Saat ini usia bukanlah kendala bagi seseorang untuk memiliki credit card, bahkan ternyata banyak manfaat memberikan kartu kredit di usia dini. Sistem pembayaran non tunai, membuat masyarakat semakin terbiasa akan metode pembayaran ini.

Salah satu sistem pembayaran non tunai yang sudah banyak masyarakat miliki adalah kartu kredit, pembuatan kartunya mudah serta pemakaiannya juga terbilang cepat membuat masyarakat bisa bebas menggunakannya.

Bahkan sekarang sudah ada kartu kredit yang khusus digunakan oleh penggunanya yang masih dibawah 17 tahun, bukan tanpa alasan pihak bank membuat credit card seperti ini. Ada beragam manfaat memberikan kartu kredit di usia dini ternyata.

Selain digunakan untuk proses pembayaran, ternyata credit card juga bisa melatih anak mengelola keuangannya sendiri. Berikut manfaat yang bisa didapat kepada anak yang memiliki kartu kredit.

3 Manfaat Memberikan Kartu Kredit pada Anak

Sebagai orang tua kita memang perlu mengajarkan kepada anak kita, bagaimana mengelola keuangan sejak dini. Biasanya awalan pertama dalam mengelola keuangan adalah dengan menabung, memiliki kartu kredit juga bisa menjadi langkah selanjutnya yang bisa Anda kenalkan.

  1. Mengajarkan Cara Mengelola Keuangan

Untuk mengetahui bagaimana kemampuan anak Anda dalam mengelola uang, bisa mulai diajarkan untuk memiliki kartu kredit. Memberikan kartu kredit bukan berarti, melepaskannya begitu saja kepada anak Anda.

Pengawasan dari orang tua juga perlu diberikan, agar bisa memantau secara langsung bagaimana anak Anda menggunakan kartu tersebut untuk kebutuhannya sendiri. Anda juga perlu mengajarkan serta memberikan pemahaman kepada anak.

Beri tau apa saja yang bisa dilakukan si anak dengan credit card tersebut, serta apa saja yang perlu ia hindari. Sehingga saat anak Anda sudah besar nanti, mereka sudah paham dan siap untuk memiliki kartu kredit sendiri dan menggunakannya dengan bijak.

  • Mengajarkan untuk Mengendalikan Diri

Manfaat memberikan kartu kredit bagi anak adalah bisa mengajarkan ia bagaimana mengendalikan diri dalam melakukan transaksi. Di usianya yang masih muda, mereka akan mudah tergiur ingin membeli beberapa barang seperti mainan dan makanan.

Dengan kartu ini mereka harus bisa mengontrol keinginan mereka, dan lebih mementingkan dengan kebutuhan. Peran Anda sebagai orang tua diperlukan disini, berilah pemahaman bahwa kartu tersebut hanya untuk membeli sesuatu yang dibutuhkan saja.

Tentu hal ini tidak akan mudah, perlu diberikan beberapa kali pemahaman agar mereka paham akan maksud Anda. Jangan lupa juga untuk memberi tau bahwa credit card, merupakan uang yang harus dibayar nantinya, sehingga tidak digunakan berlebihan.

  • Memberikan Tanggung Jawab

Memiliki credit card memang membuat anak lebih bertanggungjawab untuk mengelola keuangannya sendiri. Sebagai orang tua kita juga perlu memberikan kepercayaan kepada anak, agar mereka bisa berani mengambil keputusan.

Orang tua harus memaklumi apabila sikap anak menjadi konsumtif karena memiliki credit card, namun jangan sampai sifat tersebut dibiarkan karena bisa membuat ia boros. Sebagai orang dewasa, terkadang kita juga menjadi konsumtif dan ingin membeli hal yang diinginkan.

Padahal belum tentu barang tersebut merupakan kebutuhan yang memang diperlukan. Untuk menghindari hal tersebut, terus latihlah anak Anda dengan memberikan nasihat apabila ia hendak membeli barang yang tidak diperlukan.

Memberi hukuman juga bisa menjadi pelajaran yang bisa mereka ingat, apabila melanggar pertauran yang orang tua buat. Bertindak tegas untuk kebaikan anak, merupakan hal yang benar agar mereka bisa menerima konsekuensi apabila melanggar aturan tersebut. Memang perlu perhatian lebih agar mereka bisa memahami bagaimana mengelola keuangan yang benar, memberikan kepercayaan sejak dini juga bisa membangun sifat bertanggungjawabnya akan manfaat memberikan kartu kredit.

(Visited 30 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini