penurunan penyakit kanker usus besar pada 120 ribu responden pria dan wanita ketika mengkonsumsi kalsium yang cukup.

Didalam penelitian tersebut terdapat para responden yang mengkonsumsi kalsium baik itu dari vitamin ataupun makanan mengalami penurunan resiko terkena kanker usus besar. Jadi jangan menyepelekan kalsium bagi tubuh, karena mineral ini mempunyai banyak sekali manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Demikian artikel tentang manfaat kalsium bagi tubuh, sebagai catatan kalsium merupakan mineral yang sangat berguna juga bermanfaat bagi pertumbuhan anak. Mineral ini juga selain menyehatkan dan menjaga kesehatan tulang dapat berfungsi untuk membantu pertumbuhan organ lain pada tubuh manusia.

Hal yang paling penting lainnya adalah kalsium sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk membantu pertumbuhan janin yang ada di kandungan. Kalsium juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker, menyehatkan jantung juga dapat berfungsi sebagai obat penenang alami bagi manusia. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih banyak.

(Visited 8 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply