Jangan Diremehkan, Inilah Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Kebanyakan orang memahami bahwa kopi yang mengandung kafein adalah teman untuk begadang karena mampu membuat mata tetap segar dengan tetap memiliki stamina kuat. Kandungan kafein yang memiliki image negatif jika dikonsumsi terlalu banyak ini juga membuat orang tak mengetahui jika kopi pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nah, inilah beberapa manfaat kopi untuk kesehatan yang jarang diketahui banyak orang:

 

1. Mencegah Diabetes Tipe 2 Hingga 50%

Jika keluarga riwayat penyakit diabetes maka resiko penyakit ini akan menurun sangat besar. Sebelum terjadi, cegah dengan meminum kopi 4 gelas sehari tanpa gula sedikitpun. Menurut penelitian yang dilakukan oleh UCLA School of Public Medicine pada tahun 2009, kopi mampu menurunkan hingga 50% resiko diabetes tipe 2. Kopi mampu mencegah produksi sel insulin penyebab diabetes dan meningkatkan protein hormon sex globulin untuk melindungi orang dengan resiko penyakit ini.

2. Membunuh Kanker

Kopi memiliki antioksidan dan anti inflamasi yang kuat untuk membunuh sel sel kanker, contohnya methylpyridinium. Bahkan kopi espresso yang banyak dijual di cafe dan memiliki peminat yang cukup tinggi ini memiliki snei senyawa antikanker hingga 3x lipat lebih besar dari kopi lainnya. Penelitian pun menyebutkan bahwa kopi mampu menyembuhkan kanker usus besar, kanker mulut dna kanker kerongkongan.

3. Mengurangi Resiko Kepikunan atau Demensia

Riset dilakukan di Denmark dan Swedia pada 1.400 orang yang mengonsumsi kopi setiap hari. Orang yang minum kopi 3-5 gelas sehari memiliki resiko demensia lebih rendah hingga 65% dari orang hanya minum 2 gelas atau tidak sama sekali. Penelitian lain juga membuktikan bahwa kopi mampu menjadi penghalang darah otak dan mematikan efek kolesterol tinggi pada fungsi kognitif. Selain itu juga membuat peminumnya lebih aktif dengan energi yang diberikan kopi.

4. Melindungi Organ Hati

Manfaat kopi untuk kesehatan lainnya ialah mampu membuat organ hati lebih sehat. Penyakit umum yang sering terjadi pada hati ialah sirosis atau gagal hati dan kanker hati. Dan kopi hitam mampu mencegah terjadinya Kolangitis Sklerosing Primer yang membuat gagal hati. Tiga gelas kopi sehari mampu mencegah dua penyakit hati yang sering terjadi tersebut.

5. Melindungi dari Penyakit Parkinson

Dua hingga tiga gelas kopi yang dikonsumsi setiap hari mampu membuat tubuh terhindar hingga 25% dari penyakit parkinson. Kopi mampu menguatkan gen GERIN 2A yang mampu melindungi dari penyakit sepuh tersebut. Penyakit ini merupakan gangguan pada otak yang banyak terjadi pada pria dengan tanda-tanda kesulitan dan ketidakteraturan gerak serta otot menjadi kaku.

6. Mengurangi Depresi

Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi kopi dua hingga tiga gelas dalam sehari beresiko lebih rendah mengalami depresi. Bahkan orang yang mengonsumsi kopi hingga 5 gelas sehari beresiko 20% lebih rendah mengalami depresi. Hal ini pun dapat dirasakan bahwa kopi membuat pikiran lebih tenang sehingga banyak orang yang mengkonsumsinya untuk memperoleh manfaat kopi keenam ini.

Nah, ternyata manfaat kopi untuk kesehatan sangat banyak bukan sehingga sebenarnya minum kopi tidak selalu buruk. Jadi, tak perlu memandang negatif kopi ya karena nyatanya kopi bisa menyelamatkan hidup. Cara alami menyembuhkan penyakit memang kerap kali dipilih karena lebih aman, murah dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Jika memiliki penyakit-penyakit di atas maka cobalah konsumsi kopi dengan takaran yang pas. Konsumsi kopi secara rutin dan sesuai dengan kebutuhan, tidak kurang dan tidak lebih agar efek negatifnya dapat diminimalisir.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.